Telaah Buku Teks “Bahasa Indonesia Untuk
SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII”
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Telaah Buku
Teks
Dosen Pengampu Ayu Wulandari, M.Pd.
oleh:
Dwi
Astuti Asih
1610301071
IVB
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TIDAR
2018
(1) Identitas Buku
Judul
: Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII-Edisi Revisi
2018
Penulis
: Maman Suryaman, Suherli, dan Istiqomah.
Penelaah
: Dwi Purnanto dan Muhammad Rapi
Pe-review
: Ratna Ningrum
Penyelia Penerbitan: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
(2)
Telaah Buku Teks
Bahasa Indonesia pada Bab I Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
1.
Berdasarkan
Standar Materi
Ø Materi Berdasarkan
Kurikulum
Subbab
|
Hasil Analisis
Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
|
·
Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus
Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.1 Mengidentifikasi isi dan
sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·
Materi Pembelajaran:
Surat lamaran pekerjaan à identifikasi
surat, isi, sistematika, bahasa, lampiran, kalimat efektif.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan.
-
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi
sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran
pekerjaan.
-
Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran
pekerjaan.
|
B.
Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
|
·
Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus
Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur
kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·
Materi Pembelajaran:
Surat lamaran pekerjaan à unsur
kebahasaan, penulisan EYD, dan daftar riwayat hidup.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Memahami unsur-unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan
-
Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada
surat lamaran pekerjaan.
|
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi
Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
|
·
Pada Subbab sudah ini sesuai dengan silabus
Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika
dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Materi Pembelajaran:
Surat lamaran pekerjaan à identifikasi
surat, isi, sistematika, bahasa, lampiran, kalimat efektif.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat
lamaran pekerjaan.
-
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi
sistematika unsur-unsur isi surat lamaran ekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Mengidentifikasikan sistematika dan ususr-unsur isi
surat lamaran pekerjaan.
-
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat
lamaran pekerjaan.
|
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
|
·
Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus
Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·
Materi Pembelajaran:
Surat lamaran pekerjaan à unsur
kebahasaan, penulisan EYD, dan daftar riwayat hidup.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
-
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi
sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan surat
lamaran pekerjaan
-
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
|
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus
Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai
yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama
(fiksi).
·
Materi Pembelajaran:
laporan hasil pembacaan buku pengayaan
(nonfiksi) dan drama fiksi.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai
dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi.
-
Mempresentasikan laporan buku yang ditulisnya.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi
(buku penganyaan)
·
Melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk rekaman
tertulis dalam bukun laporan membaca.
|
Kesimpulan:
Pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini, materi dalam Subbab A, B, C, D,
dan E sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 karena Kompetensi Dasar, materi
pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam buku teks sudah
sesuai dengan silabus.
|
Ø Tidak Mengandung
Unsur SARA
Subbab
|
Hasil Analisis
Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
|
·
Pada Subbab ini tidak mengandung unsur SARA, karena
dalam buku teks hanya berisi: pengantar, materi tentang surat lamaran
pekerjaan, dan contoh surat lamaran pekerjaan (halaman 2-5); materi tentang
penjenisan surat lamaran pekerjaan dan contoh surat lamaran surat pekerjaan
(halaman 6-7); latihan dan rubric
jawaban pada kegiatan 1 (halaman 7-8); latihan dan rubric jawaban pada
latihan 2 (halaman 8)
|
B.
Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
|
·
Pada Subbab ini tidak mengandung unsur SARA, karena
dalam buku teks hanya berisi: pengantar dan materi tentang ketentuan surat
lamaran pekerjaan (halaman 9-10); contoh dan latihan pada kegiatan 1 (halaman
11); contoh dan tabel pembanding (halaman 13-15)
|
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi
Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
|
·
Pada Subbab ini tidak mengandung unsur SARA, karena
dalam buku teks hanya berisi: pengantar dan materi penjelasan komponen
sistematika (halaman 16); Kegiatan mengidentifikasikan surat lamaran kerja
(halaman 19); tabel identifikasi (halaman 20); kegiatan menyimpulkan
sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan (halaman 20-21)
|
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
|
·
Pada Subbab ini tidak mengandung unsur SARA, karena
dalam buku teks hanya berisi: pengantar dan materi tentang membuat surat
lamaran pekerjaan, tugas menentukan sistematika, dan kebahasaan surat lamaran
pekerjaaan, tabel (halaman 22-23); contoh surat lamaran pekerjaan (halaman
24); contoh daftar riwayat hidup dan tabel identifikasi (halaman 25); latihan
menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan dan tabel (halaman 26)
|
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Pada Subbab ini tidak mengandung unsur SARA, karena
dalam buku teks hanya berisi: pengantar, latihan menentukan butir-butir
penting dari buku nonfiksi (halaman 28); tabel laporan kegiatan membaca
(halaman 29); rangkuman materi secara keseluruhan (halaman 30)
|
Keimpulan: Kesimpulan: Pada Bab I buku
teks Bahasa Indonesia ini, materi dalam Subbab A, B, C, D, dan E tidak
mengandung unsur SARA karena bahasa yang digunakan dalam pengantar,
penyampaian materi, dan contoh tidak menyinggung suku, agama, ras, dan
antargolongan manapun.
|
Ø Dapat Dipertanggungjawabkan
Kebenarannya
·
Subbab:
A. Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
Hasil
Analisis Buku Teks:
-
Contoh
surat lamaran pekerjaan pada Subbab ini (halaman 3) dapat dipertanggungjawabkan
kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni ”http://www.contohsuratdinas.com”.
-
Contoh
surat lamaran pekerjaan pada Subbab ini (halaman 6-7) dapat
dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni
“Romadi dan Rustamaji, 2010:4”
·
Subbab:
B. Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)
Hasil
Analisis Buku Teks:
-
Materi
pada Subbab ini (halaman 10) dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena
mencantumkan sumber yang jelas, yakni ”Romadi dan Rustamaji, 2010:4”
-
Contoh
surat lamaran pekerjaan pada Subbab ini (halaman 11-12) dapat
dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni
”http://www.makalahproposal.blogspot.com”
-
Contoh
surat lamaran pekerjaan 1 pada Subbab ini (halaman 13) dapat
dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni
http://adewahyutriani.blogspot.co.id
-
Contoh
surat lamaran pekerjaan 2 pada Subbab ini (halaman 14) dapat
dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni
http://infokerjaan.baru.blogspot.co.id
·
Subbab:
C. Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan
(Halaman 15-21)
Hasil
Analisis Buku Teks:
-
Contoh
surat lamaran pekerjaan pada Subbab ini (halaman 19 ) dapat
dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni
http://contohsuratlamaranpekerjaan001.co.id/
·
Subbab:
D. Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
Hasil
Analisis Buku Teks:
-
Contoh
daftar riwayat hidup pada Subbab ini (halaman 25) dapat dipertanggungjawabkan
kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni http://solehamin.wordpress.com
·
Subbab:
E. Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
Hasil
Analisis Buku Teks:
-
Materi
pada Subbab ini tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena tidak mencantumkan
sumber yang jelas.
·
Kesimpulan:
Buku teks Bahasa Indonesia ini dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena
sebagian besar materi dan contoh-contohnya mencantumkan sumber yang jelas.
Ø Kelengkapan Materi
Subbab
|
Hasil Analisis Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
|
·
Kompetensi Dasar: 3.1 Mengidentifikasi isi dan
sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·
Materi pada Subbab ini sudah lengkap karena sudah
sesuai dengan materi yang terdapat dalam silabus.
·
Materi Pembelajaran dalam Silabus:
Surat
lamaran pekerjaan à identifikasi
surat, isi, sistematika, bahasa, lampiran, kalimat efektif.
·
Materi dalam Buku Teks:
Surat
lamaran pekerjaan:
-
Identifikasi surat terdapat di halaman 5-6 à berisi tentang
pengertian surat lamaran pekerjaan dan penjenisan surat lamaran.
-
Materi bahasa dan kalimat efektif dalam surat
lamaran pekerjaan terdapat di halaman 4.
-
Materi tentang isi, sistematika, dan lampiran surat
lamaran pekerjaan terdapat di halaman 7.
-
Terdapat contoh surat lamaran pekerjaan (halaman 3,
5, 6, 7, dan 8)
|
B.
Memformulasikan Unsur aKebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
|
·
Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur
kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·
Materi pada Subbab ini belum lengkap karena belum
sesuai dengan materi yang terdapat dalam silabus
·
Materi Pembelajaran dalam Silabus:
Surat
lamaran pekerjaan à unsur
kebahasaan, penulisan EYD, dan daftar riwayat hidup.
·
Materi dalam Buku Teks: hanya materi tentang unsur
kebahasaan dalam surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman 9-11.
|
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi
Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
|
·
Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika
dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Materi pada Subbab ini belum lengkap karena belum
sesuai dengan materi yang terdapat dalam silabus
·
Materi Pembelajaran dalam Silabus:
Surat
lamaran pekerjaan à identifikasi
surat, isi, sistematika, bahasa, lampiran, kalimat efektif.
·
Materi dalam Buku Teks: hanya berisi materi tentang
penjelasan sistematika surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman
16-17)
|
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
|
·
Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·
Materi pada Subbab ini belum lengkap karena belum
sesuai dengan materi yang terdapat dalam silabus
·
Materi Pembelajaran dalam Silabus:
Surat
lamaran pekerjaan à unsur
kebahasaan, penulisan EYD, dan daftar riwayat hidup.
·
Materi dalam Buku Teks: hanya materi tentang tips
dalam membuat surat lamaran pekerjaan (halaman 22) dan contoh daftar riwayat
hidup (halaman 25).
|
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai
yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama
(fiksi).
·
Materi pada subbab ini sudah lengkap karena sudah
sesuai dengan materi yang terdapat dalam silabus.
·
Materi Pembelajaran dalam Silabus:
laporan
hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan drama fiksi.
·
Materi dalam Buku Teks: materi tentang
langkah-langkah laporan hasil membaca buku fiksi/nonfiksi.
|
Kesimpulan:
Materi pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini belum lengkap karena masih
ada salah satu materi yang belum dielaskan, yakni penulisan EYD untuk surat
lamaran pekerjaan.
|
Ø Keakuratan Materi
Subbab
|
Hasil Analisis Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
|
·
Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 3 dianggap
akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni ”http://www.contohsuratdinas.com”.
·
Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 5 dianggap
tidak akurat karena tidak disertai dengan sumber yang jelas.
·
Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 6-7
dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “Romadi dan
Rustamaji, 2010:4”
·
Contoh surat untuk teman di halaman 8 dianggap tidak
akurat karena tidak disertai sumber yang jelas.
|
B.
Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
|
·
Materi tentang surat lamaran pekerjaan di halaman 10
dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni” Romadi dan
Rustamaji, 2010:4”.
·
Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 11
dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “http://makalahproposal.blogspot.com”.
·
Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 13
dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “http://adewahyutriani.blogspot.co.id”.
·
Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 14
dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “http://carikerjaan.baru.blogspot.co.id”.
|
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat
Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
|
·
Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 18
dianggap tidak akurat karena tidak disertai dengan sumber yang jelas.
·
Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 19
dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “http://contohsuratlamaranpekerjaan001.co.id”.
|
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
|
·
Contoh daftar riwayat hidup di halaman 25 dianggap
akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “https://solehamin.wordpress.com”.
|
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Materi pada subbab ini dianggap belum akurat karena
tidak disertai dengan sumber yang jelas.
|
Kesimpulan:
Materi pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini dianggap akurat dan tidak
akurat karena ada beberapa materi yang sudah disertai dengan sumber yang
jelas dan adayang tidak disertai dengan sumber yang jelas.
|
Ø Kemutakhiran
Materi
Subbab
|
Hasil Analisis Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
B.
Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi
Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Materi yang terdapat dalam bab 1 buku teks Bahasa
Indonesia ini telah mengikuti kurikulum yang berlaku dan sudah mutakhir. Hal
itu dilihat pada contoh-contoh surat lamaran pekerjaan yang disajikan tertera
tahun 2008 (halaman 3, 11, 14, 24), tahun 2013 (halaman 13 dan 19), dan tahun
2015 (halaman 6-7). Buku teks ini dicetak pada tahun 2018 sehingga
contoh-contoh di atas termasuk up to
date.
|
Ø Merangsang Peserta
Didik Untuk Melakukan Inquiri
Subbab
|
Hasil Analisis
Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
|
·
Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus
Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.1 Mengidentifikasi isi dan
sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan.
-
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi
sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran
pekerjaan.
-
Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran
pekerjaan.
·
Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat
merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri, yaitu:
-
Kegiatan 1 Menentukan isi dan sistematika surat
lamaran pekerjaan (halaman 7-8)
-
Kegiatan 2 Menemukan hal-hal penting dalam surat
lamaran (halaman 8-9)
|
B.
Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
|
·
Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum
2013, yakni Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur kebahasaan surat
lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Memahami unsur-unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan
-
Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada
surat lamaran pekerjaan.
·
Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat
merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri, yaitu:
-
Kegiatan 1 Memahami unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan (halaman 11-12)
-
Kegiatan 1 Membandingkan unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan (halaman 11-15)
|
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi
Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
|
·
Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum
2013, yakni Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan
unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat
lamaran pekerjaan.
-
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi
sistematika unsur-unsur isi surat lamaran ekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Mengidentifikasikan sistematika dan ususr-unsur isi
surat lamaran pekerjaan.
-
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat
lamaran pekerjaan.
·
Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat
merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri, yaitu:
-
Kegiatan 1 Mengidentifikasi sistematika da nisi surat lamaran pekerjaan (halaman 18-20)
-
Kegiatan 2 Menyimpulkan sistematika dan isi surat
lamaran (halaman 21)
|
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
|
·
Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum
2013, yakni Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
-
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi
sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan surat
lamaran pekerjaan
-
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
·
Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat
merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri, yaitu:
-
Kegiatan 1 Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan
surat lamaran pekerjaan (halaman 22-25)
-
Kegiatan 2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memperbaiki isi, sistematika, dan kebahasaan
(halaman 26)
|
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum 2013,
yakni Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat
dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai
dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi.
-
Mempresentasikan laporan buku yang ditulisnya.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi
(buku penganyaan)
-
Melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk
rekaman tertulis dalam bukun laporan membaca.
·
Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat
merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri, yaitu:
-
Kegiatan 1 Menemukan butir-butir penting dari buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan nilai-nilai dari buku fiksi yang dibaca
(halaman 27)
-
Kegiatan 2 Melaporkan kegiatan membaca buku (halaman
29)
|
Kesimpulan:
Pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini, materi dalam Subbab A, B, C, D,
dan E sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 dan dilengkapi dengan
kegiatan-kegiatan yang merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri.
|
2.
Berdasarkan Teknik
Penyajian
Ø Memperhatikan Kebermaknaan
dan Kebermanfaatan
Subbab
|
Hasil Analisis Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
|
·
Kompetensi Dasar: 3.1 Mengidentifikasi isi dan
sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·
Materi dalam Buku Teks:
Surat
lamaran pekerjaan:
-
Identifikasi surat terdapat di halaman 5-6 à berisi tentang
pengertian surat lamaran pekerjaan dan penjenisan surat lamaran.
-
Materi bahasa dan kalimat efektif dalam surat
lamaran pekerjaan terdapat di halaman 4.
-
Materi tentang isi, sistematika, dan lampiran surat
lamaran pekerjaan terdapat di halaman 7.
-
Terdapat contoh surat lamaran pekerjaan (halaman 3,
5, 6, 7, dan 8)
·
Pada subbab ini sudah memperhatikan kebermaknaan dan
kebermanfaatan materi, yaitu membantu peserta didik untuk menentukan isi dan
sistematika dalam surat lamaran pekerjaan; serta membantu peserta didik untuk
menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan.
|
B.
Memformulasikan Unsur aKebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
|
·
Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur
kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·
Materi dalam Buku Teks: materi tentang unsur
kebahasaan dalam surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman 9-11.
·
Pada subbab ini sudah memperhatikan kebermaknaan dan
kebermanfaatan materi, yaitu membantu peserta didik untuk memahami unsur
kebahasaan surat lamaran pekerjaan dan membandingkan unsur kebahasaan surat
lamaran pekerjaan.
|
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi
Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
|
·
Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika
dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Materi dalam Buku Teks: hanya berisi materi tentang
penjelasan sistematika surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman
16-17)
·
Pada subbab ini sudah memperhatikan kebermaknaan dan
kebermanfaatan materi, yaitu membantu peserta didik untuk mengidentifikasi
sistematika dan isi surat lamaran
pekerjaan; serta menyimpulkan sistematika dan isi surat lamaran
|
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
|
·
Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·
Materi dalam Buku Teks: materi tentang tips dalam
membuat surat lamaran pekerjaan (halaman 22) dan contoh daftar riwayat hidup
(halaman 25).
·
Pada subbab ini sudah memperhatikan kebermaknaan dan
kebermanfaatan materi, yaitu membantu peserta didik untuk menentukan dan menyusun
surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
|
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai
yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama
(fiksi).
·
Materi dalam Buku Teks: materi tentang
langkah-langkah laporan hasil membaca buku fiksi/nonfiksi.
·
Pada subbab ini sudah memperhatikan kebermaknaan dan
kebermanfaatan materi, yaitu membantu peserta didik untuk menemukan
butir-butir penting dari buku nonfiksi (buku penganyaan) dan melaporkan
kegiatan membaca buku dalam bentuk rekaman tertulis dalam bukun laporan
membaca.
|
Kesimpulan:
Materi pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini sudah memperhatikan
kebermaknaan dan kebermanfaatan.
|
Ø Melibatkan Peserta
Didik Secara Aktif
Subbab
|
Hasil Analisis
Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
|
·
Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus
Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.1 Mengidentifikasi isi dan
sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan.
-
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi
sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran
pekerjaan.
-
Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan.
·
Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat
melibatkan peserta didik secara aktif yaitu:
-
Kegiatan 1 Menentukan isi dan sistematika surat
lamaran pekerjaan (halaman 7-8)
-
Kegiatan 2 Menemukan hal-hal penting dalam surat
lamaran (halaman 8-9)
|
B.
Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
|
·
Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum
2013, yakni Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur kebahasaan surat
lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Memahami unsur-unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan
-
Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada
surat lamaran pekerjaan
·
Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat melibatkan
peserta didik secara aktif yaitu:
-
Kegiatan 1 Memahami unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan (halaman 11-12)
-
Kegiatan 1 Membandingkan unsur kebahasaan surat
lamaran pekerjaan (halaman 11-15)
|
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat
Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
|
·
Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum
2013, yakni Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan
unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat
lamaran pekerjaan.
-
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi
sistematika unsur-unsur isi surat lamaran ekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Mengidentifikasikan sistematika dan ususr-unsur isi
surat lamaran pekerjaan.
-
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat
lamaran pekerjaan.
·
Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat
melibatkan peserta didik secara aktif yaitu:
-
Kegiatan 1
Mengidentifikasi sistematika da nisi
surat lamaran pekerjaan (halaman 18-20)
-
Kegiatan 2 Menyimpulkan sistematika dan isi surat
lamaran (halaman 21)
|
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
|
·
Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum
2013, yakni Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
-
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi
sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan surat
lamaran pekerjaan
-
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
·
Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat
melibatkan peserta didik secara aktif yaitu:
-
Kegiatan 1 Menentukan isi, sistematika, dan
kebahasaan surat lamaran pekerjaan (halaman 22-25)
-
Kegiatan 2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memperbaiki isi, sistematika, dan kebahasaan
(halaman 26)
|
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum
2013, yakni Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang
terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-
Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam
kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi.
-
Mempresentasikan laporan buku yang ditulisnya.
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi
(buku penganyaan)
-
Melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk
rekaman tertulis dalam bukun laporan membaca.
·
Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat
melibatkan peserta didik secara aktif yaitu:
-
Kegiatan 1 Menemukan butir-butir penting dari buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan nilai-nilai dari buku fiksi yang dibaca (halaman
27)
-
Kegiatan 2 Melaporkan kegiatan membaca buku (halaman
29)
|
Kesimpulan:
Pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini, materi dalam Subbab A, B, C, D,
dan E sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 dan dilengkapi dengan kegiatan-kegiatan
yang dapat melbatkan peserta didik secara aktif.
|
Ø Mengembangkan
Proses Pembentukan Pengetahuan
Subbab
|
Hasil Analisis Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
|
·
Kompetensi Dasar: 3.1 Mengidentifikasi isi dan
sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·
Materi dalam Buku Teks:
Surat
lamaran pekerjaan:
-
Identifikasi surat terdapat di halaman 5-6 à berisi tentang
pengertian surat lamaran pekerjaan dan penjenisan surat lamaran.
-
Materi bahasa dan kalimat efektif dalam surat
lamaran pekerjaan terdapat di halaman 4.
-
Materi tentang isi, sistematika, dan lampiran surat
lamaran pekerjaan terdapat di halaman 7.
-
Terdapat contoh surat lamaran pekerjaan (halaman 3,
5, 6, 7, dan 8)
·
Pada subbab ini sudah mengembangkan proses
pengetahuan. Setelah mempelajari materi beserta contoh-contohnya siswa bisa
mengembangkan pengetahuannya untuk menentukan isi dan sistematika dalam surat
lamaran pekerjaan, serta menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran
pekerjaan.
|
B.
Memformulasikan Unsur aKebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
|
·
Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur
kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·
Materi dalam Buku Teks: materi tentang unsur
kebahasaan dalam surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman 9-11.
·
Pada subbab ini sudah mengembangkan proses
pengetahuan. Setelah mempelajari materi siswa bisa membandingkan unsur
kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
|
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi
Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
|
·
Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika
dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·
Materi dalam Buku Teks: berisi materi tentang
penjelasan sistematika surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman
16-17)
·
Pada subbab ini sudah mengembangkan proses
pengetahuan. Setelah mempelajari materi beserta siswa bisa mengembangkan
pengetahuannya untuk mengidentifikasi sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan, serta menyimpulkan
sistematika dan isi surat lamaran tersebut.
|
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
|
·
Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·
Materi dalam Buku Teks: materi tentang tips dalam
membuat surat lamaran pekerjaan (halaman 22) dan contoh daftar riwayat hidup
(halaman 25).
·
Pada subbab ini sudah mengembangkan proses pengetahuan.
Setelah mempelajari materi beserta contohnya siswa bisa mengembangkan
pengetahuannya untuk menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan
isi, sistematika, dan kebahasaan.
|
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai
yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama
(fiksi).
·
Materi dalam Buku Teks: materi tentang
langkah-langkah laporan hasil membaca buku fiksi/nonfiksi.
·
Pada subbab ini sudah mengembangkan proses
pengetahuan. Setelah mempelajari materi beserta siswa bisa mengembangkan
pengetahuannya untuk menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi (buku
penganyaan) dan melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk rekaman
tertulis dalam bukun laporan membaca.
|
Kesimpulan:
Materi pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini sudah dilengkapi dengan
materi dan contoh serta kegiatan yang dapat mengembangkan proses pengetahuan.
|
Ø Variasi dalam
Penyampaian Informasi
Subbab
|
Hasil Analisis Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
B.
Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi
Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Penggunaan kata dan kalimat dalam penyampaian informasi pada buku teks
bahasa Indonesia ini sudah bervariatif dan tidak monoton.
|
Ø Meningkankan
Kualitas Pembelajaran
Subbab
|
Hasil Analisis
Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
|
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran
pekerjaan.
-
Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran
pekerjaan.
·
Dalam subbab ini sudah menyajikan latihan yang dapat
meningkatkan kulitas pembelajaran yaitu:
-
Kegiatan 1 Menentukan isi dan sistematika surat
lamaran pekerjaan (halaman 7-8)
-
Kegiatan 2 Menemukan hal-hal penting dalam surat
lamaran (halaman 8-9)
|
B.
Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
|
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Memahami unsur-unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan
-
Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada
surat lamaran pekerjaan
·
Dalam subbab ini sudah menyajikan latihan yang dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu:
-
Kegiatan 1 Memahami unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan (halaman 11-12)
-
Kegiatan 1 Membandingkan unsur kebahasaan surat
lamaran pekerjaan (halaman 11-15)
|
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi
Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
|
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Mengidentifikasikan sistematika dan ususr-unsur isi
surat lamaran pekerjaan.
-
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat
lamaran pekerjaan.
·
Dalam subbab ini sudah menyajikan latihan yang dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu:
-
Kegiatan 1
Mengidentifikasi sistematika da nisi
surat lamaran pekerjaan (halaman 18-20)
-
Kegiatan 2 Menyimpulkan sistematika dan isi surat
lamaran (halaman 21)
|
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
|
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan surat
lamaran pekerjaan
-
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
·
Dalam subbab ini sudah menyajikan latihan yang dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu:
-
Kegiatan 1 Menentukan isi, sistematika, dan
kebahasaan surat lamaran pekerjaan (halaman 22-25)
-
Kegiatan 2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memperbaiki isi, sistematika, dan kebahasaan
(halaman 26)
|
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-
Menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi
(buku penganyaan)
-
Melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk
rekaman tertulis dalam bukun laporan membaca.
·
Dalam subbab ini sudah menyajikan latihan yang dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu:
-
Kegiatan 1 Menemukan butir-butir penting dari buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan nilai-nilai dari buku fiksi yang dibaca
(halaman 27)
-
Kegiatan 2 Melaporkan kegiatan membaca buku (halaman
29)
|
Kesimpulan:
Pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini, materi dalam Subbab A, B, C, D,
dan E sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 dan dilengkapi dengan kegiatan-kegiatan
yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
|
Ø Memperhatikan
Kesetaraan Gender
Subbab
|
Hasil Analisis Buku Teks
|
A.
Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran
Pekerjaan (Halaman 2-9)
B.
Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan (Halamn 9-15)
C.
Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi
Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
D.
Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
E.
Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
|
·
Pada buku teks Bahasa Indonesia ini sudah
memperhatikan kesetaraan gender karena tidak menitikberatkan pada salah satu
gender saja. Hal ini dibuktikan pada contoh surat lamaran pekerjaan yang
menggunakan tokoh laki-laki (halaman 3, 5, 6, dan 14) dan tokoh perempuan
(halaman 8, 11, 13, dan 24)
|
Ø Memperhatikan Kode
Etik dan Hak Cipta
·
Buku
teks Berbahasa Indonesia ini merupakan
objek dari Hak Kekayaan
Intelektual seseorang yang perlindungannya diatur dalam Undang-Undang
Hak Cipta No.19 Tahun 2002.
·
Hak
Cipta buku ini dimiliki oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan
dilingdungi Undang-Undang.
Ø Menarik dan
Dilengkapi Gambar Beserta Keterangan
Buku ini sudah cukup menarik karena:
·
Covernya
berwarna cerah
·
Dilengkapi
dengan ilustrasi yang sesuai dengan judul.
·
Setiap
subbab dilengkapi dengan peta konsep dann tabel berwarna berisi indicator yang
ingin dicapai.
Ø Sesuai dengan
Kontens Buku
·
Buku
teks ini sudah sesuai dengan silabus, hanya saja susunan subbab dalam daftar
isi dengan isi buku ada sedikit yang berbeda, yakni dalam daftar isi subbab B. Menyajikan
Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (dalam isi
buku ini merupakan subbab C) namun dalam isi buku subbab B. Memformulasikan
Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan
(dalam daftar isi ini merupakan subbab C) .
·
Ilustrasi
yang disisipkan pada bab I ini juga sudah sesuai dengan kontens buku.
No comments:
Post a Comment