Sunday, 11 November 2018

Silabus Pembelajaran Bahasa Indonesia



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1  Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
Isi pokok laporan hasil observasi:
·      pernyataan umum;
·      hal yang dilaporkan;
·      deskripsi bagian;
·      deskripsi manfaat; dan
·      maksud isi teks (tersirat dan tersurat)
·      Menentukan isi pokok, hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
·      Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan observasi.
·      Mempresentasikan dan menanggapi teks laporan hasil observasi
4.1  Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
3.2  Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.
Isi pokok teks laporan hasil observasi:
·      pernyataan umum;
·      deskripsi bagian;
·      deskripsi manfaat; dan
·      kebahasaan (kalimat definisi kata sifat).
·      Mengidentifikasi isi, struktur, dan ciri kebahasaan.
·      Isi, ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
·      Menyusun kembali teks laporan hasil observasi yang dibaca dengan memperhatikan isi, struktur, dan ciri kebahasaan.
·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks laporan hasil observasi yang telah disusun.
4.2  Mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan memperhatiakan isi dan aspek kebahasaan.
3.3  Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
Isi teks eksposisi:
·      pernyataan tesis;
·      argumen;
·      pernyataan ulang; dan
·      kebahasaan

Komentar terhadap:
·      Kekurangan dan kelebihan dilihat dari sisi (kejelasan tesis dan kekuatan argumen untuk mendukung tesis)
·      Menggali struktur isi, (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
·      Menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
·      Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
4.3  Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis
3.4  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
Struktur teks eksposisi:
·      pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
·      argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan
·      pernyataan ulang.*
Kebahasaan:
·      kalimat nominal dan
·      kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
·      deduksi dan
·         induksi
·      Menggali struktur dan aspek kebahasaan dalam teks eksposisi yang dibaca.
·      Menyusun kembali teks eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan.
·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
4.4  Mengonstruksi teks eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
3.5  Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
Isi teks anekdot:
·      Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
·      Peristiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
·     Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot
·     Menyususn kembali teks anekdot dengan memperhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
·     Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
4.5  Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot
·         Isi anekdot
·         Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public
·         Sindiran
·         Unsur humor
·         Kata dan frasa ideomatis
·         Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks)anekdot dan kebahasaan
·         Menyusun kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
·         Mempresentasikan, menanggapi dan merevisi teks anekdot yang telah disusun
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur, dan kebahasaan
 3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran , dan persetujuan dalam teks negoisasi lisan maupun tertulis
Isi teks negoisasi:
·         Permasalahan
·         Pengajuan
·         Penawaran
·         Persetujuan/kesepakatan yang tercatat
·         Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam negoisasi
·         Mengungkapkan cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam negoisasi
·         Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dar kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat)
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran , dan persetujuan dalam teks negoisasi lisan maupun tulis
3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
 

4.11Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
Struktur teks negosiasi :
  •  Orientasi dan
  • Permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan).

Kebahasaan
  • Pasangan tuturan dalam teks negosiasi dan
  • Bahasa yang santun.
  • Menentukan struktur : orientasi dan permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
  • Menentukan ciri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi .
  • Menyusun teks negosiasi dengan memperhatikan struktur teks dan aspek kebahasaan.
  • Mempresentasika , mengomentari, dan merevisi teks negosiasi yang telah disusun.
3.12 menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
4.12 mengonstruksi permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukan esensi dari debat.
Debat :
  • Esensi debat;
  • Mosi
(permasalahan yang didebatkan) ;
  • Argumen untuk menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang yang diambil; dan
  • tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen).
  • Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik.
  • Melaksanakan debat.
  • Mengevaluasi pelaksanaan debat.

3.13 menganalisis isi debat (permasalahan/ isu sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).


4.13 mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
Isi debat:
  • Mosi/ topik permasalahan yang diperdebatkan;
  • Pernyataan sikap (mendukung atau menolak);
  • Argumentasi untuk mendukung sikap.
Pihak-pihak pelaksana debat :
  • Pihak yang megajukan mosi/ topik permasalahan yang diperdebatkan;
  • Tim afirmatif (yang setuju dengan mosi);
  • Tim oposisi yang tidak setuju dengan mosi);
  • Pemimpin/wasit debat(yang menjaga tata tertib)
  • Penonton/ juri.
  • Mengindentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandangan dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
  • Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat.
  • Melaksanakan debat.
  • Mengevaluasi pelaksanaan debat.
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
 

4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dbaca secara tertulis
  • Pola penyajian cerita ulang (biografi).
  • Hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.
  • Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan  pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
  • Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam teks biografi
  • Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi
·         Orientasi: (isdentitas singkat tokoh)
·         Rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami
·         Reorientasi

Kebahasaan biografi:
·         Pronominal
·         Pengacu dan yang diacu
·         Konjungsi
·         Mendata pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi
·         Menulis teks biografi dengan memperhatikan isi (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan)
·         Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman
4.15 Menyusun teks biografi tokoh

No comments:

Post a Comment