RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SMA ………………
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI/1
Materi Pokok : Teks Prosedur
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit (4
pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI
1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong- royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks
berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI
4
|
:
|
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyajikan secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
|
3.2 Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
3.2.1 Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
3.2.2 Menentukan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu
kegiatan
|
4.2 Merancang pernyataan
umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat
secara lisan dan tulis
|
4.2.1
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan
4.2.2
Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara
lisan
|
C.
Tujuan
pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model saintifik peserta didik dapat
menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan
sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum
dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin
tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama
proses pembelajaran.
D. Materi pembelajaran
1.
Fakta
: Teks Prosedur
2.
Konsep : isi
teks prosedur
3.
Prosedur : Langkah-langkah menentukan
isi teks prosedur
E. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model
Pembelajaran : Inquiry,
3. Metode :
Ceramah,
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar
Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa
Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia
Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
3. Bahan : teks prosedur cara membuat getuk lindri, vidio cara
membuat mie lidi
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Indikator
|
3.1.1 Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
|
3.1.2 Menentukan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu
kegiatan
|
Tahap
( Sintaks)
|
Langkah – Langkah Pembelajaran
|
AlokasiWaktu
|
|
PENDAHULUAN
|
|||
Orientasi
Apersepsi
Motivasi
Pemberian acuan
|
1. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, seperti doa dan cek
kehadiran.
2. Peserta didik memberi salam kepada guru dan
berdoa dengan sungguh-sungguh.
3. Guru memberikan apersepsi dengan cara
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan sebelumnya
dengan materi yang akan diajarkan,
4. Peserta didik merespon apersepsi dari guru.
5. Guru memberikan motivasi belajar pada peserta
didik secara kontekstual secara manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari dengan memberi contoh.
6. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
|
10
menit
|
|
KEGIATAN
INTI
|
|||
Orientasi
|
1. Guru membagikan contoh teks prosedur “Getuk Lindri”.
2. Peserta
didik mencermati dengan sungguh-sungguh contoh teks prosedur yang telah
dibagikan.
3. Peserta
didik mengidentifikasi teks tersebut.
|
10
menit
|
|
Merumuskan Masalah
|
1. Guru
bertanya jawab dengan peserta didik tentang pernyataan umum teks prosedur “Getuk Lindri”.
2. Guru
bertanya jawab dengan peserta didik tentangtahapn- tahapan kegiatan teks
prosedur “Getuk Lindri”.
|
5 menit
|
|
Hipotesis
|
1. Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tempat duduk.
2. Peserta
didik berdiskusi dengan teman sebangku mengindentifikasi pernyataan umum teks
prosedur “Getuk Lindri”
3. Peserta
didik berdiskusi dengan teman sebangku mengindentifikasi tahapan-tahapan teks
prosedur “Getuk Lindri”
|
15
menit
|
|
Pengumpulan Data
|
1. Peserta
didik menuliskan hasil analisisnya mengenai pernyataan umum dalam teks
prosedur “Getuk Lindri”
2. Peserta
didik menuliskan hasil analisisnya mengenai tahapan dalam teks prosedur “
Gentuk Lindri”
|
15
menit
|
|
Menguji Hipotesis
|
1. Guru menukar hasil analisis
siswa mengenai struktur teks prosedur dalam teks Getuk Lindri
2. Peserta
didik secara berkelompok mengoreksi hasil kerja kelompok lain dengan memberikan tanggapan disertai alasan atas hasil
kerja kelompok lain.
|
15 menit
|
|
Menyimpulkan
|
1. Peserta didik
menyimpulkan pernyataan umum dan tahaoanteks prosedur “Getuk Lindri”
|
10 menit
|
|
PENUTUP
|
|||
1. Siswa
dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
Menganalisis
stuktur teks prosedur dengan disiplin.
2. Siswa
melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran
Menidentifikasi
struktur teks prosedur.
3. Siswa
memberi salam kepada guru untuk mengakhiri pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Indikator
|
4.1.1 menuliskan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan.
|
4.1.2 mengungkapkan pernyataan umum
dan tahapan-tahapan secara lisan.
|
Tahap
( Sintaks)
|
Langkah – Langkah Pembelajaran
|
AlokasiWaktu
|
PENDAHULUAN
|
||
Orientasi
Apersepsi
Motivasi
Pemberian acuan
|
1. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, seperti doa dan cek
kehadiran.
2. Peserta didik memberi salam kepada guru dan
berdoa dengan sungguh-sungguh.
3. Guru memberikan apersepsi dengan cara
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan sebelumnya
dengan materi yang akan diajarkan.
4. Peserta didik merespon apersepsi dari guru.
5. Guru memberikan motivasi belajar pada peserta
didik secara kontekstual secara manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari dengan memberi contoh.
6. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
|
10
menit
|
KEGIATAN
INTI
|
||
Orientasi
|
1. Guru membagikan teks prosedur terhadap peserta didik
2. Peserta
didik mengindentifikasi pernyataan umum dari teks prosedur yang telah
dibagikan.
3. Peserta
didik mengindentifikasi tahapan kegiatan dari teks prosedur yang telah
dibagikan.
|
10
menit
|
Merumuskan Masalah
|
1. Guru
bertanya jawab dengan peserta didik mengenai pernyataan umum teks prosedur
yang telah dibagikan
2. Guru
bertanya jawab dengan peserta didik mengenai tahapan kegiatan teks prosedur
yang telah dibagikan.
|
5 menit
|
Hipotesis
|
1. Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tempat duduk.
2. Peserta
didik berdiskusi dengan teman sebangku mengindentifikasi pernyataan umum teks
prosedur.
3. Peserta
didik berdiskusi dengan teman sebangku mengindentifikasi tahapan kegiatan
dalam teks prosedur.
|
15
menit
|
Pengumpulan Data
|
1. Guru
membimbing Peserta didik menganalisis pernyataan umum dari teks prosedur
2. Guru
membimbing Peserta didik menganalisis tahapan kegiatan dari teks prosedur
3. Peserta didik menuliskan hasil
analisisnya mengenai pernyataan umum dan tahapan kegiatan dariteks
prosedur.
|
15
menit
|
Menguji Hipotesis
|
1. Peserta didik menampilkan
hasil analisisnya didepan kelas secara lisan.
2. Peserta
didik kelompok lain memberikan tanggapan
disertai alasan atas hasil kerja kelompok lain.
|
15 menit
|
Menyimpulkan
|
1. Peserta didik
menyimpulkan pernyataan umum dan tahapan kegiatan teks prosedur yang telah disediakan
|
10 menit
|
PENUTUP
|
||
4. Siswa
dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
Menganalisis
kebahasaan teks eksplanasi dengan disiplin.
5. Siswa
melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran
Menidentifikasi
kebahasaan teks eksplanasi.
6. Siswa memberi
salam kepada guru untuk mengakhiri pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : TesTertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/
Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes
tertulis :uraian
danlembar kerja
c. Unjuk
kerja :lembar penilaian presentasi
d. Portofolio : pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran
remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian
KD-nya
belum tuntas
b. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
c. Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang
sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai
berikut:
a. Siswa
yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa
yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Magelang, Juli 2019
|
|
Mengetahui
|
|
Guru Pamong,
|
Mahasiswa PPL 2019
|
…………………………………..
|
Dinar Anggraini
|
NIP
……………………………..
|
NIM ……………………….
|
Lampiran
A. Catatan-catatan
Catatan Guru
|
B. Contoh
Teks Prosedur
Cara
Membuat Getuk Lindri
Getuk lindri adalah makanan tradisional dari Jawa Tengah.
Makanan yang terbuat dari singkong ini banyak disukai oleh semua kalangan.
Getuk lindri kerapkali disajikan dengan taburan kelapa parut sehingga
menjadikannya semakin gurih dan enak.
Buat kamu yang ingin bereksperimen membuat getuk lindri.
Berikut adalah cara dan langkah membuatnya :
Bahan:
·
1 kg singkong yang berkualitas baik
·
1 sendok teh garam dapur halus
·
300 gram gula pasir
·
Pewarna makanan secukupnya (sesuai dengan
selera)
Bahan untuk taburan:
·
1 buah kelapa yang sudah diparut halus
·
½ sendok teh garam halus
Langkah-langkah membuat Getuk Lindri:
·
Kupas kulit singkong, lalu dicuci dengan
air bersih.
·
Potong singkong yang sudah dicuci bersih
sesuai selera.
·
Kemudian, rebuslah singkong ke dalam air
yang mendidih hingga matang dan empuk.
Angkat dan dinginkan.
·
Haluskanlah singkong rebus dengan cara
ditumbuk
·
Lalu, masukkan gula pasir dan garam.
Setelah itu uleni dengan tangan samapi tercampur
rata.
·
Bagilah adonan singkong menjadi beberapa
bagian lalu beri tetesan pewarna (sesuai
selera) dan aduk rata.
·
Cetak adonan singkong dengan cetakan
getuk lindri, sisihkan.
·
Campurkanlah kelapa parut dengan garam,
aduk hingga merata kemudian dikukus sebentar.
·
Sajikan getuk lindri dengan ditaburi
kelapa parut.
·
Getuk lindri siap untuk dinikmati.
C. Definisi Teks Prosedur
Teks prosedur adalah Teks
yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam
melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu dapat terlaksana dengan
baik dan berhasil..
D. Fungsi
Teks prosedur berfungsi
untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam
melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu
dapat terlaksana dengan baik.
E. Struktur
Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.
Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.
2. Langkah-langkah berupa
perincian petunjuk yang disarankan kepada
pembaca terkait dengan topik yang ditentukan
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik
INTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA …………………….
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia - Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi dasar
|
:
|
3.1
|
Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
Indikator
|
:
|
3.1.1
3.1.2
|
Mengidentifikasi teks prosedur (strukur, karakteristik teks prosedur)
Menunjukan pernyataan
umum dalam suatu kegiatan
|
3.1.3
|
Menentukan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu
kegiatan
|
||
Materi
|
:
|
Teks Prosedur
|
|
A. Kisi-kisi
Ulangan Harian
KD
|
IPK
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
skor
|
3.1
|
3.1.1
|
1. Siswa
diminta menyebutkan devinisi dari teks prosedur kompleks
2. Siswa
diminta untuk menyebutkan dan menjelaskan struktur dari teks prosedur
3. Siswa
diminta menyebutkan karakteristik kebahasaan dari teks prosedur kompleks
4. Siswa
diminta menyebutkan karakteristk umum teks prosedur kompleks
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
3
3
3
3
|
3.1.2
dan 3.1.3
|
5. Siswa
diminta membuat teks prosedur
|
Uraian
|
3
|
|
Total=15
|
B. Soal
Ulangan Harian
1. Apa
yang dimaksud dengan teks prosedur kompleks!
2. Sebutkan
dan jelaskan struktur teks prosedur!
3. sebutkan
karakteristik kebahasaan teks prosedur kompleks!
4.
Sebutkan karakteristik umum teks prosedur!
5.
Buatlah teks prosedur kompleks!
Jawaban
:
1. Teks
prosedur kompleks adalah teks yang terdiri atas banyak langkah-langkah itu
berjenjang dengan sub-langkah pada setiap langkahnya.
2. Struktur teks prosedur
ada dua yaitu tujuan dan langkah-langkah.
a.
Tujuan yaitu hasil akhir yang akan dicapai.
b. Langkah-langkah yaitu cara- cara yang ditempuh agar tujuan itu tercapai atau urutan yang tidak dapat diubah urutannya.
b. Langkah-langkah yaitu cara- cara yang ditempuh agar tujuan itu tercapai atau urutan yang tidak dapat diubah urutannya.
3. Memuat
kalimat perintah (imperatif), kalimat pernyataan (deklaratif), pertanyaan
(introgatif), bilangan urutan, partisipan dalam langkah-langkah, kata kerja
fisik (verba material), kata kerja sikap (verba tingkah laku), menggunakan
urutan waktu (konjungsi temporal), menggunakan kata baku serta konjungsi
syarat.
4. Disusun
secara informatif, memuat langkah-langkah, dijelaskan secara detail, bersifat
objektif, langkah berkelanjutan dalam penjelasan, menggunakan syarat dan
pilihan, bersifat universal, logis, serta aktual dan akurat.
5. Sesuai kreativitas siswa
C. Kisi-kisi Soal Remidial
KD
|
IPK
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
skor
|
3.1
|
3.1.1
|
1. Siswa
diminta menjelaskan definisi dari teks prosedur kompleks
2. Siswa
diminta menyebutkan struktur dari teks prosedur kompleks
3. Siswa
diminta menganalisi letak struktur tujuan
4. Siswa
diminta menjelaskan tujuan dalam struktur teks prosedur
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
3
3
3
3
|
3.1.2
dan 3.1.3
|
5.
Siswa diminta membuat sebuah teks prosedur
|
Uraian
|
3
|
|
Total
= 15
|
D. Soal Remidial
1. Apa yang diaksud dengan teks prosedur
kompleks ?
2. Struktur teks prosedur komlpeks
adalah...
3. Biasanya
struktur tujuan ada pada baris?
4. Apa yang
dimaksud dengan tujuan dalam struktur prosedur kompleks?
5. Buatlah sebuah
teks prosedur kompleks!
Jawaban
1. teks yang berisi
langkah-langkah dan tujuan
2. Yaitu tujuan dan
langkah-langkah
3. Struktur tujuan
berada di barisan pertama
4. Yaitu hasil
akhir yang akan dicapai
5. Sesuai kreasi
siswa
E. Kisi-kisi Soal
Pengayaan
KD
|
IPK
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
skor
|
KD
|
IPK
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
skor
|
3.1
|
3.1.1
|
1. Siswa
diminta untuk membedakan teks prosedur dengan teks prosedur kompleks
2. Siswa
diminta menyebutkan dan menjelaskan struktur dari teks prosedur
3. Siswa
diminta menyebutkan karakteristik kebahasaan teks prosedur
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
3
3
3
|
3.1.2
|
4. Siswa
diminta membuat gambaran umum sebuah teks prosedur
|
Uraian
|
3
|
|
3.1.3
|
5. Siswa
diminta membuat sebuah tahapan dari teks prosedur
|
Uraian
|
3
|
|
Total
= 15
|
F. Soal Pengayaan
1. Jelaskan perbedaan teks
prosedur dan teks prosedur kompleks!
2. Sebutkan dan jelaskan
struktur teks prosedur!
3. sebutkan karakteristik
kebahasaan teks prosedur!
4. Buatlah sebuah gambaran umum teks
prosedur!
5. Buatlah tahapan tahanpan teks prosedur
kompleks!
Jawaban
1. Teks prosedur adalah jenis teks
yang menunjukkan dan menjelaskan sebuah proses dalam membuat
atau mengoperasikan sesuatu melalui langkah-langkah secara sistematis
dan teratur sedangkan teks prosedur kompleks adalah teks yang terdiri atas
banyak langkah-langkah itu berjenjang dengan sub-langkah pada setiap
langkahnya.
2. Struktur teks prosedur ada
dua yaitu tujuan dan langkah-langkah.
a. Tujuan yaitu hasil akhir yang akan
dicapai.
b. Langkah-langkah yaitu cara- cara yang ditempuh agar tujuan itu tercapai atau urutan yang tidak dapat diubah urutannya.
b. Langkah-langkah yaitu cara- cara yang ditempuh agar tujuan itu tercapai atau urutan yang tidak dapat diubah urutannya.
3. Memuat kalimat perintah (imperatif),
kalimat pernyataan (deklaratif), pertanyaan (introgatif), bilangan urutan,
partisipan dalam langkah-langkah, kata kerja fisik (verba material), kata kerja
sikap (verba tingkah laku), menggunakan urutan waktu (konjungsi temporal),
menggunakan kata baku serta konjungsi syarat.
4. Sesuai Kreasi siswa
5. sesuai kreasi siswa.
LEMBAR
KERJA SISWA
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA ………………..
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.1
|
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
Indikator
|
:
|
4.1.1
|
Mengungkapkan pernyataan
umum dan tahapan
|
4.1.2
|
Menuliskan pernyataan
umum dan tahapan
|
||
Materi
|
:
|
Teks Prosedur
|
Contoh Tugas:
Cara Membuat Keripik Balado
Keripik singkong balado merupakan salah
satu cemilan khas kota Padang. Rasanya yang pedas bisa membuat banyak orang
menyukainya. Untuk kamu yang suka terhadap makanan pedas. Inilah cara membuat
keripik singkong balado.
Bahan-bahan:
·
500 gram singkong yang sudah dikupas
·
½ sendok teh garam
Bumbu:
·
3 sendok makan minyak goreng
·
5 buah cabe merah yang sudah dihaluskan
·
½ sendok teh garam
·
4 sendok makan gula pasir
·
2 sendok makan air asam
Langkah-langkah membuat Keripik Balado:
·
Singkong diiris tipis-tipis.
·
Didihkan 3 gelas air dengan garam.
·
Masukkan singkong hingga mengapung.
Kemudian angkat dan tiriskan.
·
Panaskan minyak goreng. Lalu gorenglang
singkong sampai garing. Sisihkan.
·
Panaskan minyak goreng. Setelah itu tumis
cabe, garam, gula dan air asam sambil diaduk-aduk.
·
Masukkan singkong yang sudah disisihkan
tadi. Kemudian aduk rata.
·
Angkat dan taruh di dalam wadah yang
kedap udara.
·
Dan balado siap dinikmati.
1.
Identifikasilah teks
prosedur di atas berdasarkan format tabel berikut!
|
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama siswa/kelompok :
…………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal
Pengumpulan :
.............................................................………..
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1.
|
1. Apakah teks prosedur yang ditulis lengkap?
|
||
2.
|
3. Apakah terdapat uraian tentang struktur prosedur?
|
||
3.
|
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas,
sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah PUEBI?
|
||
4.
|
Apakah terdapat pernyataan umum?
|
||
5.
|
Apakah terdapat tahapan-tahapan?
|
||
Jumlah
|
Kriteria:
5
= sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
LEMBAR
KERJA SISWA
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA ……………………
|
||
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
||
Kelas
|
:
|
XI
|
||
Materi
|
:
|
Menganalisis dan memerankan dialog prosedur
|
||
Kompetensi dasar
|
:
|
4.1
|
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
|
Indikator
|
:
|
4.1.1
|
Mengungkapkan pernyataan
umum dantahapan-tahapan secara lisan.
|
|
4.1.2
|
Menuliskan pernyataan
umum dan tahapan-tahapan
|
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Buatlah
sebuah teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan
tahapan-tahapannya.
2. Identifikasilah
teks tersebut sesuai dengan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.
2. Rubrik Penilaian
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannyasangat sesuai isi teks
|
4
|
j. Peserta
didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannya sesuai isi teks
|
3
|
|
peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannya kurang sesuai isi teks
|
2
|
|
l. Peserta
didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannya tidaksesuaiisiteks
|
1
|
|
2
|
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks
prosedur sangat lengkap dan sangat
sesuai dengan topik
|
4
|
m. Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan
tahapan-tahapan teks prosedur lengkapdansesuaidengantopik
|
3
|
|
n. Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan
tahapan-tahapan teks prosedur kurang lengkap
dan kurang dengantopik
|
2
|
|
o. Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan
tahapan-tahapan teks prosedur tidak lengkap dan tidak
sesuai isi teks
|
1
|
No comments:
Post a Comment