Wednesday 7 November 2018

Kompetensi Sikap (Attitude) Krathwohl

1. Receiving (menerima), Merujuk pada kesediaan siswa untuk terlibat rangsang tertentu. Pada tahap ini siswa masih bersikap pasif. Contoh siswa menghargai hak orang lain, siswa mendengarkan diskusi tentang materi tertentu.
2. Resonding (merespon), Merujuk pada peran aktif sebagai bagian dari siswa. Pada tahap ini siswa sudah bersikap aktif. Contoh siswa mengerjakan PR, Mengkritik gagasan, dll.
3. Valuing (menilai), Berkaitan dengan apresiasi siswa yang melekat pada obkjek/peristiwa/perilaku tertentu. Contoh Siswa berpartisipasi dalam menentukan arah pembelajaran di sekolah.
4. Organization (Organisasi), Berkaitan dengan penyatuan nilai-nilai yang berbeda. Contoh siswa menerima tanggung jawab dari perilaku yang diperbuat.
5. Characterizaton by a value/value set, Karakterisasi dengan nilai/nilai yang ditetapkan. Pada tahap ini, merujuk pada kemampuan mengendalikan nilai yang dianut dan memperbaiki hubungan interpersonal, intrapersonal, dan sosial. Contoh siswa menunjukkan kemandirian saat bekerja independen.


No comments:

Post a Comment