Sekolah : SMA ……………….
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : XI/1
Materi
Pokok : Teks Eksplanasi
Alokasi
Waktu : 4 X 45 menit (2
pertemuan)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong- royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks berdasarkan rasa ingin
tahu tentang ilmu pengetahuan, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyajikan secara efektif, kreatif,
produktig, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI (IPK)
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi dalam teks eksplanasi lisan dan tulis.
|
3.3.1 Siswa
mampu mengidentifikasi informasi berupa pengetahuan dari teks eksplanasi yang
didengar atau dibaca.
3.3.2 Siswa
mampu mengidentifikasi informasi berupa urutan kejadian dari teks eksplanasi
yang didengar atau dibaca.
3.3.3 Siswa
mampu menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
4.3.1
Siswa mampu menuliskan
kembali pernyataan umum dalam teks eksplanasi.
4.3.2
Siswa mampu menuliskan
kembali deretan penjelas dalam teks eksplanasi.
4.3.3
Siswa mampu menuliskan
kembali interpretasi/isi dalam teks eksplanasi.
4.3.4
Siswa mampu menyajikan
teks eksplanasi.
4.3.5
Siswa mampu
mengomentari teks eksplanasi.
4.3.6
Siswa mampu
menyimpulkan teks eksplanasi.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran Discovery
Learning dan Cooperative Learning, peserta didik dapat mengidentifikasi
informasi dalam teks eksplanasi lisan maupun tulis dan mengontruksi informasi
dalam teks eksplanasi. serta
mempresentasikan hasilnya di depan kelas dengan rasa ingin tahu, bertanggung
jawab dan disiplin selama proses pembelajaran, memiliki sifat responsif dan
proaktif, mampu berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Fakta :
Teks eksplanasi
2. Konsep :
Pengertian teks eksplanasi
3. Prinsip :
Isi dan ciri teks eksplanasi
4. Prosedur :
Langkah-langkah menyusun bagian pokok teks eksplanasi
E. METODE
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model : Discovery Learning, Cooperative
Learning
3.
Metode : Diskusi kelompok, tanya jawab,
ceramah, penugasan
F.
MEDIA, ALAT, DAN BAHAN
BELAJAR
1.
Media : Salindia, lembar penilaian, lembar
kerja, gambar.
2.
Alat : Laptop, proyektor LCD.
3.
Bahan : Teks eksplanasi
G. SUMBER
BELAJAR
1. Suherli, Maman Suryaman, Aji Septiaji, Istiqomah.
2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2.
Suherli,
Maman Suryaman, Aji Septiaji, Istiqomah. 2017. Buku
Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.
Sobandi. 2016. Mandiri
Bahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4.
Dewi Indrawati.
2016. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 1 (Kurikulum
2013). Sukoharjo: Graha Printama Selaras.
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke- 1
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI (IPK)
|
3.3.1
Siswa mampu mengidentifikasi
informasi berupa pengetahuan dari teks eksplanasi yang didengar atau dibaca.
3.3.2
Siswa mampu
mengidentifikasi informasi berupa urutan kejadian dari teks eksplanasi yang
didengar atau dibaca.
3.3.3
Siswa mampu menemukan
makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
Tahap
(Sintaks)
|
Langkah – Langkah
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
||
|
Orientasi
1. Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti kegiatan
pembelajaran, seperti doa dan cek kehadiran.
2. Peserta
didik berdoa sebelum memulai pembelajaran.
Apersepsi
3. Guru
memberikan apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengkaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4. Peserta
didik merespon apersepsi dari guru.
Motivasi
5. Guru
memberikan motivasi belajar pada peserta didik secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari dengan memberi
contoh.
Pemberian
Acuan
6. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan di capai,
7. Guru
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 menit
|
KEGIATAN INTI
|
||
Memberikan stimulus
|
1. Guru
memberikan stimulus kepada peserta didik berupa gambar tentang fenomena alam
(tsunami, gunung meletus, dan hujan), fenomena social (anak jalanan) dan
fenomena budaya (pemotongan rambut gimbal).
2. Peserta
didik peserta didik mengamati gambar tersebut.
3. Guru
memberikan pertanyaan terkait pengertian teks eksplanasi dan isi urutan
kejadian berdasarkan salah satu gambar.
4. Peserta
didik merespon guru dengan menjelaskan pengertian teks eksplanasi dan
menyebutkan isi urutan kejadian berdasarkan gambar.
|
10 menit
|
Mengidentifikasi masalah
|
5. Guru
membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok secara heterogen yang terdiri
atas 4-5 orang.
6. Guru
memberikan teks eksplanasi kepada masing-masing kelompok untuk dianalisis
informasi pengetahuan, urutan kejadian, dan makna yang tersirat dalam teks
eksplanasi tersebut.
7. Secara
berkelompok, peserta didik menganalisis informasi pengetahuan, urutan
kejadian, dan makna yang tersirat dalam teks eksplanasi
8. Guru
memfasilitasi dan memonitor kegiatan peserta didik.
9. Guru
melakukan observasi penilaian sikap.
|
10 menit
|
Mengumpulkan data
|
10. Peserta
didik menganalisis informasi pengetahuan dalam teks eksplanasi.
|
5 menit
|
11. Peserta
didik menganalisis informasi urutan kejadian dalam teks eksplanasi
|
5 menit
|
|
12. Peserta
didik menganalisis simpulan dalam teks eksplanasi
|
5 menit
|
|
Mengolah data
|
13. Peserta
didik menuliskan informasi pengetahuan dalam teks eksplanasi pada kertas yang
disediakan guru.
|
5 menit
|
|
14. Peserta
didik menuliskan informasi urutan kejadian dalam teks eksplanasi pada kertas
yang telah disediakan oleh guru.
|
5 menit
|
|
15. Peserta didik menuliskan makna tersirat
dalam teks eksplanasi pada kertas yang telah disediakan guru.
|
5 menit
|
Memverifikasi
|
16. Peserta
didik dan kelompoknya mempresentasikan hasil karyanya tentang analisis informasi
pengetahuan, urutan kejadian, dan makna tersirat dalam teks eksplanasi.
17. Peserta didik lain memberikan tanggapan
terhadap hasil presentasi.
18. Guru
melakukan penilaian presentasi yang dilakukan masing-masing kelompok.
|
15 menit
|
Menyimpulkan
|
19. Guru
bersama peserta didik menyimpulkan materi tentang informasi pengetahuan, urutan
kejadian dan makna tersirat dalam teks esplanasi yang dipelajari.
|
5 menit
|
PENUTUP
|
||
|
1. Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi untuk mengevaluasi seluruh rangkaian
aktivitas pembelajaran.
2. Guru
melakukan penilaian tertulis berupa tes uraian.
3. Guru
melakukan tindak lanjut, dengan cara memberikan tugas individu kepada peserta
didik untuk mencari sebuah teks eksplanasi dari berbagai sumber, kemudian
peserta didik mengidentifikasi gagasan umum dan fakta penting dalam teks
tersebut.
4. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5. Guru
menutup kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
Pertemuan ke-2
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI (IPK)
|
4.3.1
Siswa mampu menuliskan
kembali pernyataan umum dalam teks eksplanasi.
4.3.2
Siswa mampu menuliskan
kembali deretan penjelas dalam teks eksplanasi.
4.3.3
Siswa mampu menuliskan
kembali interpretasi/isi dalam teks eksplanasi.
4.3.4
Siswa mampu menyajikan
teks eksplanasi.
4.3.5
Siswa mampu mengomentari
teks eksplanasi.
4.3.6
Siswa mampu
menyimpulkan teks eksplanasi.
|
Tahap
(Sintaks)
|
Langkah – Langkah
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
||
|
Orientasi
1. Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran,
seperti doa dan cek kehadiran.
2. Peserta
didik berdoa sebelum memulai pembelajaran.
Apersepsi
3. Guru
memberikan apersepsi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengkaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4. Peserta
didik merespon apersepsi dari guru.
Motivasi
5. Guru
memberikan motivasi belajar pada peserta didik secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari dengan memberi
contoh.
Pemberian
Acuan
6. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan di capai,
7. Guru
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 menit
|
KEGIATAN INTI
|
||
Memberikan stimulus
|
1. Guru
memberikan stimulus kepada peserta didik berupa beberapa gambar tentang
fenomena alam (tsunami).
2. Peserta
didik peserta didik mengamati gambar tersebut.
3. Guru
memberikan pertanyaan tentang pernyataan umum, deretan penjelas, dan
interpretasi dalam eksplanasi berdasarkan gambar fenomena alam tersebut.
4. Peserta
didik merespon guru dengan menjelaskan pernyataan umum, deretan penjelas, dan
interpretasi dalam teks eksplanasi berdasarkan gambar.
|
10 menit
|
Mengidentifikasi masalah
|
5. Guru
meminta peserta didik membaca teks eksplanasi yang bersumber dari internet.
6. Peserta
didik membaca teks eksplanasi dan menuliskan kembali pernyataan umum, deretan
penjelas, dan interpretasi dalam teks tersebut.
7. Guru
memfasilitasi dan memonitor kegiatan peserta didik.
|
10 menit
|
Mengumpulkan data
|
8. Peserta
didik menuliskan kembali pernyataan umum dalam teks eksplanasi.
|
5 menit
|
9. Peserta
didik menuliskan kembali deretan penjelas dalam teks eksplanasi.
|
5 menit
|
|
5 Peserta
didik menuliskan kembali interpretasi/isi dalam teks eksplanasi
|
5 menit
|
|
Mengolah data
|
6 Peserta
didik menyusun kembali pernyataan umum, deret penjelas, dan interpretasi
dalam teks eksplanasi dengan bahasanya sendiri.
|
5 menit
|
Memverifikasi
|
7 Peserta
didik mempresentasikan teks eksplanasi i.
8 Peserta
didik lain mengomentari isi teks eksplanasi yang dibacakan temannya.
9 Guru
melakukan penilaian sikap dan presentasi yang dilakukan peserta didik.
|
15 menit
|
Menyimpulkan
|
10 Guru
bersama peserta didik menyimpulkan materi tentang pernyataan umum, deretan
penjelas, dan interpretasi, serta memberikan komentar terhadap isi teks
eksplanasi yang dipelajari.
|
5
|
PENUTUP
|
||
|
1. Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi untuk mengevaluasi seluruh rangkaian
aktivitas pembelajaran.
2. Guru
melakukan penilaian keterampilan dengan berupa pemberian tugas portofolio
kepada peserta didik untuk menuliskan kembali pernyataan umum, deretan
penjelas, dan interprestasi, serta mengomentari isi teks eksplanasi karya
orang lain.
3. Guru
melakukan tindak lanjut, dengan cara memberikan tugas membaca materi untuk
pertemuan selanjutnya.
4. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5. Guru
menutup kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
I.
PENILAIAN
1.
Jenis Penilaian
a.
Penilaian Sikap
§
Teknik : observasi, penilaian diri,
dan penilaian antarteman
§
Bentuk instrumen : jurnal
b.
Penilaian Pengetahuan
§
Teknik : tes tulis / penugasan
kelompok/remidial/pengayaan
§
Bentuk instrumen : soal pilihan ganda dan uraian
c.
Penilaian Keterampilan
§
Teknik : praktik/ penugasan/portofolio
§
Bentuk instrumen : rubrik penilaian praktik, rubrik portofolio
2.
Remidial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD-nya belum tuntas.
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya,
atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tersebut remedial belum mencapai
ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas.
3.
Pengayaan
Bagi
peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
a.
Peserta didik yang
mencapai nilai sama KKM diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan dalam bentuk penugasan
b.
Peserta didik yang
mencapai nilai melampaui KKM diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan dalam bentuk penugasan
Mengetahui,
Magelang, Agustus
2019
Kepala Sekolah,
|
Guru Mata Pelajaran,
|
|
……………………
|
………………….
|
|
NIP ……………………
|
NIP ………………
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Gunung
Meletus
|
Tsunami
|
Anak
Jalanan
|
Kemiskinan
|
Wayang
|
Pemotongan
Rambut Gimbal di Dieng
|
Contoh
Teks Eksplanasi
Teks
1
Gempa
Bumi
Gempa
bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu
bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa ala mini
sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di
daerah yang dikelilingi lautan luas.
Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa
bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik.
Gempa tektonik disebabkan adanya pergerakan lapisan bumi. Teori tektonik
plate berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan
batuan. Lapisan ini terus bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan
bertabrakan satu dengan lainnya. Itulah mengapa gempa bumi terjadi.
Sementara itu, gempa vulkanik terjadi
karena adanya letusan gunung berapi.
Letusan tersebut menimbulkan getaran yang sangat dasyat dan
berkali-kali. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan
gempa tektonik.
Gempa bumi menimbulkan dampak yang luar
biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga
dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.
Gempa dapat terjadi kapan saja tanpa
mengenal waktu. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di
Kawasan tertentu saja, seperti Kawasan yang banyak gunung berapi, termasuk
Indonesia. Kita harus tetap waspada dan mengantisipasi gempa bumi, misalnya
dengan membuat bangunan tahan gempa dan mengadakan pelatihan-pelatihan
menghadapi bencana tersebut.
(Dikutip
dengan perubahan dari beberapa sumber)
Teks
2
Gempa Aceh
Gempa dahsyat pernah terjadi di Aceh, 26 Desember 2004, pada pukul 07.58
WIB. Pusat gempa terletak di sebelah barat Aceh dengan kedalaman 10 km. Bencana
ini merupakan gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. Dampak
kerusakannya meliputi Aceh, Sumatra Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia,
Thailand Pantai Timur India, Srilangka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika.
Gempa ini juga mengakibatkan gelombang laut setinggi 9 meter. Bencana
ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India,
dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.
Kekuatan gempa pada penghujung tahun 2004 itu mencapai 9.0 richter
dengan korban tewas mencapai 283.100, 14.000 orang hilang dan 1,126,900
kehilangan tempat tinggal. Gempa bumi yang disertai gelombang tsunami itu
merupakan bencana yang mengakibatkan kematian terbesar sepanjang sejarah.
Indonesia, Sri Langka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah
kematian terbesar.
Di Indonesia, gempa menelan lebih dari 126.000 korban jiwa. Puluhan
gedung hancur oleh gempa utama, terutama di Meulaboh dan Banda Aceh di ujung
Sumatra. Di Banda Aceh, sekitar 50% dari semua bangunan rusak terkena tsunami. Namun,
kebanyakan korban disebabkan oleh tsunami yang menghantam pantai Barat Aceh dan
Sumatra Utara.
Di Sri Lanka dikonfirmasikan 45.000 korban jiwa jatuh dan lebih dari 1
juta jiwa penduduk negara ini terkena dampak gempa secara langsung. Di India,
termasuk Kepulauan Andaman
dan Nicobar diperkirakan
menelan lebih dari 12.000 korban
jiwa.
Di Thailand banyak pula wisatawan asing terkena bencana, terutama di
daerah Phuket diperkirakan ada sekitar 4.500 korban jiwa. Bhumi Jensen, cucu
Raja Rama IX atau lebih dikenal dengan nama Bhumibol Adulyadej juga termasuk
salah satu korban. Bhumi Jensen baru berusia 21 tahun.
Bahkan di Somalia, di benua Afrika ribuan kilometer dari Indonesia,
dilaporkan jatuh lebih dari 100 korban jiwa. Akan tetapi, sebagian besar atau
mungkin hampir semua dari mereka adalah para nelayan.
Gempa Bumi dan Tsunami Aceh yang juga menghantam Thailand. Selain
menempati posisi gempa berkekuatan terbesar kedua setelah gempa Chili 1960 yang
mencapai 9.5 skala richter, gempa Aceh menempati peringkat pertama sebagai
gempa dengan waktu (durasi) penyesaran yang paling lama, yaitu sekitar 10
menit. Gempa ini cukup besar untuk membuat seluruh bola bumi ikut bergetar. (Sumber:
wikipedia.org)
Materi
Teks Eksplanasi
a.
Pengertian Teks Eksplanasi
Teks
eksplanasi yaitu teks yang berisi penjelasan tentang proses terjadinya
peristiwa atau fenomena alam, social, budaya atau yang lainnya.
b. Ciri
Teks Eksplanasi
1) Teks
terdiri atas pernyataan umum (gambaran umum mengenai apa, mengapa, dan
bagaimana fenomena tersebut terjadi), deretan penjelas (inti penjelasan apa
yang disampaikan/ urutan sebab akibat dari suatu fenomena yang dibahas secara
mendalam dan berdasarkan urutan waktu), dan interpretasi (pandangan atau
simpulan).
2) Memuat
informasi berdasarkan fakta (factual) dan menjelaskan sebab-akibat suatu
peristiwa.
3) Pada
umumnya membahas hal yang berkaitan dengan fenomena alam (gunung meletus,
tsunami, gerhana bulan/matahari, banjir) dan fenomena social (kemiskinan, anak
jalanan, pengangguran)
4) Bersifat
informatif (memberikan pengetahuan kepada pembacanya).
c.
Gagasan Umum dan Fakta
Penting
Dalam suatu
teks, terdapat gagasan/ide yang dapat dikembangkan menjadi beberapa kalimat.
Gagasan tersebut merupakan gagasan utama atau disebut juga ide pokok. Gagasan utama atau ide pokok terletak di
dalam kalimat utama. Kalimat utama biasanya muncul pada awal, tengah, atau
akhir paragraph.
Cara
mengidentifikasi informasi penting dalam teks eksplanasi yaitu:
1)
Membaca teks
dengan saksama.
2)
Memahami makna
setiap kalimat yang ada dalam teks.
3)
Menentukan kalimat
utama pada setiap paragraph.
4)
Menemukan gagasan
utama atau ide pokok.
5)
Menandai kata-kata
kunci.
6)
Merumuskan inti
kalimat utama.
*Catatan: Pada umumnya paragraf-paragraf dalam teks eksplanasi
bersifat deduktif (gagasan utamanya terletak di awal paragraf). Namun, ada pula
paragraph yang bersifat induktif (gagasan utama terletak di akhir paragraf)
maupun campuran (gagasan utama berada di awal dan akhir paragraf).
Contoh
paragraf deduktif :
Tsunami berpotensi membawa kerusakan besar bagi
manusia. Kerusakan yang terbesar disebabkan oleh gelombang besar yang
membanjiri daratan. Gelombang ini akan menyeret apa saja yang dilaluinya. Kadang,
korban jiwa yang terjadi bukanlah karena
disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir., melainkan karena benturan
dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain itu, lumpur yang ikut
terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia menjadi sulit untuk
menyelamatkan diri dengan cepat.
Gagasan utama :
Tsunami berpotensi membawa kerusakan besar bagi manusia
Contoh
paragraf induktif :
Lebaran masih seminggu lagi, tetapi harga
sembako, seperti beras, gula, minyak, tepung, telur dan lain-lain telah naik
secara signifikan. Makanan yang biasanya dikonsumsi dalam perayaan merayakan
Lebaran, seperti sirop dan kue kering melonjak harganya. Bahan pakaian dan
pakaian jadi untuk lebaran, seperti baju Muslimah, baju koko, kopiah, dan
kerudung pun tidak ketinggalan dari kenaikan harga yang cukup tinggi. Kenaikan
harga barang-barang selalu terjadi menjelang Lebaran pada setiap tahun.
Gagasan Utama: Kenaikan harga barang-barang selalu
terjadi menjelang Lebaran pada setiap tahun.
Contoh
paragraf campuran :
Buku merupakan sarana utama
dalam mencari ilmu. Bagaimana
orang bisa mengetahui ilmu dari berbagai belahan dunia. Dari buku pula kita
bisa menambah pengetahuan maupaun pengalaman. Jelaslah
bahwa buku sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia.
Gagasan Utama: Buku merupakan sarana utama dalam mencari
ilmu. Buku sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia
d.
Mengomentari hasil teks
eksplanasi
Selain
mampu menyajikan teks eksplanasi, kita juga dituntut untuk dapat mengomentari
hasil orang lain. Komentar terbagi menjadi dua, yaitu;
1) Kritik
atau penolakan
Kritik
adalah kecaman atau tanggapan, kadang disertai uraian atau pertimbangan baik
buruk terhadap suatu pendapat, jejadian, dan sebagainya. Kritik yang baik ialah
apabila disampaikan dengan kalimat yang tepat dan santun serta bersifat
membangun
Contoh:
Nah, itulah karena
kebiasaan kita membuang sampah di sembarang tempat. Selokan meluap, akhirnya
banjir. Siapa lagi yang menderita kalua bukan masyarakat sendiri? Makanya, lain
kali kalua membuang sampah harus di tempat yang benar agar musibah itu tidak
terjadi lagi.
2) Dukungan
atau pujian
Pujian
merupakan pernyataan atau perkataan yang tulus akan kebaikan, kelebihan, atau
keunggulan sesuatu hasil karya.
Contoh;
Untungnya gempa itu tidak terjadi pada malam
hari atau dini hari. Kalau itu yang terjadi tentu akan memakan banyak korban.
Syukur pula warga tidak panik sehingga mereka dapat menyelamatkan diri tanpa
ada yang terluka. Kejadian itu harus menjadi pelajaran bagi kita tentang cara
enghadapi mudibah, khususnya gempa.
B. INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
1. Observasi
Nama
Satuan pendidikan : SMA
……………….
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Kelas/Semester :
XI/1
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
No
|
Tanggal
|
Nama
|
Kejadian/
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Positif/
Negatif
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Nama :
Kelas :
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
Keterangan
|
Komentar
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketika
kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya
ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya
mampu berinteraksi dengan baik dengan teman-teman.
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya
menghargai perbedaan dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
|
||
Total
Skor
|
|
|
Keterangan:
1 = tidak baik, 2 = kurang baik, 3 = cukup baik, 4 = baik, 5 = sangat baik
3. Penilaian
Antarteman
Hari, Tanggal :
Nama siswa yang dinilai :
Nama siswa yang menilai :
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
Keterangan
|
Komentar
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Mau
menerima pendapat teman.
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberikan
solusi terhadap permasalahan.
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memaksakan
pendapat sendiri kepada anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Marah
saat diberi kritik
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Peduli
terhadap lingkungan social
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|
|
Keterangan:
1 = tidak baik, 2 = kurang baik, 3 = cukup baik, 4 = baik, 5 = sangat baik
C. INSTRUMEN
PENILAIAN PENGETAHUAN
Tes
Uraian
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Level Kognitif
|
No. Soal
|
3.3
Mengidentifikasi
informasi dalam teks eksplanasi lisan dan tulis.
|
3.3.1
Siswa
mengidentifikasi informasi pengetahuan dari teks eksplanasi yang didengar
atau dibaca.
|
Disajikan
sebuah teks eksplanasi, peserta didik diminta menentukan informasi
pengetahuan dalam teks tersebut.
|
Uraian
|
L3
|
Uraian:
1
|
3.3.2
Siswa
mengidentifikasi informasi berupa urutan kejadian dari teks eksplanasi yang
didengar atau dibaca.
|
Disajikan
sebuah teks eksplanasi, peserta didik diminta menuliskan kalimat yang
mengandung hubungan sebab akibat dan ciri teks eksplanasi berdasarkan teks.
|
Uraian
|
|
Uraian:
2,
5
|
|
3.3.3
Siswa
mampu menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
Peserta
didik diminta menemukan makna tersirat (gagasan umum dan fakta penting) atau
menyimpulkan teks terse but dalam teks eksplanasi.
|
Uraian
|
L3
|
Uraian:
3,
4
|
Tugas Kelompok
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Level
Kognitif
|
No.
Soal
|
3.3
Mengidentifikasi
informasi dalam teks eksplanasi lisan dan tulis.
|
3.3.1
Siswa
mengidentifikasi informasi pengetahuan dari teks eksplanasi yang didengar
atau dibaca.
|
Disajikan sebuah teks eksplanasi,
peserta didik diminta menentukan informasi pengetahuan dalam teks tersebut.
|
Uraian
|
L3
|
Uraian:
1
|
3.3.2
Siswa
mengidentifikasi informasi berupa urutan kejadian dari teks eksplanasi yang
didengar atau dibaca.
|
Disajikan sebuah teks eksplanasi,
peserta didik diminta menuliskan kalimat yang mengandung hubungan sebab
akibat dan ciri teks eksplanasi berdasarkan teks.
|
Uraian
|
Uraian:
2
|
||
3.3.3
Siswa
mampu menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
Peserta didik diminta menemukan
makna tersirat (gagasan umum dan fakta penting) atau menyimpulkan teks terse
but dalam teks eksplanasi.
|
Uraian
|
L3
|
Uraian:
3
|
b. Rumusan
butir soal
TES URAIAN
Angin Puting Beliung
Tahukah
Anda apa itu angin puting beliung? Angin puting beliung disebut juga angin puyuh,
angin bohorok, dan leysus. Angin puting beliung adalah angin yang berputar
kencang dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang berserak secara garis lurus
dengan lama kejadian maksimal 5 menit. Di Amerika, angin jenis ini disebut
tornado yang mempunyai kecepatan sampai 320 km/jam dan berdiameter 500 meter.
Angin
puting beliung terjadi akibat pertemuan dua arus udara, yaitu udara panas,
(udara bertekanan maksimal) dan udara dingin (udara bertekanan minimal).
Pertemuan dua arus udara tersebut kemudian menimbulkan pergolakan, arus udara
panas mengelilingi udara dingin secara naik turun dengan kecepatan tinggi. Selanjutnya, pergolakan tadi membentuk
pusaran yang turus menembus permukaan bumi (awan vertical) secara tiba-tiba dan
berjalan secara acak dengan kecepatan tinggi. Angin ini
dapat menghancurkan apa saja yang diterjangnya karena dengan pusarannya benda
yang terlewati terangkat dan terlempar.
Angin
puting beliung tidak dapat dicegah.
Namun, dengan mengetahui karekteristiknya, kita dapat mengantisipasinyadengan
cara mengetahui bulan-bulan pancaroba untuk meningkatkan kewaspadaan.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Mengapa teks tersebut
termasuk dalam teks eksplanasi?
2.
Tuliskan tiga kalimat
yang menyatakan hubungan kausalitas yang terdapat dalam teks tersebut!
3.
Simpulkan informasi yang
dibahas dalam kutipan teks eksplanasi tersebut!
4.
Tuliskan gagasan umum setiap
paragraf dalam teks eksplanasi tersebut!
5.
Jelaskan ciri teks
eksplanasi sesuai dengan teks tersebut!
c. Kunci
jawaban
1. Teks
tersebut termasuk teks eksplanasi karena teks tersebut berisi proses ‘mengapa’
dan ‘bagaimana’ tentang fenomena atau kejadian alam.
2. Kalimat
yang menyatakan hubungan sebab akibat:
·
Angin puting beliung
terjadi akibat pertemuan dua arus udara, yaitu udara panas, (udara bertekanan
maksimal) dan udara dingin (udara bertekanan minimal).
·
Pertemuan dua arus udara
tersebut kemudian menimbulkan pergolakan, arus udara panas mengelilingi udara
dingin secara naik turun dengan kecepatan tinggi.
3. Simpulan:
Angin puting beliung adalah angin yang berputar
kencang dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang berserak secara garis lurus
dengan lama kejadian maksimal 5 menit. Angin puting beliung terjadi akibat
pertemuan dua arus udara, yaitu udara panas dan udara dingin. Angin ini tidak dapat
dicegah dan dapat menghancurkan apa saja yang diterjangnya karena dengan
pusarannya benda yang terlewati terangkat dan terlempar. Angin puting beliung
tidak dapat dicegah
4. Gagasan
umum setiap paragraf.
Paragraf 1: Angin puting beliung adalah angin yang
berputar kencang dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang berserak secara
garis lurus dengan lama kejadian maksimal 5 menit.
Paragraf 2: Angin puting beliung terjadi akibat
pertemuan dua arus udara, yaitu udara panas dan udara dingin.
Paragraf 3: Angin puting beliung tidak dapat dicegah.
5. Ciri
teks eksplanasi;
·
Teks terdiri atas
pernyataan umum (gambaran umum mengenai apa peristiwa yang akan dijelaskan),
deretan penjelas (inti penjelasan apa yang disampaikan/ urutan sebab akibat
dari suatu fenomena yang dibahas secara mendalam dan berdasarkan urutan waktu),
dan interpretasi (pandangan atau simpulan).
·
Memuat informasi
berdasarkan fakta (factual) dan menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa.
·
Pada umumnya membehas hal
yang berkaitan dengan fenomena alam (gunung meletus, tsunami, gerhana
bulan/matahari, banjir) dan fenomena social (kemiskinan, anak jalanan,
pengangguran)
·
Bersifat informatif
(memberikan pengetahuan kepada pembacanya).
d. Pedoman
penskoran dan penilaian
Pedoman penskoran
No
Soal
|
Deskripsi
|
Skor
|
Skor
Maksimal
|
1
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
20
|
|
2
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
20
|
|
3
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
20
|
|
4
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
20
|
|
5
|
a. Jawaban
tepat dan lengkap
b. Sebagian
jawaban benar
c. Separuh
jawaban benar.
d. Sebagian
kecil saja jawaban yang tepat
|
20
|
|
Total
|
100
|
Pedoman Penilaian
Nilai = x 100%
e. Rumusan
Butir Soal Tugas Kelompok
1. Jelaskan
apa, mengapa dan bagaimana fenomena yang terjadi dalam teks tersebut!
2. Tuliskan
urutan kejadian dalam teks eksplanasi tersebut!
3. Carilah
sebuah teks eksplanasi yang bersumber dari buku atau internet! Kemudian
tuliskan gagasan umum tiap paragraf dalam teks tersebut! Selanjutnya tuliskan
simpulan isi teks tersebut dengan bahasamu sendiri!
f.
Kunci Jawaban Tugas Kelompok
1. Peristiwa
dalam teks tersebut adalah gempa bumi. Gempa bumi disebabkan oleh getaran atau
guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari
dasar atau bawah permukaan bumi. Gempa
bumi digolongkan menjadi gempa vulkanik dan gempa tektonik. Gempa vulkanik
terjadi karena adanya letusan gunung berapi, sedangkan gempa tektonik
disebabkan adanya pergerakan lapisan batu.
·
Pernyataan umum:
paragraf pertama, dibuktikan dengan isi teks dimulai dengan definisi gempa dan informasi
tempat terjadinya gempa.
·
Deret penjelas:
paragraf kedua, dibuktikan dengan adanya urutan sebab akibat terjadinya gempa
dan akibat yang ditimbulkan gempa.
·
Interpretasi: paragraf
terakhir, dibuktikan dengan adanya komentar penulis terhadap peristiwa gempa.
2. Urutan
kejadian:
·
gempa tektonik:
pergerakan lapisan dasar bumi – tabrakan antarlapisan dasar bumi – terjadi
getaran di muka bumi – kerusakan bangunan/korban jiwa.
·
gempa vulkanik: terjadi
letusan gunung api – terjadi getaran di muka bumi – kerusakan bangunan/korban
jiwa.
3. Jawaban
ini tidak mengikat. Artinya, peserta didik dibenarkan dengan jawaban berbeda
selama substansinya benar.
g. Pedoman
penskoran dan penilaian tugas kelompok
Aspek
|
Bobot
|
Skor
|
Komentar
|
Kelengkapan
bagian-bagian
|
25
|
||
Kejelasan
dalam penyampaian
|
25
|
||
Keefektifan
kalimat
|
25
|
||
Ketepatan
ejaan/tanda baca
|
25
|
||
Jumlah
|
100
|
Nilai = x 100%
D. INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
1. Perencanaan
penilaian keterampilan
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Indikator
Soal
|
Rencana
Penilaian
|
|
Teknik
|
Waktu
Pelaksanaan
|
|||
4.3 Mengontruksi
informasi dalam teks eksplanasi.
|
4.3.1
Siswa mampu menuliskan
kembali pernyataan umum dalam teks eksplanasi.
4.3.2
Siswa mampu menuliskan
kembali deretan penjelas dalam teks eksplanasi.
4.3.3
Siswa mampu menuliskan
kembali interpretasi/isi dalam teks eksplanasi.
4.3.4
Siswa mampu menyajikan
teks eksplanasi.
4.3.5
Siswa mampu
mengomentari teks eksplanasi.
4.3.6
Siswa mampu
menyimpulkan teks eksplanasi.
|
Disajikan
sebuah teks eksplanasi, peserta didik diminta menuliskan kembali pernyataan
umum, deret penjelas dan interpretasi. Kemudian peserta didik diminta
menyajikan teks eksplanasi yang dibacanya untuk dikomentari temannya.
|
Penugasan/
Portofolio
|
Saat
jam pelajaran berlangsung
|
Intruksi Penugasan/Portofolio:
Penugasan
1.
Bacalah sebuah teks
eksplanasi berjudul Gempa Aceh! Kemudian tentukanlah mana yang merupakan
pernyataan umum, deretan penjelas dan interpretasi.
2.
Tuliskan rangkuman teks
tersebut dengan bahasamu sendiri! Kemudian presentasikan hasil pekerjaanmu!
Portofolio
Carilah sebuah teks eksplanasi dan tuliskan komentar
terhadap isi teks eksplanasi tersebut!
2. Rubrik
Penilaian Keterampilan, Pedoman Penskoran, dan Penilaian
a.
Rubrik penilaian
keterampilan
Tahapan
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Perencanaan
|
1. Membentuk
kelompok
2. Menentukan
teks eksplanasi
|
|
Pelaksanaan
|
1. Mendiskusikan
bagian-bagian pokok teks eksplanasi
2. Membuat
komentar terhadap teks eksplanasi
|
|
Hasil
|
1. Tulisan
tentang bagian-bagaian pokok teks eksplanasi.
2. Tulisan
tentang kometar terhadap teks eksplanasi
|
b. Pedoman
penskoran
Skor
|
Kriteria
|
5
|
Sangat
baik
|
4
|
Baik
|
3
|
Sedang
|
2
|
Kurang
baik
|
1
|
Tidak
baik
|
c. Pedoman
penilaian
Nilai = x 100%
3. Rubrik
Penilaian Presentasi
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Rerata
Nilai
|
||
Menjelaskan
|
Memvisualkan
|
Merespon
|
|||
Keterangan nilai:
·
80 – 90 : cukup mampu
menjelaskan, memvisualisasikan, dan merespon.
·
91 – 100 : mampu
menjelaskan, memvisualisasikan, dan merespon.
Keterangan keterampilan:
·
Menjelaskan: kemampuan
menyampiakan hasil kerja secara menyeluruh.
·
Memvisualisasikan: kemampuan mengemas informasi seunik dan
semenarik mungkin.
·
Merespon: kemampuan
menyampiakn tanggapan atas pertanyaan, bantahan, dan sanggahan dari pihak lain
secara empatik.
E. LEMBAR
KERJA SISWA
LEMBAR
KEGIATAN SISWA 1
Judul Teks : .......
Sumber : .......
Bagian
|
Bukti
Teks
|
Urutan
Kejadian
|
Pernyataan
umum
|
||
Deret
Penjelas
|
||
Interpretasi
|
LEMBAR
KEGIATAN SISWA 2
Judul Teks : .......
Sumber : .......
Paragraf
|
Gagasan
Umum
|
Fakta
Penting
|
Paragraf
1
|
||
Paragraf
2
|
||
Paragraf
3
|
||
Simpulan:
|
LEMBAR
KEGIATAN SISWA 3
Judul Teks : .......
Sumber : .......
Komentar
|
Sesuai
|
Tidak
Sesuai
|
No comments:
Post a Comment