Sunday 6 January 2019

Contoh Indikator Pencapaian Kompetensi Pada Kurikulum 2013



1.      Laporan Hasil Observasi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.



4.1  Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
3.1.1        Siswa mampu mengenal teks laporan hasil observasi
3.1.2        Siswa mampu menjelaskan isi pokok dalam teks laporan hasil observasi
3.1.3        Siswa mampu menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
4.1.1        Siswa mampu menelaah isi teks laporan hasil observasi
4.1.2        Siswa mampu menyusun ringkasan teks hasil observasi berdasarkan  struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.3        Siswa mampu mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, da nisi teks laporan hasil observasi.
3.2  Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.





4.2  Mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan memperhatiakan isi dan aspek kebahasaan.
3.2.1        Siswa mampu mengingat kembali isi dan aspek kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
3.2.2        Siswa mampu membandingkan isi  dan aspek kebahasaan dalam dua teks laporan hasil observasi yang dibandingkan
3.2.3        Siswa mampu menemukan isi dan aspek kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
4.2.1        Siswa mampu menentukan garis besar isi dan aspek kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
4.2.2        Siswa mampu menulis teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi dan aspek kebahasaan
4.2.3        Siswa mampu mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang disusun.



2.      Teks Eksposisi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3  Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca

4.3  Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis
3.3.1        Siswa mampu mengenal teks eksposisi
3.3.2        Siswa mampu mengidentifikasi struktur dan isi teks eksposisi yang dibaca atau di dengar
3.3.3        Siswa mampu menemukan ciri kebahasaan teks eksposisi 
4.3.1        Siswa mampu menentukan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
4.3.2        Siswa mampu mengembangkan isi (argument, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
4.3.3        Siswa mampu mempresentasikan isi (argument, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang dikembangkan
3.4  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.



4.4  Mengonstruksi teks eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
3.4.1        Siswa mampu mengingat kembali teks eksposisi
3.4.2        Siswa mampu mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks eksposisi
3.4.3        Siswa mampu membandingkan struktur dan kebahasaan dalam dua teks eksposisi 
4.4.1        Siswa mampu menentukan isi (permasalahan, argument, pengetahuan, dan rekkomendasi), struktur dan kebahasaan teks eksposisi
4.4.2        Siswa mampu menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan menentukan isi (permasalahan, argument, pengetahuan, dan rekkomendasi), struktur dan kebahasaan teks eksposisi
4.4.3        Siswa mampu mempresentasikan terhadap teks eksposisi yang disusun dan saling memberikan komentar



3.      Anekdot
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5  Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.


4.5  Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.
3.5.1        Siswa mampu mengenal teks anekdot
3.5.2        Siswa mampu menemukan isi dan makna tersirat dalam teks anekdot
3.5.3        Siswa mampu menilai isi dan makna tersirat dalam teks anekdot
4.5.1        Siswa mampu menentukan isi dan makna tersirat teks anekdot
4.5.2        Siswa mampu menyusun kembali teks anekdot dengan memperhatikan isi dan makna tersirat dalam teks anekdot
4.5.3        Siswa mampu mempresentasikan teks anekdot yang disusun kembali berdasarkan isi dan makna yang tersirat
3.6      Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot


4.6      Menciptakan kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur, dan kebahasaan
3.6.1        Siswa mampu mengenal kembali teks anekdot
3.6.2        Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks anekdot
3.6.3        Siswa mampu menentukan aspek kebahasaan dalam teks anekdot
4.6.1        Siswa mampu menguraikan struktur dan kebahasaan teks anekdot
4.6.2        Siswa mampu meyusun teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan teks anekdot
4.6.3        Siswa mampu mempresentasikan teks anekdot yang disusun dengan intonasi yang tepat











4.      Hikayat
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7  Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.





4.7  Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
3.7.1        Siswa mampu mengenal cerita rakyat (hikayat)
3.7.2        Siswa mampu mengidentifikasi  nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat)  baik lisan maupun tulis
3.7.3        Siswa mampu menentukan pokok-pokok isi dan karakteristik cerita rakyat (hikayat)
4.7.1        Siswa mampu menentukan pokok- nilai-nilai dalam cerita rakyat (hikayat) yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini
4.7.2        Siswa mampu menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi dan nilai-nilai dalam hikayat
4.7.3        Siswa mampu mempresentasikan teks eksposisi yang disusun berdasarkan isi dan nilai-nilai dalam hikayat
3.8  Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.





4.8  Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
3.8.1        Siswa mampu mengenal kembali  cerita rakyat (hikayat) dan cerpen
3.8.2        Siswa mampu membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan dalam cerita rakyat dan cerpen
3.8.3        Siswa mampu menguraikan persamaan dan perbedaan nilai-nilai dalam cerita rakyat dan cerpen
4.8.1        Siswa mampu mengembangkan alur cerita dalam cerita rakyat
4.8.2        Siswa mampu menyusun kembali cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memperhatikan isi dan nilai-nilai
4.8.3        Siswa mampu mempresentasikan cerpen yang disusun berdasarkan isi dan nilai-nilai dalam hikayat




5.      Ikhtisar Buku
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9  Menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
3.9.1        Siswa mampu membaca buku fiksi dan nonfiksi
3.9.2        Siswa mampu menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi yang dibaca
3.9.3        Siswa mampu menentukan butir-butir penting dari novel yang dibaca
4.9  Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
4.9.1        Siswa mampu mengembangkan butir-butir penting dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.9.2        Siswa mampu menyusun butir-butir penting dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca dalam bentuk ikhtisar
4.9.3        Siswa mampu mempresentasikan dan/atau mengomentari iktisar yang disusun


No comments:

Post a Comment