RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA …………………..
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI/1
Materi Pokok : Teks Prosedur
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit (4 pertemuan)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI
1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong- royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional.
|
KI
3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks berdasarkan
rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
:
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyajikan secara efektif, kreatif,
produktig, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
|
3.2 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
3.2.1 Siswa
mampu mengidentifikasi struktur teks prosedur.
3.2.2 Siswa
mampu menentukan aspek kebahasaan teks prosedur.
|
4.2.1
Siswa mampu menyusun
rancangan garis besar teks prosedur.
4.2.2
Siswa mampu menulis
teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan yang tepat.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, model pembelajaran Discovery Learning dan Kooperatif Learning Tipe
Two Stay Two Stray, peserta didik dapat menganalisis struktur dan
kebahasaan teks prosedur dan mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan
strukur dan kebahasaan yang tepat serta mempresentasikan
hasilnya di depan kelas dengan rasa ingin tahu, bertanggung jawab dan disiplin
selama proses pembelajaran, memiliki sifat responsif dan proaktif, mampu
berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Fakta : Teks prosedur
2. Konsep :
Pengertian teks prosedur
3. Prinsip : Struktur dan kebahasaan dalam teks
prosedur
4. Prosedur :
Langkah-langkah menyusun teks prosedur
E. METODE
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model : Discovery Learning, Kooperatif
Learning Tipe Two Stay Two Stray
3.
Metode : Diskusi kelompok, tanya jawab,
ceramah, penugasan
F.
MEDIA, ALAT, DAN BAHAN
BELAJAR
1.
Media : Salindia, lembar kerja, gambar
2.
Alat :
Laptop, proyektor LCD.
3.
Bahan : Teks prosedur Kiat Menata
Rambut Pendek dan Cara Membuat
Getuk
Trio Khas Magelang
G. SUMBER
BELAJAR
1. Suherli, Maman
Suryaman, Aji Septiaji, Istiqomah.
2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI
Revisi Tahun 2017.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2.
Suherli,
Maman Suryaman, Aji Septiaji, Istiqomah. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI
Revisi Tahun 2017.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.
Sobandi. 2016. Mandiri
Bahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4.
Dewi Indrawati.
2016. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 1 (Kurikulum
2013). Sukoharjo: Graha Printama Selaras.
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Ke- 1 dan 2
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
|
3.2.1
Siswa mampu
mengidentifikasi struktur teks prosedur
3.2.2
Siswa mampu menentukan
aspek kebahasaan teks prosedur
|
Tahap
(Sintaks)
|
Langkah
– Langkah Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
||
|
Orientasi
1. Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti kegiatan
pembelajaran, seperti doa dan cek kehadiran.
2. Peserta
didik berdoa sebelum memulai pembelajaran.
Apersepsi
3. Guru
memberikan apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengkaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4. Peserta
didik merespon apersepsi dari guru.
Motivasi
5. Guru
memberikan motivasi belajar pada peserta didik secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari dengan memberi
contoh.
Pemberian Acuan
6. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan di capai,
7. Guru
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10
menit
|
KEGIATAN INTI
|
||
Memberikan
stimulus
|
1. Guru
memberikan stimulus kepada peserta didik berupa teks prosedur kompleks dan
teks prosedur sederhana.
2. Peserta
didik diminta membaca dan memberikan pertanyaan atau tanggapan terkait teks
tersebut.
|
70
menit
|
Mengidentifikasi masalah
|
3. Guru
membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang.
4. Secara
berkelompok peserta didik diminta mengidentifikasi permasalahan berupa struktur
dan dilanjutkan dengan aspek kebahasaan dalam teks prosedur yang dibacanya.
|
|
Mengumpulkan
data
|
5. Guru
membimbing peserta didik untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan
struktur dan dilanjutkan dengan aspek kebahasaan dalam teks prosedur.
|
|
Mengolah
data
|
6. Peserta
didik melakukan diskusi kelompok untuk mengolah data berupa struktur dalam
teks prosedur dan dilanjutkan dengan aspek kebahsaan dalam teks tersebut.
7. Guru
memfasilitasi peserta didik dengan memberikan lembar kerja dan spidol warna
untuk menuliskan hasil diskusi tentang analisis struktur dan aspek kebahasaan
teks prosedur.
8. Guru
memonitor kegiatan diskusi kelompok yang dilakukan peserta didik, sekaligus
melakukan observasi untuk pengambilan penilaian sikap peserta didik selama
mengikuti diskusi
|
|
Memverifikasi
|
9. Peserta
didik mengecek kebenaran hasil pengolahan data dengan mencari sumber yang
relevan.
10. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusinya. Secara bergantian dua orang anggota
meninggalkan kelompoknya dan berkunjung ke kelompok lain untuk memberikan
penilaian terhadap hasil pekerjaan kelompok itu.
11. Dua
orang anggota yang tinggal di kelompoknya bertugas untuk mempresentasikan hasil pekerjaan
kelompoknya kepada kelompok lain.
12. Guru
melakukan penilaian kelompok melalui hasil penugasan kelompok menganalisis
struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur.
|
|
Menyimpulkan
|
13. Guru
bersama peserta didik menyimpulkan materi struktur dan aspek kebahasaan dalam
teks prosedur yang dipelajari.
|
|
PENUTUP
|
||
|
1. Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi untuk mengevaluasi seluruh rangkaian
aktivitas pembelajaran.
2. Guru
melakukan penilaian tertulis berupa tes objektif dan uraian mengenai struktur
dan aspek kebahasaan dalam teks prosedur.
3. Guru
melakukan tindak lanjut, dengan cara memberikan tugas individu kepada peserta
didik untuk menganalisis struktur dan aspek kebahasaan dalam teks prosedur
yang bersumber dari buku, majalah, surat kabar atau internet.
4. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5. Guru
menutup kegiatan pembelajaran
|
10
menit
|
Pertemuan
ke-3 dan 4
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
|
4.2.1
Siswa mampu menyusun
rancangan garis besar teks prosedur.
4.2.2
Siswa mampu menulis
teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan yang tepat
|
Tahap
(Sintaks)
|
Langkah
– Langkah Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
||
|
Orientasi
1. Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti kegiatan
pembelajaran, seperti doa dan cek kehadiran.
2. Peserta
didik berdoa sebelum memulai pembelajaran.
Apersepsi
3. Guru
memberikan apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengkaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4. Peserta
didik merespon apersepsi dari guru.
Motivasi
5. Guru
memberikan motivasi belajar pada peserta didik secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari dengan memberi
contoh.
Pemberian Acuan
6. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan di capai.
7. Guru
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10
menit
|
KEGIATAN INTI
|
||
Memberikan
stimulus
|
1. Guru
memberikan stimulus kepada peserta didik berupa gambar melakukan atau membuat
sesuatu.
2. Peserta
didik diminta mengamati dan memberikan pertanyaan atau tanggapan terkait gambar
tersebut.
|
70
menit
|
Mengidentifikasi masalah
|
3. Peserta
didik diminta mengidentifikasi permasalahan berupa menentukan topik dan menyusun
rancangan garis besar (kerangka) teks prosedur berdasarkan topik tersebut.
|
|
Mengumpulkan
data
|
4. Guru
membimbing peserta didik untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan penyusunan
rancangan garis besar (kerangka) teks prosedur dengan memperhatikan struktur
dan kebahasaan yang tepat
|
|
Mengolah
data
|
5. Peserta
didik mengolah data dan menulis rancangan garis besar (kerangka) teks
prosedur.
6. Guru
memonitor dan memfasilitasi kegiatan peserta didik.
|
|
Memverifikasi
|
7. Peserta
didik mengecek kebenaran hasil pengolahan data dengan mencari sumber yang
relevan.
8. Peserta
didik mempresentasikan hasil karyanya berupa rancangan garis besar (kerangka)
teks prosedur.
9. Guru
melakukan penilaian dari presentasi yang dilakukan peserta didik.
|
|
Menyimpulkan
|
10. Guru
bersama peserta didik diminta untuk menyimpulkan materi penyusunan teks
prosedur yang dipelajari.
|
|
PENUTUP
|
||
|
1. Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi untuk mengevaluasi seluruh rangkaian
aktivitas pembelajaran.
2. Guru
melakukan penilaian penugasan berupa membuat rancangan garis besar (kerangka)
teks prosedur.
3. Guru
melakukan tindak lanjut, dengan cara memberikan proyek kepada peserta didik
untuk membuat video berisi teks prosedur. Kemudian video tersebut diunggah di
situs youtube.
4. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5. Guru
menutup kegiatan pembelajaran
|
10
menit
|
I.
PENILAIAN
1.
Jenis Penilaian
a.
Penilaian Sikap
§ Teknik
: observasi, penilaian
diri, dan penilaian antarteman
§ Bentuk
instrumen : jurnal
b.
Penilaian Pengetahuan
§ Teknik : tes tulis / penugasan
kelompok/remidial/pengayaan
§ Bentuk
instrumen : soal pilihan ganda dan
uraian
c.
Penilaian Keterampilan
§ Teknik : praktik/ penugasan/proyek
§ Bentuk
instrumen : rubrik penilaian praktik,
rubrik proyek
2.
Remidial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD-nya belum tuntas.
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya,
atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tersebut remedial belum mencapai
ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas.
3.
Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Peserta didik yang
mencapai nilai sama KKM diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan dalam bentuk penugasan
b.
Peserta didik yang
mencapai nilai melampaui KKM diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan dalam bentuk penugasan
Magelang, Agustus 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
Guru Mata
Pelajaran,
|
…………………………..
|
……………………………..
|
NIP ………………………….
|
NIP ………………………
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A. BAHAN
AJAR
Contoh Teks Prosedur
Teks 1
Kiat Menata Rambut Pendek
Gaya rambut bob pendek kini mulai
disukai lagi. Meski terlihat sederhana, untuk gaya rambut seperti itu juga
diperlukan perawatan yang benar. Ada beberapa langkah dan cara yang harus kamu
lakukan untuk merawat rambut pendek dengan baik, yaitu sebagai berikut.
1.
Keringkan dengan Handuk
Banyak
orang yang mengeringkan rambut pendeknya dengan cara mengacak-acaknya dengan
handuk agar air cepat meresap. Padahal cara ini bisa membuat rambut mudah
patah. Keringkan rambut sambil dipijat perlahan.
2. Gunakan Produk Styling
Gunakan
produk styling dan perawatan rambut seperti serum untuk menyehatkan akar
rambut. Produk perawatan rambut yang alami akan membuat rambut kamu terlihat
bersinar dan indah. Rambut juga tampak halus dan memberikan extra glow.
Pastikan menggunakannya di batang rambut.
3. Blow dry dari Akar Rambut Terlebih
Dahulu
Saat
akan melakukan blow dry pada rambut pendek kamu, pastikan memulainya dari akar
rambut. Gunakan sisir sikat bulat dan pengering rambut, lalu arahkan hair dryer
ke bagian akar. Gunakan sisir dengan ukuran yang benar karena sikat yang lebih
besar akan memberikan sedikit kurva ke gaya rambut bob kamu.
4. Tambahkan kesan bervolume (terisi
penuh)
Kembangkan
dan blow dry rambut bagian depan untuk mendapatkan kesan bervolume. Dengan
begitu, rambut kamu akan terlihat terisi penuh.
(Sumber:
Surat Kabar Kompas dengan pengubahan)
Teks 2
Cara
Membuat Getuk Trio Khas Magelang
Banyak sekali kudapan
tradisional Indonesia yang berbahan dasar singkong. Salah satunya adalah getuk
trio khas Magelang, Jawa Tengah. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan
rasa yang manis.
Tahukah kalian cara
membuat getuk trio khas Magelang? Jika belum, berikut adalah bahan dan
langkah-langkah membuatnya.
Bahan
|
Bahan
Taburan
|
1 kg singkong
|
150 gr kelapa parut kasar
|
200 gr kelapa parut kukus 5 menit
|
¼ sdt garam
|
125 gr gula pasir
|
1 lbr daun pandan
|
4 sdm skm
|
|
1 sdt garam
|
|
½ sdt vanili
|
|
30 gr margarin
|
|
¼ sdt cokelat pasta
|
|
4 tetes pewarna makanan (merah muda)
|
Cara Membuat:
1.
Kukuslah
singkong sampai matang. Lalu tumbuk sampai halus. Alangkah lebih baik jika
singkong ditumbuk selagi masih panas agar lebih mudah.
2.
Tambahkan
gula pasir, garam, vanili, kelapa parut, skm dan margarin, aduk rata.
3.
Bagi
adonan menjadi tiga bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda, satu
bagian tambahkan cokelat pasta, dan sisanya biarkan berwarna putih.
4.
Ambillah
masing-masing adonan dari ketiga bagian, pipihkan di Loyang berukuran 18 X 20 cm yang telah
dialasi plastic. Pipihkan secara berurutan dari yang berwarna merah muda,
putih, dan cokelat. Pipihkan dan padatkan.
5.
Kemudian
keluarkan ketiga adonan yang telah disusun dari loyang, potong-potong, dan
sajikan dengan ditaburi parutan kelapa.
Sangat mudah bukan, semoga dengan langkah-langkah di
atas dapat membantu kalian dalam membuat getuk trio yang rasanya tak kalah enak
dengan yang dijual maupun diolah oleh para ahli.
Materi
Teks Prosedur
a.
Pengertian Teks Prosedur
Teks prosedur adalah teks yang berisi
langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam melakukan suatu
kegiatan sehingga suatu kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik.
b.
Jenis-Jenis Teks Prosedur
1) Teks
Prosedur Sederhana, merupakan teks prosedur yang hanya terdiri atas beberapa
langkah saja (terbatas). Biasanya dalam teks prosedur jenis ini tidak memuat
penegasan ulang. Contoh teks prosedur sederhana yaitu prosedur untuk
mengoperasikan setrika.
2) Teks
Prosedur Kompleks, merupakan teks prosedur yang terdiri atas banyak langkah
(ada jenjang untuk setiap langkahnya). Biasanya teks prosedur jenis ini
dilengkapi dengan penegasan ulang. Contoh teks prosedur kompleks yaitu prosedur
pembuatan e-KTP.
3) Teks
Prosedur Protokol, merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sangat
sederhana dan mudah dipahami. Contoh teks prosedur protocol yaitu prosedur
menyalakan computer.
c.
Struktur Teks Prosedur
1)
Tujuan, yaitu pengantar
tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.
2)
Langkah-langkah, yaitu
perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang
ditentukan.
3)
Penegasan ulang, yaitu
harapan/manfaat apabila petunjuk-petunjuk tersebut dijalankan dengan baik.
d.
Aspek Kebahasaan Teks
Prosedur
1)
Menggunakan kata kerja
(verba)
Verba dapat dibentuk oleh imbuhan me-, me-kan,
me-i, ber-, di-, di-kan, dan di-i
·
Verba material, yaitu
jenis verba yang mengacu pada tindakan fisik, misalnya menggoreng, mengiris,
mengadukmengangkat, menulis, menyetrika.
Contoh:
Kita perlu mengaduk bahan-bahan sampai rata.
·
Verba tingkah laku,
yaituverba yang mengacu pada sikap yang dinyatakandengan ungkapan verbal (bukan
tindakan fisik), misalnya menyetujui, menolak, memahami.
Contoh:
Kita akan merasakan kelezatan bumbu-bumbu
tersebut.
2)
Menggunakan kata-kata
teknis yang berkaitan dengan topic yang dibahasnya.
Contoh:
Prosedur
menghidupkan computer: Kata teknis à
computer, CPU, power, tekan, klik.
|
3)
Menggunakan kalimat
interogatif atau kalimat tanya.
Contoh:
Tahukah kalian makanan khas Magelang?
4)
Menggunakan kalimat
deklaratif, yaitu kalimat yang berisi pernyataan (berita atau informasi).
Contoh:
Getuk trio adalah salah satu makanan khas Magelang
yang berbahan dasar singkong.
5)
Menggunakan kalimat
imperative, yaitu kalimat perintah.
Contoh:
Tambahkan gula, garam, dan vanili.
Kukuslah sampai matang.
6)
Banyak menggunakan
konjungsi temporal yang menyatakan ‘urutan waktu’, misalnya setelah itu,
lalu, kemudian, sebelum, sesudah itu, selanjutnya
Selain konjungsi, tahapan kerja atau urutan kerja dapat
menggunakan kata bilangan, seperti tahap pertama, tahap kedua, tahap ketiga,
tahap keempat, tahap kelima, dan seterusnya.
7)
Banyak menggunakan
partikel -lah
Contoh:
Tambahkanlah penyedap rasa secukupnya.
Jauhkanlah dari jangkauan anak-anak.
8)
Menggunakan pernyataan
persuasif, ditandai dengan kata-kata hendaklah, sebaiknya, diharapkan,
harus, perlu.
Contoh:
Sebaiknya, gunakanlah tepung berprotein sedang.
Alangkah lebih baik jika minuman ini disajikan dingin.
9)
Apabila prosedur itu
berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci
tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
Contoh:
Gunakan loyang berukuran 20 cm x 18 cm
e. Langkah-langkah
penyusunan teks prosedur
1) Menentukan
Topik/Judul, tentukanlah kegiatan apa yang akan kamu selesaiakan, misalnya cara
membuat KTP, cara membuat SIM, cara membuat tempe, dll.
2) Membuat
Pernyataan Umum, tulislah tujuan dan materi yang akan disampaikan dalam teks
prosedur.
3) Menyusun
Langkah-langkah, tulislah langkah-langkah yang harus dilakukan berdasarkan
topik/judul yang kamu pilih.
4) Menyusun
penegasan ulang (simpulan)
5) Menyusun
kerangka teks prosedur
6) Mengembangkan
kerangka menjadi teks prosedur yang utuh berdasarkan struktur dan kebahasaan yang tepat.
7) Menyunting teks prosedur yang telah jadi.
B. INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
1. Observasi
Nama Satuan pendidikan :
SMA …………………..
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
Kelas/Semester :
XI/1
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
No
|
Tanggal
|
Nama
|
Kejadian/
Perilaku
|
Butir Sikap
|
Positif/
Negatif
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Diri
Nama :
Kelas :
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
Keterangan
|
Komentar
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Selama diskusi, saya
ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi,
setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya ikut serta dalam
membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya mampu berinteraksi
dengan baik dengan teman-teman.
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya menghargai
perbedaan dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
||
Total Skor
|
|
|
Keterangan:
1 = tidak baik, 2 = kurang baik, 3 = cukup baik, 4 = baik, 5 = sangat baik
3.
Penilaian Antarteman
Hari,
Tanggal :
Nama
siswa yang dinilai :
Nama
siswa yang menilai :
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
Keterangan
|
Komentar
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Mau menerima pendapat
teman.
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberikan solusi
terhadap permasalahan.
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memaksakan pendapat
sendiri kepada anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Marah saat diberi
kritik
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Peduli terhadap
lingkungan social
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
|
|
Keterangan:
1 = tidak baik, 2 = kurang baik, 3 = cukup baik, 4 = baik, 5 = sangat baik
C. INSTRUMEN
PENILAIAN PENGETAHUAN
1.
Tes Objektif dan Uraian
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Level Kognitif
|
No. Soal
|
3.2 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
3.2.1 Siswa
mampu mengidentifikasi struktur teks prosedur
|
Disajikan sebuah teks prosedur, peserta
didik diminta menganalisis struktur teks tersebut.
|
Pilihan Ganda dan
Uraian
|
L3
|
Pilihan Ganda:
2, 4, 7, 8, 9
Uraian:
1, 2, 3
|
3.2.2 Siswa
mampu menentukan aspek kebahasaan teks prosedur
|
Disajikan sebuah teks prosedur, peserta
didik diminta menganalisis aspek kebahasaan daam teks tersebut.
|
Pilihan Ganda dan Uraian
|
L3
|
Pilihan Ganda:
1, 3, 5, 6, 10
Uraian:
4, 5
|
2. Kisi-Kisi
Soal Remidi
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Level
Kognitif
|
No.
Soal
|
3.2 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
3.2.1 Siswa
mampu mengidentifikasi struktur teks prosedur
|
Disajikan
sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis struktur teks
tersebut.
|
Uraian
|
L3
|
1,
3, 5
|
3.2.2 Siswa
mampu menentukan aspek kebahasaan teks prosedur
|
Disajikan
sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis aspek kebahasaan
daam teks tersebut.
|
Uraian
|
L3
|
3,
4
|
3. Kisi-kisi
Soal Pengayaan
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Level
Kognitif
|
No.
Soal
|
3.2 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
3.2.1
Siswa mampu
mengidentifikasi struktur teks prosedur
|
Disajikan
sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis struktur teks
tersebut.
|
Uraian
|
L3
|
2,
3
|
3.2.2
Siswa mampu menentukan
aspek kebahasaan teks prosedur
|
Disajikan
sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis aspek kebahasaan
daam teks tersebut.
|
Uraian
|
L3
|
1,
4, 5
|
4. Kisi-Kisi
Tugas Kelompok
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Level
Kognitif
|
No.
Soal
|
3.2 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
3.2.1
Siswa mampu
mengidentifikasi struktur teks prosedur
|
Disajikan
sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis struktur teks
tersebut.
|
Uraian
|
L3
|
1,
2
|
3.2.2
Siswa mampu menentukan
aspek kebahasaan teks prosedur
|
Disajikan
sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis aspek kebahasaan
daam teks tersebut.
|
Uraian
|
L3
|
3
|
b. Rumusan
Butir Soal
SOAL UJI KOMPETENSI
Nama
Sekolah : SMA………………
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Bentuk
Soal/Tes : Pilihan Ganda
Alokasi
Waktu : 60 Menit
Hari/Tanggal :
Petunjuk Umum
1.
Tulislah identitasmu di
pojok kanan atas.
2.
Berdoalah terlebih dahulu
sebelum mengerjakan soal.
3.
Periksa dan bacalah soal-soal
dengan saksama.
4.
Kerjakan terlebih dahulu
soal yang kamu anggap mudah dengan menggunakan pulpen atau ballpoint yang
bertinta hitam/biru.
5.
Laporkan kepada pengawas
jika terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang.
6.
Periksa kembali
pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada pengawas.
A. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang benar!
1.
Bacalah petunjuk kerja
yang tidak logis berikut ini!
Masukkan
pakaian yang kotor ke dalam mesin cuci. Tekan tombol on untuk
mengaktifkan mesin cuci. Aturlah waktu sesuai dengan ketentuan. Bilas
sampai bersih, kemudian keringkan.
|
Perbaikan petunjuk kerja yang logis
di atas yang tepat adalah ….
a. Masukkan
pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Tekan tombol on untuk mengaktifkan
mesin cuci. Aturlah waktu sesuai dengan ketentuan. Bilas sampai bersih,
kemudian keringkan. Pakaian siap untuk dijemur.
b. Masukkan
pakaian yang kotor ke dalam mesin cuci yang sudah diisi air dan detergen
secukupnya. Tekan tombol on untuk mengaktifkan mesin cuci. Aturlah waktu
sesuai dengan ketentuan. Bilas sampai bersih, kemudian keringkan.
c. Masukkan
pakaian yang kotor ke dalam mesin cuci. Tekan tombol on untuk
mengaktifkan mesin cuci. Aturlah waktu sesuai dengan ketentuan. Masukkan air
bersih untuk membilas. Bila sudah bersih, pakaian siap untuk dijemur.
d. Masukkan
pakaian yang kotor ke dalam mesin cuci. Tekan tombol on untuk
mengaktifkan mesin cuci. Aturlah waktu sesuai dengan ketentuan. Bilas sampai
bersih menggunakan air sabun, kemudian keringkan.
e. Masukkan
pakaian yang kotor ke dalam mesin cuci. Tekan tombol on untuk
mengaktifkan mesin cuci. Aturlah waktu sesuai dengan ketentuan. Isilah air yang
bersih untuk membilas. Tiriskan sebentar. Pakaian siap untuk dijemur.
Perhatikan
langkah-langkah berikut!
(1) Terakhir,
masukkan keju parut, aduk rata kembali.
(2) Setelah
adonan telur selesai, masukkan terigu sedikit demi sedikit. Aduk dengan spatula
sampai rata.
(3) Pertama,
kocok telur dan gula pasir hingga gula larut dan telur mengembang.
(4) Setelah
adonan teraduk rata semua, tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah
disiapkan.
(5) Lalu,
masukkan mentega cair ke dalam adonan terigu, aduk rata dengan spatula.
2.
Susunan prosedur yang
benar adalah ….
a. (3)-(2)-(5)-(1)-(4)
b. (5)-(1)-(4)-(3)-(2)
c. (2)-(3)-(5)-(4)-(1)
d. (4)-(3)-(2)-(5)-(1)
e. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
3.
Cara Membuat Botol Kaca
(1) Botol
kaca dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu.
(2) Ketiga
bahan tersebut dicampur secara proporsional, kadang-kadang pecahan kaca
ditambahkan.
(3) Kemudian
campuran itu dipanaskan dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi.
(4) Lalu
adonan diproduksi.
(5) Setelah
itu, campuran adonan dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
(6) Selanjutnya,
untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, panaskan lagi lalu didinginkan.
(7) Gunakan
botol tersebut sesuai dengan keperluannya.
Kalimat imperatif (perintah) terdapat pada ….
a. (1)
dan (2)
b. (2)
dan (4)
c. (3)
dan (4)
d. (4)
dan (5)
e. (6)
dan (7)
Perhatikan pernyataan berikut untuk menjawab soal
nomor 5 dan 6!
Setelah
mengisi data pada kolom, langkah terakhir tekan tombol cetak untuk mencetak
kartu peserta! Sebelumnya, pastikan mesin pencetak terkoneksi dengan computer!
4.
Pada struktur teks
prosedur, pernyataan tersebut merupakan bagian … .
a.
judul
b.
bahan
c.
tujuan
d.
langkah-langkah
e.
penegasan ulang
5.
Kata ‘terkoneksi’ pada
pernyataan tersebut berarti ….
a. terlihat
b. terkena
c. terdapat
d. tertabrak
e. terhubung
6.
Cermati paragraf berikut!
Campur
semua bahan hingga merata dan simpan dalam bejana kaca yang tertutup rapat. […]
ambillah 1/5 bagian scrub. Kemudian masukkan ke dalam sebuah mangkuk
dangkal, campur bahan dengan minyak almond sampai menjadi semacam pasta.
Oleskan scrub tadi di seluruh tubuh sambal dipijit dengan lembut.
Berikan perhatian khusus pada area kulit kering […] keras seperti siku, lutut,
dan tumit. Bersihkan sisa-sisa scrub [….] berendam atau menyiram.
Kata penghubung ang tepat untuk melengkapi
paragraph tersebut adalah … .
a.
setelah itu, dan, sebelum
b.
sementara itu, atau sehingga
c.
selain itu, serta, jika
d.
sebab itu, atau, supaya
e.
karena itu, juga, bila
7.
Tanaman selada sebenarnya tahan dalam
keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan, pada saat menyimpan
sebaiknya di tempat yang dingin. Caranya tempat itu ditaburi butiran atau
remukan es. Pernyataan dari kutipan teks prosedur tersebut adalah ….
a.
pengelompokan
b.
penyimpanan
c.
pembersihan
d.
pengemasan
e.
pemasaran
Perhatikan teks prosedur berikut
untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
Cara Membuat Es Buah Segar Praktis
(1) Buah
dipotong atau dibentuk menurut selera
(2) Campurkan
semua bahan kecuali air soda, simpandalam kulkas agar lebih segar.
(3) Tambahkan
air soda sebelum disajikan.
(4) Beri
juga potongan es batu! Tuangkan dalam mangkuk atau gelas saji.
(5) ….
8.
Hal yang kurang jelas pada bagian
langkah-langkah teks prosedur tersebut adalah…
a. Penggunaan
bahan yang kurang jelas.
b. Urutan
langkah yang tidak sesuai.
c. Langkah
yang kurang tepat.
d. Tujuan
yang kurang tepat.
9.
Tujuan yang terlalu dangkal.angkah yang
sesuai untuk melengkapi teks tersebut adalah…
a. Tambahkan
bumbu penyedap!
b. Panaskan
air hingga mendidih!
c. Sajikan
segera sebelum es mencair!
d. Setelah
mendidih, masukkan adonan!
e. Masukkan
dalam kulkas supaya menjadi dingin!
10. Masukkan
nomor kode yang terdapat di balik kuitansi pembayaran di bank!
Kalimat
tersebut termasuk kalimat … .
a. konfirmatif
b. interogatif
c. deklaratif
d. klarifikasi
e. imperatif
B. Jawablah
pertanyaan-pentanyaan berikut dengan jawaban yang jelas!
Bacalah
teks prosedur berikut!
Cara Menghidupkan
Komputer
Komputer
merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk
memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus
dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer, kita harus
mengikuti setiap prosedur bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar.
Untuk menghidupkan komputer dengan benar, ikutilah langkah-langkah berikut.
1.
Buka penutup layar monitor, CPU, keyboard dan printer.
2.
Pastikan sakelar yang menyediakan arus listrik terhubungkan dengan kabel power
ke
stabilizer atau CPU komputer.
3.
Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
4.
Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
5.
Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.
(Sumber:
ilmusiana.com)
Setelah
membaca teks prosedur di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.
Jelaskanlah struktur
pembentuk teks prosedur secara jelas!
2.
Analisislah struktur teks
prosedur di atas!
3.
Simpulkan teks tersebut berdasarkan
kelengkapan strukturnya!
4.
Jelaskan aspek kebahasaan
dalam teks prosedur secara jelas!
5.
Analislah aspek
kebahasaan dalam teks prosedur di atas!
C. Remidi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Jelaskan
perbedaan struktur teks prosedur sederhana dengan teks prosedur kompleks!
Jawab: ……………………………………………………………………………………
2. Sebutkan
struktur sebuah teks prosedur!
Jawab: ……………………………………………………………………………………
3. Apa
yang dimaksud konjungsi temporal?
Jawab: ……………………………………………………………………………………
4. Buatlah
contoh kalimat persuasif!
Jawab: ……………………………………………………………………………………
5. Tulislah
contoh teks prosedur penggunaan alat dengan struktur yang tepat!
Jawab: ……………………………………………………………………………………
D. Pengayaan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Buatlah
contoh kalimat imperatif!
Jawab: …………………………………………………………………………………
2. Apa
isi bagian tujuan dalam teks prosedur? Berikan contohnya!
Jawab: …………………………………………………………………………………
3. Apa
isi bagian langkah-langkah dalam teks prosedur?Berikan contohnya!
Jawab: …………………………………………………………………………………
4. Perlukah
kita menggunakan KBBI dan EYD dalam merevisi teks prosedur? Jelaskan alasannya!
Jawab: …………………………………………………………………………………
5. Buatlah
teks prosedur sederhana dengan struktur dan kebahasaan yang tepat!
Jawab: …………………………………………………………………………………
E.
Tugas Kelompok
Bacalah teks prosedur berjudul Kiat Menata Rambut Pendek (kelompok
genap) dan Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang (kelompok ganjil)
jawablah pertanyaan di bawahnya!
1. Analisislah
struktur teks prosedur tersebut!
2. Simpulkan
teks prosedur tersebut dengan bahasamu sendiri!
3. Analisislah
aspek kebahasaan dalam teks tersebut!\
a. Pedoman
Penskoran dan Penilaian Tes Objektif
Pedoman Penskoran
·
Pilihan Ganda
Setiap soal yang benar diberi skor 1,
sedangkan soal yang slah diberi skor 0
·
Uraian
No
Soal
|
Deskripsi
|
Skor
|
Skor
Maksimal
|
1
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
20
|
2
|
a. Analisis
struktur teks prosedur lengkap dan tepat
b. Analisis
struktur teks prosedur sebagian tepat
c. Analisis
struktur teks prosedur separuhnya tepat
d. Analisis
struktur teks prosedur
|
|
30
|
3
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
10
|
4
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
10
|
5
|
a. Analisis
aspek kebahasaan teks prosedur lengkap dan tepat
b. Analisis
aspek kebahasaan teks prosedur sebagian tepat
c. Analisis
aspek kebahasaan teks prosedur separuhnya tepat
d. Analisis
aspek kebahasaan teks prosedur
|
|
30
|
Jumlah
|
|
|
100
|
Pedoman penilaian
Pilihan
ganda à Nilai = jumlah benar x 10
Uraian à Nilai
=
x
100%
e. Pedoman
Penskoran dan Penilaian Remidial
Pedoman Penskoran
No
Soal
|
Deskripsi
|
Skor
|
Skor
Maksimal
|
1
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
20
|
2
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
10
|
3
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
20
|
4
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
20
|
5
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
30
|
Pedoman Penilaian
Nilai =
x
100%
f.
Pedoman Penskoran dan
Penilaian Pengayaan
Pedoman Penskoran
No
Soal
|
Deskripsi
|
Skor
|
Skor
Maksimal
|
1
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
20
|
2
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
10
|
3
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
20
|
4
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
20
|
5
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
|
30
|
Pedoman Penilaian
Nilai =
x
100%
g. Pedoman
Penskoran dan Penilaian Tugas Kelompok
Aspek
|
Bobot
|
Skor
|
Komentar
|
Kelengkapan
bagian-bagian
|
25
|
|
|
Kejelasan
dalam penyampaian
|
25
|
|
|
Keefektifan
kalimat
|
25
|
|
|
Ketepatan
ejaan/tanda baca
|
25
|
|
|
Jumlah
|
100
|
|
|
Nilai =
x
100%
D. INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
1. Perencanaan
penilaian keterampilan
IPK
|
Indikator Soal
|
Rencana Penilaian
|
||
Teknik
|
Waktu Pelaksanaan
|
|||
4.2 Mengembangkan
teks prosedur dengan memperhatikan strukur dan kebahasaan.
|
4.2.1
Siswa mampu menyusun
rancangan garis besar teks prosedur.
|
Siswa diminta menyusun rancangan garis
besar teks prosedur.
|
Penugasan
|
Saat jam pelajaran
berlangsung
|
4.2.2
Siswa mampu menulis
teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
|
Siswa diminta menulis
teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
|
Proyek
|
Agustus 2019
|
Bentuk Soal Penugasan:
Tugas 1
Carilah sebuah topik yang dapat dikembangkan menjadi
teks prosedur, kemudian kembangkanlah topik tersebut menjadi rancangan garis
besar teks prosedur!
Tugas 2
Buatlah video berisi teks prosedur dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan yang benar!
2. Rubrik
Penilaian Keterampilan, Pedoman Penskoran, dan Penilaian
a.
Rubrik penilaian
keterampilan
Tahapan
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Perencanaan
|
1. Membentuk
kelompok
2. Menentukan
tema
3. Mencari
referensi yang relevan
|
|
Pelaksanaan
|
1. Membuat
rancangan garis besar teks prosedur
2. Membuat
video teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan
|
|
Hasil
|
1. Rancangan
garis besar teks prosedur dalam bentuk tulisan
2. Video
teks prosedur
|
|
b. Pedoman
penskoran
Skor
|
Kriteria
|
5
|
Sangat
baik
|
4
|
Baik
|
3
|
Sedang
|
2
|
Kurang
baik
|
1
|
Tidak
baik
|
c. Pedoman
penilaian
Nilai =
x
100%
3. Rubrik
Penilaian Presentasi
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Rerata
Nilai
|
||
Menjelaskan
|
Memvisualkan
|
Merespon
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan nilai:
·
80 – 90 : cukup mampu menjelaskan,
memvisualisasikan, dan merespon.
·
91 – 100 : mampu
menjelaskan, memvisualisasikan, dan merespon.
Keterangan keterampilan:
·
Menjelaskan: kemampuan
menyampiakan hasil kerja secara menyeluruh.
·
Memvisualisasikan: kemampuan mengemas informasi seunik dan
semenarik mungkin.
·
Merespon: kemampuan
menyampiakn tanggapan atas pertanyaan, bantahan, dan sanggahan dari pihak lain
secara empatik.
E. LEMBAR
KERJA SISWA
Judul Teks : .......
Sumber : .......
Aspek
|
Pembahasan
|
|
Struktur
|
1. Tujuan
|
|
2.
Langkah-langkah
|
|
|
3. Penegasan
Kembali
|
|
|
Simpulan
|
LEMBAR
KEGIATAN SISWA 2
Judul Teks : .......
Sumber : .......
Aspek Kebahasaan
|
Pembahasan
|
|
1. Kata Kerja
|
|
|
2. Konjungsi
|
|
|
3. Pernyataan Persuasif
|
|
|
4. Kata Teknis
|
|
|
5. Gambaran Benda/Alat
|
|
|
1.
Partikel -lah
|
|
|
2.
Kalimat Imperatif
|
|
|
3.
Kalimat Deklaratif
|
|
|
4.
Kalimat Interogatif
|
|
|
Slot Machines: Rules & Strategies for Casino | DrmCD
ReplyDeleteIn 광명 출장안마 casinos, all players 익산 출장마사지 have two options: the 구리 출장마사지 player to 제주 출장샵 either win or to push the 수원 출장샵 casino. The dealer's hands are either red or black. So, if the dealer's hand