3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang
terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
·
Karakeristik hikayat.
·
Isi hikayat.
·
Nilai-nilai dalam hikayat (moral,
sosial, agama, budaya, dan penddikan).
|
·
Mendata pokok-pokok isi, karakteristik,
dan nilai-nilai dalam hikayat.
·
Menyusunteks eksposisi berdasarkan pokok-pokok
isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
·
Mempresentasikan, menanggapi,dan
merevisi,teks eksposisi yang telah disusun
|
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang
didengar dan dibaca.
|
||
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan
cerita rakyat dan cerpen.
|
·
Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
·
Gaya bahasa.
·
Kata arkais (kuno).
|
·
Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi
dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
·
Menyusun kembali isi cerita rakyat ke
dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
·
Mempresesntasikan, menanggapi, dan merevisiteks cerpen yang disusun.
|
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke
dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
||
3.9
Menyebutkan
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
·
Ikhtisar
|
Laporan Hasil Membaca Buku
·
Melaporkan isi buku yang dibaca dalam
bentuk ikhtisar.
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisiikhtisaryang
dilaporkan.
|
4.9
Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu
novel yang dibaca.
|
||
3.16
Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung
dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
|
Puisi :
(semua jenis puisi)
· isi;
· tema;
· makna;
· amanat;
dan
· suasana.
|
· Mendata
suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
· Memusikalisasikan
dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan
tekanan tempo).
|
4.16
Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari
antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan
intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
||
3.17
Menganilisis unsur pembangun puisi.
|
Unsur-unsur pembangun puisi:
· diksi;
· imaji;
· kata
konkret;
· gaya
bahasa;
· rima/irama;
· tipografi;
· tema/makna
(sense);
· rasa
(feeling);
· nada
(tone); dan
· amanat/tujuan/maksud
(intention)
|
· Mendata
kata-kata yang menunjukan diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa,
rima/irama, tipografi, tema/makna (sense);
rasa (feeling), nada (tone), dan
amanat/tujuan/maksud (intention), dalam puisi.
· Menulis
puis dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa,
rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (intention).
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis.
|
4.17
Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
|
||
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu
buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
·
Resensi Buku
|
Membuat resensi buku yang dibaca
·
Menganalisis kelebihan dan
kekurangan buku yang dibaca
·
Menyusun resensi buku nonfiksi yang
dibaca dengan memperhatikan unsur resensi
·
Mempresentasikan dan menanggapi
resensi buku yang ditulis
|
4.18
Mereplikasikan isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi
|
Sunday, 11 November 2018
Silabus Pembelajaran Sastra Indonesia
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment