Sunday 11 November 2018

Silabus Pembelajaran Sastra Indonesia



3.7  Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
·      Karakeristik hikayat. 
·      Isi hikayat.
·      Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).



·    Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat.
·    Menyusunteks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
·    Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang telah disusun

4.7  Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.


3.8  Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.

·      Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
·      Gaya bahasa.
·      Kata arkais (kuno).


·    Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
·     Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
·     Mempresesntasikan, menanggapi, dan  merevisiteks cerpen yang disusun.

4.8  Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
3.9    Menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.

·      Ikhtisar



Laporan Hasil Membaca Buku

·    Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
·    Mempresentasikan,  mengomentari, dan merevisiikhtisaryang dilaporkan.


4.9    Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
Puisi :
(semua jenis puisi)
·      isi;
·      tema;
·      makna;
·      amanat; dan
·      suasana.


·      Mendata suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
·      Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo).

4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
3.17 Menganilisis unsur pembangun puisi.
Unsur-unsur pembangun puisi:
·      diksi;
·      imaji;
·      kata konkret;
·      gaya bahasa;
·      rima/irama;
·      tipografi;
·      tema/makna (sense);
·      rasa (feeling);
·      nada (tone); dan
·      amanat/tujuan/maksud (intention)
·      Mendata kata-kata yang menunjukan diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (intention), dalam puisi.
·      Menulis puis dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (intention).
·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis.
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
·         Resensi Buku
Membuat resensi buku yang dibaca
·         Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca
·         Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca dengan memperhatikan unsur resensi
·         Mempresentasikan dan menanggapi resensi buku yang ditulis
4.18 Mereplikasikan isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi

No comments:

Post a Comment