Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan
lisan dan tulis.
|
Isi pokok laporan hasil
observasi:
·
pernyataan umum;
·
hal yang dilaporkan;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat; dan
·
maksud isi teks (tersirat
dan tersurat)
|
·
Menentukan isi pokok,
hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil
observasi.
·
Menafsirkan teks laporan
hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan
observasi.
·
Mempresentasikan dan
menanggapi teks laporan hasil observasi
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan
interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
||
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil
observasi.
|
Isi pokok teks laporan hasil
observasi:
·
pernyataan umum;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat; dan
·
kebahasaan (kalimat definisi
kata sifat).
|
·
Mengidentifikasi isi,
struktur, dan ciri kebahasaan.
·
Isi, ciri kebahasaan dalam
teks laporan hasil observasi.
·
Menyusun kembali teks
laporan hasil observasi yang dibaca dengan memperhatikan isi, struktur, dan
ciri kebahasaan.
·
Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi teks laporan hasil observasi yang telah disusun.
|
4.2 Mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan memperhatiakan isi dan
aspek kebahasaan.
|
||
3.3 Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan
rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
Isi teks eksposisi:
·
pernyataan tesis;
·
argumen;
·
pernyataan ulang; dan
·
kebahasaan
Komentar terhadap:
·
Kekurangan dan kelebihan
dilihat dari sisi (kejelasan tesis dan kekuatan argumen untuk mendukung
tesis)
|
·
Menggali struktur isi,
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan
dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
·
Menyusun teks eksposisi
dengan memperhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan,
rekomendasi, dan kebahasaan.
·
Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi)
teks eksposisi secara lisan dan / tulis
|
||
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
Struktur teks eksposisi:
·
pernyataan tesis (pendapat
tentang suatu permasalahan);
·
argumen (data, fakta, dan
pendapat untuk menguatkan tesis); dan
·
pernyataan ulang.*
Kebahasaan:
·
kalimat nominal dan
·
kalimat verbal (aktif
transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
·
deduksi dan
·
induksi
|
·
Menggali struktur dan aspek
kebahasaan dalam teks eksposisi yang dibaca.
·
Menyusun kembali teks
eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan
rekomendasi), struktur, dan kebahasaan.
·
Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
4.4 Mengonstruksi teks eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
||
3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
|
Isi teks
anekdot:
·
Peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
·
Peristiwa/tokoh
yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
|
·
Menilai isi dan
aspek makna tersirat dalam teks anekdot
·
Menyususn
kembali teks anekdot dengan memperhatikan makna tersirat dalam teks anekdot
yang dibaca
·
Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
|
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.
|
||
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot
|
·
Isi anekdot
·
Peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan public
·
Sindiran
·
Unsur humor
·
Kata dan frasa
ideomatis
|
·
Mengidentifikasi
struktur (bagian-bagian teks)anekdot dan kebahasaan
·
Menyusun kembali
teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
·
Mempresentasikan,
menanggapi dan merevisi teks anekdot yang telah disusun
|
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan
memperhatikan struktur, dan kebahasaan
|
||
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran , dan
persetujuan dalam teks negoisasi lisan maupun tertulis
|
Isi teks
negoisasi:
·
Permasalahan
·
Pengajuan
·
Penawaran
·
Persetujuan/kesepakatan
yang tercatat
|
·
Menilai masalah,
bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan
dalam negoisasi
·
Mengungkapkan
cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam
negoisasi
·
Memberikan
tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan
kelebihan dilihat dar kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan
kalimat)
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran , dan
persetujuan dalam teks negoisasi lisan maupun tulis
|
3.11 Menganalisis isi,
struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan
kebahasaan teks negosiasi.
4.11Mengkonstruksikan
teks negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
|
Struktur teks negosiasi :
Kebahasaan
|
|
3.12 menghubungkan permasalahan/ isu, sudut
pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan
esensi dari debat.
4.12 mengonstruksi
permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari
debat secara lisan untuk menunjukan esensi dari debat.
|
Debat :
(permasalahan yang
didebatkan) ;
|
|
3.13 menganalisis isi
debat (permasalahan/ isu sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan).
4.13 mengembangkan
permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam
berdebat.
|
Isi debat:
Pihak-pihak pelaksana
debat :
|
|
3.14 Menilai hal yang
dapat diteladani dari teks biografi.
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang
terdapat dalam teks biografi yang dbaca secara tertulis
|
|
|
3.15 Menganalisis aspek
makna dan kebahasaan dalam teks biografi
|
·
Orientasi: (isdentitas
singkat tokoh)
·
Rangkaian peristiwa dan
masalah yang dialami
·
Reorientasi
Kebahasaan biografi:
·
Pronominal
·
Pengacu dan yang diacu
·
Konjungsi
|
·
Mendata pokok-pokok isi
biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi
·
Menulis teks biografi dengan
memperhatikan isi (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan)
·
Memberikan tanggapan secara
lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman
|
4.15 Menyusun teks biografi
tokoh
|
No comments:
Post a Comment