PROGRAM TAHUNAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
No
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu @45 menit
|
SEMESTER GANJIL
|
||
1.
|
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika
surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
|
2
|
4.1
Menyajikan simpulan sistematika dan
unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual.
|
2
|
|
3.2 Memformulasikan
unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
|
2
|
|
4.2 Menyusun
surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan.
|
2
|
|
Ulangan Harian 1
|
2
|
|
2.
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis.
|
6
|
4.3 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi
cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi.
|
4
|
|
Ulangan
Harian 2
|
2
|
|
3.
|
3.4 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah.
|
4
|
4.4 Menulis cerita sejarah pribadi dengan
memerhatikan kebahasaan.
|
4
|
|
Ulangan Harian 3
|
2
|
|
JUMLAH
|
32
|
|
ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL
|
||
4.
|
3.5 Mengidentifikasi
informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam
teks editorial.
|
2
|
4.5 Menyeleksi
ragam informasi sebagai bahan teks editorial.
|
2
|
|
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial.
|
2
|
|
4.6 Merancang
teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
|
2
|
|
Ulangan Harian 4
|
2
|
|
5.
|
3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita
pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca.
|
2
|
4.7 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang
satu topik.
|
2
|
|
Ulangan Harian 5
|
2
|
|
6.
|
3.8 Menafsir
pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca
|
2
|
4.8 Menyajikan
hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang
|
2
|
|
Ulangan Harian 6
|
2
|
|
7.
|
3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel
|
2
|
4.9 Merancang
novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan.
|
6
|
|
Ulangan Harian 7
|
2
|
|
JUMLAH
|
32
|
|
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
|
||
8.
|
3.10 Mengevaluasi
informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
|
2
|
4.10 Menyusun
opini dalam bentuk artikel
|
4
|
|
Ulangan Harian 8
|
2
|
|
9.
|
3.11 Menganalisis kebahasaan artikel
dan/atau buku ilmiah.
|
2
|
4.11 Mengonstruksi sebuah artikel dengan
memerhatikan fakta dan kebahasaan.
|
4
|
|
Ulangan
Harian 9
|
2
|
|
JUMLAH
|
16
|
|
ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
|
||
10.
|
3.12 Membandingkan kritik sastra dan esai dari
aspek pengetahuan dan pandangan penulis.
|
4
|
4.12 Menyusun kritik dan esai dengan
memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis.
|
4
|
|
3.13 Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai.
|
4
|
|
4.13 Mengonstruksi sebuah kritik atau esai
dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan.
|
6
|
|
Ulangan
Harian 10
|
2
|
|
11.
|
3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat
dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
|
4
|
4.14 Menulis
refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan
(nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
|
6
|
|
Ulangan Harian 11
|
2
|
|
JUMLAH
|
32
|
|
ULANGAN KENAIKAN KELAS
|
No comments:
Post a Comment