1.
Laporan Hasil Observasi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
4.1 Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis.
|
3.1.1
Siswa mampu mengenal teks laporan
hasil observasi
3.1.2
Siswa mampu menjelaskan isi pokok
dalam teks laporan hasil observasi
3.1.3
Siswa mampu menentukan ciri
kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
|
4.1.1
Siswa mampu menelaah isi teks
laporan hasil observasi
4.1.2
Siswa mampu menyusun ringkasan
teks hasil observasi berdasarkan
struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.3
Siswa mampu mempresentasikan
hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri
kebahasaan, da nisi teks laporan hasil observasi.
|
|
3.2 Menganalisis
isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.
4.2 Mengonstruksi
teks laporan hasil observasi dengan memperhatiakan isi dan aspek kebahasaan.
|
3.2.1
Siswa mampu mengingat kembali isi
dan aspek kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
3.2.2
Siswa mampu membandingkan
isi dan aspek kebahasaan dalam dua
teks laporan hasil observasi yang dibandingkan
3.2.3
Siswa mampu menemukan isi dan
aspek kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
|
4.2.1
Siswa mampu menentukan garis
besar isi dan aspek kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
4.2.2
Siswa mampu menulis teks laporan
hasil observasi dengan memperhatikan isi dan aspek kebahasaan
4.2.3
Siswa mampu mempresentasikan teks
laporan hasil observasi yang disusun.
|
2.
Teks Eksposisi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Menganalisis
struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi),
kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
4.3 Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
secara lisan dan / tulis
|
3.3.1
Siswa mampu mengenal teks
eksposisi
3.3.2
Siswa mampu mengidentifikasi
struktur dan isi teks eksposisi yang dibaca atau di dengar
3.3.3
Siswa mampu menemukan ciri
kebahasaan teks eksposisi
|
4.3.1
Siswa mampu menentukan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi
4.3.2
Siswa mampu mengembangkan isi
(argument, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
4.3.3
Siswa mampu mempresentasikan isi
(argument, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang dikembangkan
|
|
3.4 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
4.4 Mengonstruksi
teks eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
3.4.1
Siswa mampu mengingat kembali
teks eksposisi
3.4.2
Siswa mampu mengidentifikasi
struktur dan kebahasaan teks eksposisi
3.4.3
Siswa mampu membandingkan
struktur dan kebahasaan dalam dua teks eksposisi
|
4.4.1
Siswa mampu menentukan isi
(permasalahan, argument, pengetahuan, dan rekkomendasi), struktur dan
kebahasaan teks eksposisi
4.4.2
Siswa mampu menyusun teks
eksposisi dengan memperhatikan menentukan isi (permasalahan, argument,
pengetahuan, dan rekkomendasi), struktur dan kebahasaan teks eksposisi
4.4.3
Siswa mampu mempresentasikan
terhadap teks eksposisi yang disusun dan saling memberikan komentar
|
3.
Anekdot
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.
|
3.5.1
Siswa mampu mengenal teks anekdot
3.5.2
Siswa mampu menemukan isi dan
makna tersirat dalam teks anekdot
3.5.3
Siswa mampu menilai isi dan makna
tersirat dalam teks anekdot
|
4.5.1
Siswa mampu menentukan isi dan
makna tersirat teks anekdot
4.5.2
Siswa mampu menyusun kembali teks
anekdot dengan memperhatikan isi dan makna tersirat dalam teks anekdot
4.5.3
Siswa mampu mempresentasikan teks
anekdot yang disusun kembali berdasarkan isi dan makna yang tersirat
|
|
3.6
Menganalisis struktur
dan kebahasaan teks anekdot
4.6
Menciptakan kembali
teks anekdot dengan memperhatikan struktur, dan kebahasaan
|
3.6.1
Siswa mampu mengenal kembali teks
anekdot
3.6.2
Siswa mampu mengidentifikasi
struktur teks anekdot
3.6.3
Siswa mampu menentukan aspek
kebahasaan dalam teks anekdot
|
4.6.1
Siswa mampu menguraikan struktur
dan kebahasaan teks anekdot
4.6.2
Siswa mampu meyusun teks anekdot
dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan teks anekdot
4.6.3
Siswa mampu mempresentasikan teks
anekdot yang disusun dengan intonasi yang tepat
|
4.
Hikayat
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang
terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang
didengar dan dibaca.
|
3.7.1
Siswa mampu mengenal cerita
rakyat (hikayat)
3.7.2
Siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam cerita
rakyat (hikayat) baik lisan maupun
tulis
3.7.3
Siswa mampu menentukan pokok-pokok
isi dan karakteristik cerita rakyat (hikayat)
|
4.7.1
Siswa mampu menentukan pokok-
nilai-nilai dalam cerita rakyat (hikayat) yang masih sesuai dengan kehidupan
saat ini
4.7.2
Siswa mampu menyusun teks
eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi dan nilai-nilai dalam hikayat
4.7.3
Siswa mampu mempresentasikan teks
eksposisi yang disusun berdasarkan isi dan nilai-nilai dalam hikayat
|
|
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan
cerita rakyat dan cerpen.
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke
dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
3.8.1
Siswa mampu mengenal kembali cerita rakyat (hikayat) dan cerpen
3.8.2
Siswa mampu membandingkan
nilai-nilai dan kebahasaan dalam cerita rakyat dan cerpen
3.8.3
Siswa mampu menguraikan persamaan
dan perbedaan nilai-nilai dalam cerita rakyat dan cerpen
|
4.8.1
Siswa mampu mengembangkan alur
cerita dalam cerita rakyat
4.8.2
Siswa mampu menyusun kembali
cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memperhatikan isi dan nilai-nilai
4.8.3
Siswa mampu mempresentasikan
cerpen yang disusun berdasarkan isi dan nilai-nilai dalam hikayat
|
5.
Ikhtisar Buku
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.9 Menyebutkan
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.9.1
Siswa mampu membaca buku fiksi
dan nonfiksi
3.9.2
Siswa mampu menemukan butir-butir
penting dari buku nonfiksi yang dibaca
3.9.3
Siswa mampu menentukan
butir-butir penting dari novel yang dibaca
|
4.9 Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu
novel yang dibaca.
|
4.9.1
Siswa mampu mengembangkan
butir-butir penting dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.9.2
Siswa mampu menyusun butir-butir
penting dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca dalam bentuk ikhtisar
4.9.3
Siswa mampu mempresentasikan
dan/atau mengomentari iktisar yang disusun
|
No comments:
Post a Comment