Friday, 1 November 2019

PROTA BAHASA INDONESIA KELAS XII SMA


PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                           : XII
Tahun Pelajaran       : 2019/2020

No

Kompetensi Dasar

Alokasi Waktu @45 menit


SEMESTER GANJIL


1.       
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
2
4.1  Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual.
2

3.2 Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
2
4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan.
2

Ulangan Harian 1

2
2.
3.3 Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis.
6
4.3 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi.
4

Ulangan Harian 2

2
3.
3.4 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah.
4
4.4 Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan.
4
Ulangan Harian 3
2

JUMLAH
32

ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL

4.
3.5 Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial.
2
4.5 Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial.
2
3.6 Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks editorial.
2
4.6 Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
2

Ulangan Harian 4

2
5.
3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca.
2
4.7 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik.
2
Ulangan Harian 5
2
6.
3.8 Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca
2
4.8 Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang
2

Ulangan Harian 6

2
7.
3.9 Menganalisis  isi dan kebahasaan novel
2
4.9 Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan.
6

Ulangan Harian 7

2

JUMLAH

32

ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL


8.
3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
2
4.10 Menyusun opini dalam bentuk artikel
4

Ulangan Harian 8

2
9.
3.11 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah.
2
4.11 Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan.
4
Ulangan Harian 9
2

JUMLAH
16

ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP

10.
3.12 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis.
4
4.12 Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis.
4
3.13 Menganalisis  sistematika dan kebahasaan kritik dan esai.
4
4.13 Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan.
6

Ulangan Harian 10
2
11.
3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
4
4.14 Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
6
Ulangan Harian 11
2

JUMLAH
32

ULANGAN KENAIKAN KELAS



No comments:

Post a Comment