Friday 6 December 2019

RPP K-13 BAHASA INDONESIA Kelas XI SMA KD 3.2 dan 4.2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                      : SMA …………………..
Mata pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        : XI/1
Materi Pokok            : Teks Prosedur
Alokasi Waktu          : 8 X 45 menit (4 pertemuan)


A.      KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong- royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyajikan secara efektif, kreatif, produktig, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.2  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
3.2.1      Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks prosedur.
3.2.2      Siswa mampu menentukan aspek kebahasaan teks prosedur.

4.2.1        Siswa mampu menyusun rancangan garis besar teks prosedur.
4.2.2        Siswa mampu menulis teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan yang tepat.

C.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, model pembelajaran Discovery Learning dan Kooperatif Learning Tipe Two Stay Two Stray, peserta didik dapat menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dan mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan strukur dan kebahasaan yang tepat serta mempresentasikan hasilnya di depan kelas dengan rasa ingin tahu, bertanggung jawab dan disiplin selama proses pembelajaran, memiliki sifat responsif dan proaktif, mampu berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
1.  Fakta                           : Teks prosedur
2.  Konsep                        : Pengertian teks prosedur
3.  Prinsip                         : Struktur dan kebahasaan dalam teks prosedur
4.  Prosedur                      : Langkah-langkah menyusun teks prosedur

E.       METODE
1.         Pendekatan   : Saintifik
2.         Model           : Discovery Learning, Kooperatif Learning Tipe Two Stay Two Stray
3.         Metode         : Diskusi kelompok, tanya jawab, ceramah, penugasan


F.        MEDIA, ALAT, DAN BAHAN BELAJAR
1.         Media            : Salindia, lembar kerja, gambar
2.         Alat               : Laptop, proyektor LCD.
3.         Bahan            : Teks prosedur Kiat Menata Rambut Pendek dan Cara Membuat
  Getuk Trio Khas Magelang
G.      SUMBER BELAJAR
1.      Suherli, Maman Suryaman, Aji Septiaji, Istiqomah. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2.         Suherli, Maman Suryaman, Aji Septiaji, Istiqomah. 2017.  Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.         Sobandi. 2016. Mandiri Bahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4.         Dewi Indrawati. 2016. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 1 (Kurikulum 2013). Sukoharjo: Graha Printama Selaras.


H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke- 1 dan 2
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.2.1        Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks prosedur
3.2.2        Siswa mampu menentukan aspek kebahasaan teks prosedur

Tahap
(Sintaks)
Langkah – Langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
PENDAHULUAN

Orientasi
1.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, seperti doa dan cek kehadiran.
2.      Peserta didik berdoa sebelum memulai pembelajaran.

Apersepsi
3.      Guru memberikan apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengkaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4.      Peserta didik merespon apersepsi dari guru.

Motivasi
5.      Guru memberikan motivasi belajar pada peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari dengan memberi contoh.

Pemberian Acuan
6.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan di capai,
7.      Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
10 menit
KEGIATAN INTI
Memberikan stimulus
1.    Guru memberikan stimulus kepada peserta didik berupa teks prosedur kompleks dan teks prosedur sederhana.
2.    Peserta didik diminta membaca dan memberikan pertanyaan atau tanggapan terkait teks tersebut.
70 menit


Mengidentifikasi masalah
3.    Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang.
4.   Secara berkelompok peserta didik diminta mengidentifikasi permasalahan berupa struktur dan dilanjutkan dengan aspek kebahasaan dalam teks prosedur yang dibacanya.
Mengumpulkan data
5.   Guru membimbing peserta didik untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan struktur dan dilanjutkan dengan aspek kebahasaan dalam teks prosedur.
Mengolah data
6.     Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk mengolah data berupa struktur dalam teks prosedur dan dilanjutkan dengan aspek kebahsaan dalam teks tersebut.
7.     Guru memfasilitasi peserta didik dengan memberikan lembar kerja dan spidol warna untuk menuliskan hasil diskusi tentang analisis struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur.
8.     Guru memonitor kegiatan diskusi kelompok yang dilakukan peserta didik, sekaligus melakukan observasi untuk pengambilan penilaian sikap peserta didik selama mengikuti diskusi
Memverifikasi
9.     Peserta didik mengecek kebenaran hasil pengolahan data dengan mencari sumber yang relevan.
10. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya. Secara bergantian dua orang anggota meninggalkan kelompoknya dan berkunjung ke kelompok lain untuk memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan kelompok itu.
11. Dua orang anggota yang tinggal di kelompoknya bertugas untuk   mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya kepada kelompok lain.
12. Guru melakukan penilaian kelompok melalui hasil penugasan kelompok menganalisis struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur.
Menyimpulkan
13.  Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi struktur dan aspek kebahasaan dalam teks prosedur yang dipelajari.

PENUTUP

1.      Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran.
2.      Guru melakukan penilaian tertulis berupa tes objektif dan uraian mengenai struktur dan aspek kebahasaan dalam teks prosedur.
3.      Guru melakukan tindak lanjut, dengan cara memberikan tugas individu kepada peserta didik untuk menganalisis struktur dan aspek kebahasaan dalam teks prosedur yang bersumber dari buku, majalah, surat kabar atau internet.
4.      Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.      Guru menutup kegiatan pembelajaran
10 menit

Pertemuan ke-3 dan 4
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
4.2.1        Siswa mampu menyusun rancangan garis besar teks prosedur.
4.2.2        Siswa mampu menulis teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan yang tepat

Tahap
(Sintaks)
Langkah – Langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
PENDAHULUAN

Orientasi
1.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, seperti doa dan cek kehadiran.
2.      Peserta didik berdoa sebelum memulai pembelajaran.

Apersepsi
3.      Guru memberikan apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengkaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4.      Peserta didik merespon apersepsi dari guru.

Motivasi
5.      Guru memberikan motivasi belajar pada peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari dengan memberi contoh.

Pemberian Acuan
6.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan di capai.
7.      Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
10 menit
KEGIATAN INTI
Memberikan stimulus
1.    Guru memberikan stimulus kepada peserta didik berupa gambar melakukan atau membuat sesuatu.
2.    Peserta didik diminta mengamati dan memberikan pertanyaan atau tanggapan terkait gambar tersebut.
70 menit


Mengidentifikasi masalah
3.   Peserta didik diminta mengidentifikasi permasalahan berupa menentukan topik dan menyusun rancangan garis besar (kerangka) teks prosedur berdasarkan topik tersebut.
Mengumpulkan data
4.   Guru membimbing peserta didik untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan penyusunan rancangan garis besar (kerangka) teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan yang tepat
Mengolah data
5.     Peserta didik mengolah data dan menulis rancangan garis besar (kerangka) teks prosedur.
6.     Guru memonitor dan memfasilitasi kegiatan peserta didik.
Memverifikasi
7.     Peserta didik mengecek kebenaran hasil pengolahan data dengan mencari sumber yang relevan.
8.     Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya berupa rancangan garis besar (kerangka) teks prosedur.
9.     Guru melakukan penilaian dari presentasi yang dilakukan peserta didik.
Menyimpulkan
10.    Guru bersama peserta didik diminta untuk menyimpulkan materi penyusunan teks prosedur yang dipelajari.

PENUTUP

1.      Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran.
2.      Guru melakukan penilaian penugasan berupa membuat rancangan garis besar (kerangka) teks prosedur.
3.      Guru melakukan tindak lanjut, dengan cara memberikan proyek kepada peserta didik untuk membuat video berisi teks prosedur. Kemudian video tersebut diunggah di situs youtube.
4.      Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.      Guru menutup kegiatan pembelajaran
10 menit

I.          PENILAIAN
1.         Jenis Penilaian
a.         Penilaian Sikap
§   Teknik                     : observasi, penilaian diri, dan penilaian antarteman
§   Bentuk instrumen    : jurnal
b.        Penilaian Pengetahuan
§   Teknik                     : tes tulis / penugasan kelompok/remidial/pengayaan
§   Bentuk instrumen    : soal pilihan ganda dan uraian          
c.         Penilaian Keterampilan
§   Teknik                     : praktik/ penugasan/proyek
§   Bentuk instrumen    : rubrik penilaian praktik, rubrik proyek
2.         Remidial
a.         Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD-nya belum tuntas.
b.        Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.         Tes remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tersebut remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas.
3.         Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.         Peserta didik yang mencapai nilai sama KKM diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan dalam bentuk penugasan
b.        Peserta didik yang mencapai nilai melampaui KKM diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan dalam bentuk penugasan
                                                                                       Magelang,      Agustus 2019    
     Mengetahui,          
Kepala Sekolah,




 Guru Mata Pelajaran,



…………………………..
……………………………..
NIP ………………………….
NIP ………………………

LAMPIRAN-LAMPIRAN

A.      BAHAN AJAR
Contoh Teks Prosedur

Teks 1
Kiat Menata Rambut Pendek
Gaya rambut bob pendek kini mulai disukai lagi. Meski terlihat sederhana, untuk gaya rambut seperti itu juga diperlukan perawatan yang benar. Ada beberapa langkah dan cara yang harus kamu lakukan untuk merawat rambut pendek dengan baik, yaitu sebagai berikut.
1. Keringkan dengan Handuk
Banyak orang yang mengeringkan rambut pendeknya dengan cara mengacak-acaknya dengan handuk agar air cepat meresap. Padahal cara ini bisa membuat rambut mudah patah. Keringkan rambut sambil dipijat perlahan.
2.            Gunakan Produk Styling
Gunakan produk styling dan perawatan rambut seperti serum untuk menyehatkan akar rambut. Produk perawatan rambut yang alami akan membuat rambut kamu terlihat bersinar dan indah. Rambut juga tampak halus dan memberikan extra glow. Pastikan menggunakannya di batang rambut.
3.            Blow dry dari Akar Rambut Terlebih Dahulu
Saat akan melakukan blow dry pada rambut pendek kamu, pastikan memulainya dari akar rambut. Gunakan sisir sikat bulat dan pengering rambut, lalu arahkan hair dryer ke bagian akar. Gunakan sisir dengan ukuran yang benar karena sikat yang lebih besar akan memberikan sedikit kurva ke gaya rambut bob kamu.
4.            Tambahkan kesan bervolume (terisi penuh)
Kembangkan dan blow dry rambut bagian depan untuk mendapatkan kesan bervolume. Dengan begitu, rambut kamu akan terlihat terisi penuh.

(Sumber: Surat Kabar Kompas dengan pengubahan)












Teks 2
Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang
Banyak sekali kudapan tradisional Indonesia yang berbahan dasar singkong. Salah satunya adalah getuk trio khas Magelang, Jawa Tengah. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.
Tahukah kalian cara membuat getuk trio khas Magelang? Jika belum, berikut adalah bahan dan langkah-langkah membuatnya.
Bahan
Bahan Taburan
1 kg singkong
150 gr kelapa parut kasar
200 gr kelapa parut kukus 5 menit
¼ sdt garam
125 gr gula pasir
1 lbr daun pandan
4 sdm skm
1 sdt garam
½ sdt vanili
30 gr margarin
¼ sdt cokelat pasta
4 tetes pewarna makanan (merah muda)
Cara Membuat:
1.       Kukuslah singkong sampai matang. Lalu tumbuk sampai halus. Alangkah lebih baik jika singkong ditumbuk selagi masih panas agar lebih mudah.
2.       Tambahkan gula pasir, garam, vanili, kelapa parut, skm dan margarin, aduk rata.
3.       Bagi adonan menjadi tiga bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda, satu bagian tambahkan cokelat pasta, dan sisanya biarkan berwarna putih.
4.       Ambillah masing-masing adonan dari ketiga bagian, pipihkan di  Loyang berukuran 18 X 20 cm yang telah dialasi plastic. Pipihkan secara berurutan dari yang berwarna merah muda, putih, dan cokelat. Pipihkan dan padatkan.
5.       Kemudian keluarkan ketiga adonan yang telah disusun dari loyang, potong-potong, dan sajikan dengan ditaburi parutan kelapa.

Sangat mudah bukan, semoga dengan langkah-langkah di atas dapat membantu kalian dalam membuat getuk trio yang rasanya tak kalah enak dengan yang dijual maupun diolah oleh para ahli.



Materi Teks Prosedur
a.         Pengertian Teks Prosedur
Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik.
b.        Jenis-Jenis Teks Prosedur
1)      Teks Prosedur Sederhana, merupakan teks prosedur yang hanya terdiri atas beberapa langkah saja (terbatas). Biasanya dalam teks prosedur jenis ini tidak memuat penegasan ulang. Contoh teks prosedur sederhana yaitu prosedur untuk mengoperasikan setrika.
2)      Teks Prosedur Kompleks, merupakan teks prosedur yang terdiri atas banyak langkah (ada jenjang untuk setiap langkahnya). Biasanya teks prosedur jenis ini dilengkapi dengan penegasan ulang. Contoh teks prosedur kompleks yaitu prosedur pembuatan e-KTP.
3)      Teks Prosedur Protokol, merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Contoh teks prosedur protocol yaitu prosedur menyalakan computer.
c.         Struktur Teks Prosedur
1)        Tujuan, yaitu pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.
2)        Langkah-langkah, yaitu perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan.
3)        Penegasan ulang, yaitu harapan/manfaat apabila petunjuk-petunjuk tersebut dijalankan dengan baik.
d.        Aspek Kebahasaan Teks Prosedur
1)        Menggunakan kata kerja (verba)
Verba dapat dibentuk oleh imbuhan me-, me-kan, me-i, ber-, di-, di-kan, dan di-i
·         Verba material, yaitu jenis verba yang mengacu pada tindakan fisik, misalnya menggoreng, mengiris, mengadukmengangkat, menulis, menyetrika.
Contoh:
Kita perlu mengaduk bahan-bahan sampai rata.
·         Verba tingkah laku, yaituverba yang mengacu pada sikap yang dinyatakandengan ungkapan verbal (bukan tindakan fisik), misalnya menyetujui, menolak, memahami.
Contoh:
Kita akan merasakan kelezatan bumbu-bumbu tersebut.
2)        Menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topic yang dibahasnya.
Contoh:
Prosedur menghidupkan computer: Kata teknis à computer, CPU, power, tekan, klik.
3)        Menggunakan kalimat interogatif atau kalimat tanya.
Contoh:
Tahukah kalian makanan khas Magelang?
4)        Menggunakan kalimat deklaratif, yaitu kalimat yang berisi pernyataan (berita atau informasi).
Contoh:
Getuk trio adalah salah satu makanan khas Magelang yang berbahan dasar singkong.
5)        Menggunakan kalimat imperative, yaitu kalimat perintah.
Contoh:
Tambahkan gula, garam, dan vanili.
Kukuslah sampai matang.
6)        Banyak menggunakan konjungsi temporal yang menyatakan ‘urutan waktu’, misalnya setelah itu, lalu, kemudian, sebelum, sesudah itu, selanjutnya
Selain konjungsi, tahapan kerja atau urutan kerja dapat menggunakan kata bilangan, seperti tahap pertama, tahap kedua, tahap ketiga, tahap keempat, tahap kelima, dan seterusnya.
7)        Banyak menggunakan partikel -lah
Contoh:
Tambahkanlah penyedap rasa secukupnya.
Jauhkanlah dari jangkauan anak-anak.
8)        Menggunakan pernyataan persuasif, ditandai dengan kata-kata hendaklah, sebaiknya, diharapkan, harus, perlu.
Contoh:
Sebaiknya, gunakanlah tepung berprotein sedang.
Alangkah lebih baik jika minuman ini disajikan dingin.
9)        Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
Contoh:
Gunakan loyang berukuran 20 cm x 18 cm
e.       Langkah-langkah penyusunan teks prosedur
1)      Menentukan Topik/Judul, tentukanlah kegiatan apa yang akan kamu selesaiakan, misalnya cara membuat KTP, cara membuat SIM, cara membuat tempe, dll.
2)      Membuat Pernyataan Umum, tulislah tujuan dan materi yang akan disampaikan dalam teks prosedur.
3)      Menyusun Langkah-langkah, tulislah langkah-langkah yang harus dilakukan berdasarkan topik/judul yang kamu pilih.
4)      Menyusun penegasan ulang (simpulan)
5)      Menyusun kerangka teks prosedur
6)      Mengembangkan kerangka menjadi teks prosedur yang utuh berdasarkan struktur dan kebahasaan yang tepat.
7)      Menyunting teks prosedur yang telah jadi.

B.     INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
1.   Observasi
Nama Satuan pendidikan        : SMA …………………..
Tahun Pelajaran                      : 2019/2020
Kelas/Semester                        : XI/1
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
No
Tanggal
Nama
Kejadian/
Perilaku
Butir Sikap
Positif/
Negatif
Tindak Lanjut
1






2






3







2.    Penilaian Diri
Nama               :
Kelas               :
No
Pernyataan
Skor
Keterangan
Komentar
1
2
3
4
5
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.







2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara






3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.






4
Saya mampu berinteraksi dengan baik dengan teman-teman.






5
Saya menghargai perbedaan dalam kelompok






Jumlah Skor






Total Skor


Keterangan: 1 = tidak baik, 2 = kurang baik, 3 = cukup baik, 4 = baik, 5 = sangat baik
3.    Penilaian Antarteman
Hari, Tanggal                           :
Nama siswa yang dinilai         :
Nama siswa yang menilai        :
No
Pernyataan
Skor
Keterangan
Komentar
1
2
3
4
5
1
Mau menerima pendapat teman.







2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.






3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.






4
Marah saat diberi kritik






5
Peduli terhadap lingkungan social






Jumlah Skor







Total Skor



Keterangan: 1 = tidak baik, 2 = kurang baik, 3 = cukup baik, 4 = baik, 5 = sangat baik





















C.  INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
a.       Kisi-Kisi Soal
1.      Tes Objektif dan Uraian
Kompetensi Dasar
IPK
Indikator Soal
Bentuk Soal
Level Kognitif
No. Soal
3.2  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
3.2.1     Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks prosedur
Disajikan sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis struktur teks tersebut.
Pilihan Ganda dan
Uraian
L3
Pilihan Ganda:
2, 4, 7, 8, 9

Uraian:
1, 2, 3
3.2.2     Siswa mampu menentukan aspek kebahasaan teks prosedur

Disajikan sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis aspek kebahasaan daam teks tersebut.
Pilihan Ganda dan Uraian
L3
Pilihan Ganda:
1, 3, 5, 6, 10

Uraian:
4, 5

2.      Kisi-Kisi Soal Remidi
Kompetensi Dasar
IPK
Indikator Soal
Bentuk Soal
Level Kognitif
No. Soal
3.2  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
3.2.1    Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks prosedur
Disajikan sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis struktur teks tersebut.
Uraian
L3
1, 3, 5
3.2.2   Siswa mampu menentukan aspek kebahasaan teks prosedur

Disajikan sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis aspek kebahasaan daam teks tersebut.
Uraian
L3
3, 4

3.      Kisi-kisi Soal Pengayaan
Kompetensi Dasar
IPK
Indikator Soal
Bentuk Soal
Level Kognitif
No. Soal
3.2  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
3.2.1        Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks prosedur
Disajikan sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis struktur teks tersebut.
Uraian
L3
2, 3
3.2.2        Siswa mampu menentukan aspek kebahasaan teks prosedur

Disajikan sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis aspek kebahasaan daam teks tersebut.
Uraian
L3
1, 4, 5

4.      Kisi-Kisi Tugas Kelompok
Kompetensi Dasar
IPK
Indikator Soal
Bentuk Soal
Level Kognitif
No. Soal
3.2  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
3.2.1        Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks prosedur
Disajikan sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis struktur teks tersebut.
Uraian
L3
1, 2
3.2.2        Siswa mampu menentukan aspek kebahasaan teks prosedur

Disajikan sebuah teks prosedur, peserta didik diminta menganalisis aspek kebahasaan daam teks tersebut.
Uraian
L3
3
b.      Rumusan Butir Soal



SOAL UJI KOMPETENSI
Nama Sekolah               : SMA………………
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Bentuk Soal/Tes            : Pilihan Ganda
Alokasi Waktu              : 60 Menit
Hari/Tanggal                 :
Petunjuk Umum
1.      Tulislah identitasmu di pojok kanan atas.
2.      Berdoalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal.
3.      Periksa dan bacalah soal-soal dengan saksama.
4.      Kerjakan terlebih dahulu soal yang kamu anggap mudah dengan menggunakan pulpen atau ballpoint yang bertinta hitam/biru.
5.      Laporkan kepada pengawas jika terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang.
6.      Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada pengawas.
A.  Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang benar!

1.    Bacalah petunjuk kerja yang tidak logis berikut ini!
Masukkan pakaian yang kotor ke dalam mesin cuci. Tekan tombol on untuk mengaktifkan mesin cuci. Aturlah waktu sesuai dengan ketentuan. Bilas sampai bersih, kemudian keringkan.
 




Perbaikan petunjuk kerja yang logis di atas yang tepat adalah ….
a.       Masukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Tekan tombol on untuk mengaktifkan mesin cuci. Aturlah waktu sesuai dengan ketentuan. Bilas sampai bersih, kemudian keringkan. Pakaian siap untuk dijemur.
b.      Masukkan pakaian yang kotor ke dalam mesin cuci yang sudah diisi air dan detergen secukupnya. Tekan tombol on untuk mengaktifkan mesin cuci. Aturlah waktu sesuai dengan ketentuan. Bilas sampai bersih, kemudian keringkan.
c.       Masukkan pakaian yang kotor ke dalam mesin cuci. Tekan tombol on untuk mengaktifkan mesin cuci. Aturlah waktu sesuai dengan ketentuan. Masukkan air bersih untuk membilas. Bila sudah bersih, pakaian siap untuk dijemur.
d.      Masukkan pakaian yang kotor ke dalam mesin cuci. Tekan tombol on untuk mengaktifkan mesin cuci. Aturlah waktu sesuai dengan ketentuan. Bilas sampai bersih menggunakan air sabun, kemudian keringkan.
e.       Masukkan pakaian yang kotor ke dalam mesin cuci. Tekan tombol on untuk mengaktifkan mesin cuci. Aturlah waktu sesuai dengan ketentuan. Isilah air yang bersih untuk membilas. Tiriskan sebentar. Pakaian siap untuk dijemur.

Perhatikan langkah-langkah berikut!
(1)   Terakhir, masukkan keju parut, aduk rata kembali.
(2)   Setelah adonan telur selesai, masukkan terigu sedikit demi sedikit. Aduk dengan spatula sampai rata.
(3)   Pertama, kocok telur dan gula pasir hingga gula larut dan telur mengembang.
(4)   Setelah adonan teraduk rata semua, tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan.
(5)   Lalu, masukkan mentega cair ke dalam adonan terigu, aduk rata dengan spatula.

2.        Susunan prosedur yang benar adalah ….
a.       (3)-(2)-(5)-(1)-(4)
b.       (5)-(1)-(4)-(3)-(2)
c.       (2)-(3)-(5)-(4)-(1)
d.      (4)-(3)-(2)-(5)-(1)
e.       (1)-(2)-(3)-(4)-(5)

3.      Cara Membuat Botol Kaca
(1)   Botol kaca dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu.
(2)   Ketiga bahan tersebut dicampur secara proporsional, kadang-kadang pecahan kaca ditambahkan.
(3)   Kemudian campuran itu dipanaskan dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi.
(4)   Lalu adonan diproduksi.
(5)   Setelah itu, campuran adonan dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
(6)   Selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, panaskan lagi lalu didinginkan.
(7)   Gunakan botol tersebut sesuai dengan keperluannya.
Kalimat imperatif (perintah) terdapat pada ….
a.       (1) dan (2)
b.      (2) dan (4)
c.       (3) dan (4)
d.      (4) dan (5)
e.       (6) dan (7)
Perhatikan pernyataan berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Setelah mengisi data pada kolom, langkah terakhir tekan tombol cetak untuk mencetak kartu peserta! Sebelumnya, pastikan mesin pencetak terkoneksi dengan computer!

4.      Pada struktur teks prosedur, pernyataan tersebut merupakan bagian … .
a.         judul
b.         bahan
c.         tujuan
d.         langkah-langkah
e.         penegasan ulang

5.      Kata ‘terkoneksi’ pada pernyataan tersebut berarti ….
a.    terlihat
b.    terkena
c.    terdapat
d.    tertabrak
e.    terhubung

6.      Cermati paragraf berikut!
Campur semua bahan hingga merata dan simpan dalam bejana kaca yang tertutup rapat. […] ambillah 1/5 bagian scrub. Kemudian masukkan ke dalam sebuah mangkuk dangkal, campur bahan dengan minyak almond sampai menjadi semacam pasta. Oleskan scrub tadi di seluruh tubuh sambal dipijit dengan lembut. Berikan perhatian khusus pada area kulit kering […] keras seperti siku, lutut, dan tumit. Bersihkan sisa-sisa scrub [….] berendam atau menyiram.

Kata penghubung ang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah … .
                 a.      setelah itu, dan, sebelum
                 b.      sementara itu, atau sehingga
                 c.      selain itu, serta, jika
                 d.      sebab itu, atau, supaya
                 e.      karena itu, juga, bila

7.      Tanaman selada sebenarnya tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan, pada saat menyimpan sebaiknya di tempat yang dingin. Caranya tempat itu ditaburi butiran atau remukan es. Pernyataan dari kutipan teks prosedur tersebut adalah ….
a.         pengelompokan
b.         penyimpanan
c.         pembersihan
d.         pengemasan
e.         pemasaran
Perhatikan teks prosedur berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
Cara Membuat Es Buah Segar Praktis
(1)   Buah dipotong atau dibentuk menurut selera
(2)   Campurkan semua bahan kecuali air soda, simpandalam kulkas agar lebih segar.
(3)   Tambahkan air soda sebelum disajikan.
(4)   Beri juga potongan es batu! Tuangkan dalam mangkuk atau gelas saji.
(5)    ….

8.      Hal yang kurang jelas pada bagian langkah-langkah teks prosedur tersebut adalah…
a.       Penggunaan bahan yang kurang jelas.
b.      Urutan langkah yang tidak sesuai.
c.       Langkah yang kurang tepat.
d.      Tujuan yang kurang tepat.
9.      Tujuan yang terlalu dangkal.angkah yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut adalah…
a.       Tambahkan bumbu penyedap!
b.      Panaskan air hingga mendidih!
c.       Sajikan segera sebelum es mencair!
d.      Setelah mendidih, masukkan adonan!
e.       Masukkan dalam kulkas supaya menjadi dingin!

10.  Masukkan nomor kode yang terdapat di balik kuitansi pembayaran di bank!
Kalimat tersebut termasuk kalimat … .
a.       konfirmatif
b.      interogatif
c.       deklaratif
d.      klarifikasi
e.       imperatif

B.     Jawablah pertanyaan-pentanyaan berikut dengan jawaban yang jelas!
Bacalah teks prosedur berikut!
Cara Menghidupkan Komputer
Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer, kita harus mengikuti setiap prosedur bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Untuk menghidupkan komputer dengan benar, ikutilah langkah-langkah berikut.
1. Buka penutup layar monitor, CPU, keyboard dan printer.
2. Pastikan sakelar yang menyediakan arus listrik terhubungkan dengan kabel power
ke stabilizer atau CPU komputer.
3. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
4. Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
5. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.
(Sumber: ilmusiana.com)
Setelah membaca teks prosedur di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.    Jelaskanlah struktur pembentuk teks prosedur secara jelas!
2.    Analisislah struktur teks prosedur di atas!
3.    Simpulkan teks tersebut berdasarkan kelengkapan strukturnya!
4.    Jelaskan aspek kebahasaan dalam teks prosedur secara jelas!
5.    Analislah aspek kebahasaan dalam teks prosedur di atas!

C.    Remidi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1.      Jelaskan perbedaan struktur teks prosedur sederhana dengan teks prosedur kompleks!
Jawab: ……………………………………………………………………………………
2.      Sebutkan struktur sebuah teks prosedur!
Jawab: ……………………………………………………………………………………
3.      Apa yang dimaksud konjungsi temporal?
Jawab: ……………………………………………………………………………………
4.      Buatlah contoh kalimat persuasif!
Jawab: ……………………………………………………………………………………
5.      Tulislah contoh teks prosedur penggunaan alat dengan struktur yang tepat!
Jawab: ……………………………………………………………………………………








D.    Pengayaan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1.      Buatlah contoh kalimat imperatif!
Jawab: …………………………………………………………………………………
2.      Apa isi bagian tujuan dalam teks prosedur? Berikan contohnya!
Jawab: …………………………………………………………………………………
3.      Apa isi bagian langkah-langkah dalam teks prosedur?Berikan contohnya!
Jawab: …………………………………………………………………………………
4.      Perlukah kita menggunakan KBBI dan EYD dalam merevisi teks prosedur? Jelaskan alasannya!
Jawab: …………………………………………………………………………………
5.      Buatlah teks prosedur sederhana dengan struktur dan kebahasaan yang tepat!
Jawab: …………………………………………………………………………………

E.          Tugas Kelompok
Bacalah teks prosedur berjudul Kiat Menata Rambut Pendek (kelompok genap) dan Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang (kelompok ganjil) jawablah pertanyaan di bawahnya!
1.      Analisislah struktur teks prosedur tersebut!
2.      Simpulkan teks prosedur tersebut dengan bahasamu sendiri!
3.      Analisislah aspek kebahasaan dalam teks tersebut!\

a.      Pedoman Penskoran dan Penilaian Tes Objektif
Pedoman Penskoran
·      Pilihan Ganda
Setiap soal yang benar diberi skor 1, sedangkan soal yang slah diberi skor 0
·      Uraian
No Soal
Deskripsi
Skor
Skor Maksimal
1
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

20
2
a.       Analisis struktur teks prosedur lengkap dan tepat
b.      Analisis struktur teks prosedur sebagian tepat
c.       Analisis struktur teks prosedur separuhnya tepat
d.      Analisis struktur teks prosedur

30
3
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

10
4
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

10
5
a.       Analisis aspek kebahasaan teks prosedur lengkap dan tepat
b.      Analisis aspek kebahasaan teks prosedur sebagian tepat
c.       Analisis aspek kebahasaan teks prosedur separuhnya tepat
d.      Analisis aspek kebahasaan teks prosedur

30
Jumlah


100
   
Pedoman penilaian
    Pilihan ganda à Nilai = jumlah benar x 10
Uraian à Nilai =  x 100%

e.       Pedoman Penskoran dan Penilaian Remidial
Pedoman Penskoran
No Soal
Deskripsi
Skor
Skor Maksimal
1
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

20
2
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

10
3
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

20
4
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

20
5
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat


30
Pedoman Penilaian

Nilai =  x 100%

f.        Pedoman Penskoran dan Penilaian Pengayaan
Pedoman Penskoran
No Soal
Deskripsi
Skor
Skor Maksimal
1
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

20
2
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

10
3
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

20
4
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

20
5
a.       Jawaban tepat dan lengkap
b.      Sebagian jawaban benar
c.       Separuh jawaban benar
d.      Sebagian kecil saja jawaban yang tepat

30

Pedoman Penilaian

Nilai =  x 100%

g.      Pedoman Penskoran dan Penilaian Tugas Kelompok
Aspek
Bobot
Skor
Komentar
Kelengkapan bagian-bagian
25


Kejelasan dalam penyampaian
25


Keefektifan kalimat
25


Ketepatan ejaan/tanda baca
25


Jumlah
100



Nilai  =   x 100%

D.    INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
1.      Perencanaan penilaian keterampilan
IPK
Indikator Soal
Rencana Penilaian
Teknik
Waktu Pelaksanaan
4.2      Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan strukur dan kebahasaan.
4.2.1        Siswa mampu menyusun rancangan garis besar teks prosedur.

Siswa diminta menyusun rancangan garis besar teks prosedur.

Penugasan
Saat jam pelajaran berlangsung
4.2.2        Siswa mampu menulis teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
Siswa diminta menulis teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
Proyek
Agustus 2019

Bentuk Soal Penugasan:

Tugas 1
Carilah sebuah topik yang dapat dikembangkan menjadi teks prosedur, kemudian kembangkanlah topik tersebut menjadi rancangan garis besar teks prosedur!

Tugas 2
Buatlah video berisi teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan yang benar!



2.      Rubrik Penilaian Keterampilan, Pedoman Penskoran, dan Penilaian
a.         Rubrik penilaian keterampilan
Tahapan
Aspek yang dinilai
Skor
Perencanaan
1.      Membentuk kelompok
2.      Menentukan tema
3.      Mencari referensi yang relevan

Pelaksanaan
1.      Membuat rancangan garis besar teks prosedur
2.      Membuat video teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan

Hasil
1.      Rancangan garis besar teks prosedur dalam bentuk tulisan
2.      Video teks prosedur

b.      Pedoman penskoran
Skor
Kriteria
5
Sangat baik
4
Baik
3
Sedang
2
Kurang baik
1
Tidak baik
c.       Pedoman penilaian
Nilai =  x 100%

3.      Rubrik Penilaian Presentasi
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Rerata Nilai
Menjelaskan
Memvisualkan
Merespon












Keterangan nilai:
·           80 – 90 : cukup mampu menjelaskan, memvisualisasikan, dan merespon.
·           91 – 100 : mampu menjelaskan, memvisualisasikan, dan merespon.
Keterangan keterampilan:
·           Menjelaskan: kemampuan menyampiakan hasil kerja secara menyeluruh.
·           Memvisualisasikan:  kemampuan mengemas informasi seunik dan semenarik mungkin.
·           Merespon: kemampuan menyampiakn tanggapan atas pertanyaan, bantahan, dan sanggahan dari pihak lain secara empatik.

E.     LEMBAR KERJA SISWA
Judul Teks                              : .......
Sumber                                  : .......

Aspek
Pembahasan

Struktur
1. Tujuan

2. Langkah-langkah

3. Penegasan Kembali

Simpulan





LEMBAR KEGIATAN SISWA 2
Judul Teks                              : .......
Sumber                                  : .......

Aspek Kebahasaan
Pembahasan
1. Kata Kerja

2. Konjungsi

3. Pernyataan Persuasif

4. Kata Teknis

5. Gambaran Benda/Alat

1.     Partikel -lah

2.     Kalimat Imperatif

3.     Kalimat Deklaratif

4.     Kalimat Interogatif



1 comment:

  1. Slot Machines: Rules & Strategies for Casino | DrmCD
    In 광명 출장안마 casinos, all players 익산 출장마사지 have two options: the 구리 출장마사지 player to 제주 출장샵 either win or to push the 수원 출장샵 casino. The dealer's hands are either red or black. So, if the dealer's hand

    ReplyDelete