Wednesday, 5 September 2018

Contoh Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia


Telaah Buku Teks “Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII”
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Telaah Buku Teks
Dosen Pengampu Ayu Wulandari, M.Pd.
                                                                   

oleh:
Dwi Astuti Asih          
1610301071
IVB

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TIDAR
2018



(1)   Identitas Buku
Judul                      : Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII-Edisi Revisi
   2018
Penulis                    : Maman Suryaman, Suherli, dan Istiqomah.
Penelaah                 : Dwi Purnanto dan Muhammad Rapi
Pe-review               : Ratna Ningrum
Penyelia Penerbitan:  Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
(2)   Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia pada Bab I Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
1.      Berdasarkan Standar Materi
Ø  Materi Berdasarkan Kurikulum
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
·        Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·        Materi Pembelajaran:
Surat lamaran pekerjaan à identifikasi surat, isi, sistematika, bahasa, lampiran, kalimat efektif.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan.
-         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan.
-         Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan.
B.     Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)

·        Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·        Materi Pembelajaran:
Surat lamaran pekerjaan à unsur kebahasaan, penulisan EYD, dan daftar riwayat hidup.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Memahami unsur-unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
-         Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan.
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
·        Pada Subbab sudah ini sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Materi Pembelajaran:
Surat lamaran pekerjaan à identifikasi surat, isi, sistematika, bahasa, lampiran, kalimat efektif.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
-         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika unsur-unsur isi surat lamaran ekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Mengidentifikasikan sistematika dan ususr-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
-         Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
·        Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·        Materi Pembelajaran:
Surat lamaran pekerjaan à unsur kebahasaan, penulisan EYD, dan daftar riwayat hidup.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
-         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan
-         Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
·        Materi Pembelajaran:
laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan drama fiksi.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi.
-         Mempresentasikan laporan buku yang ditulisnya.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi (buku penganyaan)
·        Melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk rekaman tertulis dalam bukun laporan membaca.
Kesimpulan: Pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini, materi dalam Subbab A, B, C, D, dan E sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 karena Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam buku teks sudah sesuai dengan silabus.
Ø  Tidak Mengandung Unsur SARA
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)

·        Pada Subbab ini tidak mengandung unsur SARA, karena dalam buku teks hanya berisi: pengantar, materi tentang surat lamaran pekerjaan, dan contoh surat lamaran pekerjaan (halaman 2-5); materi tentang penjenisan surat lamaran pekerjaan dan contoh surat lamaran surat pekerjaan (halaman 6-7);  latihan dan rubric jawaban pada kegiatan 1 (halaman 7-8); latihan dan rubric jawaban pada latihan 2 (halaman 8)
B.     Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)
·        Pada Subbab ini tidak mengandung unsur SARA, karena dalam buku teks hanya berisi: pengantar dan materi tentang ketentuan surat lamaran pekerjaan (halaman 9-10); contoh dan latihan pada kegiatan 1 (halaman 11); contoh dan tabel pembanding (halaman 13-15)
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
·        Pada Subbab ini tidak mengandung unsur SARA, karena dalam buku teks hanya berisi: pengantar dan materi penjelasan komponen sistematika (halaman 16); Kegiatan mengidentifikasikan surat lamaran kerja (halaman 19); tabel identifikasi (halaman 20); kegiatan menyimpulkan sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan (halaman 20-21)
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
·        Pada Subbab ini tidak mengandung unsur SARA, karena dalam buku teks hanya berisi: pengantar dan materi tentang membuat surat lamaran pekerjaan, tugas menentukan sistematika, dan kebahasaan surat lamaran pekerjaaan, tabel (halaman 22-23); contoh surat lamaran pekerjaan (halaman 24); contoh daftar riwayat hidup dan tabel identifikasi (halaman 25); latihan menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan dan tabel (halaman 26)
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Pada Subbab ini tidak mengandung unsur SARA, karena dalam buku teks hanya berisi: pengantar, latihan menentukan butir-butir penting dari buku nonfiksi (halaman 28); tabel laporan kegiatan membaca (halaman 29); rangkuman materi secara keseluruhan (halaman 30)
Keimpulan: Kesimpulan: Pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini, materi dalam Subbab A, B, C, D, dan E tidak mengandung unsur SARA karena bahasa yang digunakan dalam pengantar, penyampaian materi, dan contoh tidak menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan manapun.
Ø  Dapat Dipertanggungjawabkan Kebenarannya
·        Subbab: A. Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
Hasil Analisis Buku Teks:
-         Contoh surat lamaran pekerjaan pada Subbab ini (halaman 3) dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni  http://www.contohsuratdinas.com”.

-         Contoh surat lamaran pekerjaan pada Subbab ini (halaman 6-7) dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni “Romadi dan Rustamaji, 2010:4”
·        Subbab: B. Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)
Hasil Analisis Buku Teks:
-         Materi pada Subbab ini (halaman 10) dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni ”Romadi dan Rustamaji, 2010:4”

-         Contoh surat lamaran pekerjaan pada Subbab ini (halaman 11-12) dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni ”http://www.makalahproposal.blogspot.com

-         Contoh surat lamaran pekerjaan 1 pada Subbab ini (halaman 13) dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni http://adewahyutriani.blogspot.co.id
-         Contoh surat lamaran pekerjaan 2 pada Subbab ini (halaman 14) dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni http://infokerjaan.baru.blogspot.co.id
·        Subbab: C. Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
Hasil Analisis Buku Teks:
-         Contoh surat lamaran pekerjaan pada Subbab ini (halaman 19 ) dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni http://contohsuratlamaranpekerjaan001.co.id/
·        Subbab: D. Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
Hasil Analisis Buku Teks:
-         Contoh daftar riwayat hidup pada Subbab ini (halaman 25) dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena mencantumkan sumber yang jelas, yakni http://solehamin.wordpress.com
·        Subbab: E. Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
Hasil Analisis Buku Teks:
-         Materi pada Subbab ini tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena tidak mencantumkan sumber yang jelas.
·        Kesimpulan: Buku teks Bahasa Indonesia ini dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena sebagian besar materi dan contoh-contohnya mencantumkan sumber yang jelas.
Ø  Kelengkapan Materi
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
·        Kompetensi Dasar: 3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·        Materi pada Subbab ini sudah lengkap karena sudah sesuai dengan materi yang terdapat dalam silabus.
·        Materi Pembelajaran dalam Silabus:
Surat lamaran pekerjaan à identifikasi surat, isi, sistematika, bahasa, lampiran, kalimat efektif.
·        Materi dalam Buku Teks:
Surat lamaran pekerjaan:
-         Identifikasi surat terdapat di halaman 5-6 à berisi tentang pengertian surat lamaran pekerjaan dan penjenisan surat lamaran.
-         Materi bahasa dan kalimat efektif dalam surat lamaran pekerjaan terdapat di halaman 4.
-         Materi tentang isi, sistematika, dan lampiran surat lamaran pekerjaan terdapat di halaman 7.
-         Terdapat contoh surat lamaran pekerjaan (halaman 3, 5, 6, 7, dan 8)
B.     Memformulasikan Unsur aKebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)

·        Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·        Materi pada Subbab ini belum lengkap karena belum sesuai dengan materi yang terdapat dalam silabus
·        Materi Pembelajaran dalam Silabus:
Surat lamaran pekerjaan à unsur kebahasaan, penulisan EYD, dan daftar riwayat hidup.
·        Materi dalam Buku Teks: hanya materi tentang unsur kebahasaan dalam surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman 9-11.
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
·        Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Materi pada Subbab ini belum lengkap karena belum sesuai dengan materi yang terdapat dalam silabus
·        Materi Pembelajaran dalam Silabus:
Surat lamaran pekerjaan à identifikasi surat, isi, sistematika, bahasa, lampiran, kalimat efektif.
·        Materi dalam Buku Teks: hanya berisi materi tentang penjelasan sistematika surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman 16-17)
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
·        Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·        Materi pada Subbab ini belum lengkap karena belum sesuai dengan materi yang terdapat dalam silabus
·        Materi Pembelajaran dalam Silabus:
Surat lamaran pekerjaan à unsur kebahasaan, penulisan EYD, dan daftar riwayat hidup.
·        Materi dalam Buku Teks: hanya materi tentang tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan (halaman 22) dan contoh daftar riwayat hidup (halaman 25).
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
·        Materi pada subbab ini sudah lengkap karena sudah sesuai dengan materi yang terdapat dalam silabus.
·        Materi Pembelajaran dalam Silabus:
laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan drama fiksi.
·        Materi dalam Buku Teks: materi tentang langkah-langkah laporan hasil membaca buku fiksi/nonfiksi.
Kesimpulan: Materi pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini belum lengkap karena masih ada salah satu materi yang belum dielaskan, yakni penulisan EYD untuk surat lamaran pekerjaan.
Ø  Keakuratan Materi
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
·        Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 3 dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni ”http://www.contohsuratdinas.com”.
·        Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 5 dianggap tidak akurat karena tidak disertai dengan sumber yang jelas.
·        Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 6-7 dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “Romadi dan Rustamaji, 2010:4”
·        Contoh surat untuk teman di halaman 8 dianggap tidak akurat karena tidak disertai sumber yang jelas.
B.     Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)

·        Materi tentang surat lamaran pekerjaan di halaman 10 dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni” Romadi dan Rustamaji, 2010:4”.
·        Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 11 dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “http://makalahproposal.blogspot.com”.
·        Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 13 dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “http://adewahyutriani.blogspot.co.id”.
·        Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 14 dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “http://carikerjaan.baru.blogspot.co.id”.
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
·        Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 18 dianggap tidak akurat karena tidak disertai dengan sumber yang jelas.
·        Contoh surat lamaran pekerjaan di halaman 19 dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “http://contohsuratlamaranpekerjaan001.co.id”.
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
·        Contoh daftar riwayat hidup di halaman 25 dianggap akurat karena disertai dengan sumber yang jelas, yakni “https://solehamin.wordpress.com”.
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Materi pada subbab ini dianggap belum akurat karena tidak disertai dengan sumber yang jelas.
Kesimpulan: Materi pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini dianggap akurat dan tidak akurat karena ada beberapa materi yang sudah disertai dengan sumber yang jelas dan adayang tidak disertai dengan sumber yang jelas.
Ø  Kemutakhiran Materi
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
B.     Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Materi yang terdapat dalam bab 1 buku teks Bahasa Indonesia ini telah mengikuti kurikulum yang berlaku dan sudah mutakhir. Hal itu dilihat pada contoh-contoh surat lamaran pekerjaan yang disajikan tertera tahun 2008 (halaman 3, 11, 14, 24), tahun 2013 (halaman 13 dan 19), dan tahun 2015 (halaman 6-7). Buku teks ini dicetak pada tahun 2018 sehingga contoh-contoh di atas termasuk up to date.
Ø  Merangsang Peserta Didik Untuk Melakukan Inquiri
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
·        Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan.
-         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan.
-         Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan.
·        Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri, yaitu:
-         Kegiatan 1 Menentukan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan (halaman 7-8)
-         Kegiatan 2 Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran (halaman 8-9)
B.     Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)

·        Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Memahami unsur-unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
-         Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan.
·        Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri, yaitu:
-         Kegiatan 1 Memahami unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan (halaman 11-12)
-         Kegiatan 1 Membandingkan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan (halaman 11-15)
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
·        Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
-         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika unsur-unsur isi surat lamaran ekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Mengidentifikasikan sistematika dan ususr-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
-         Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri, yaitu:
-         Kegiatan 1 Mengidentifikasi sistematika da nisi  surat lamaran pekerjaan (halaman 18-20)
-         Kegiatan 2 Menyimpulkan sistematika dan isi surat lamaran (halaman 21)
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
·        Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
-         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan
-         Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
·        Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri, yaitu:
-         Kegiatan 1 Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan (halaman 22-25)
-         Kegiatan 2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperbaiki isi, sistematika, dan kebahasaan  (halaman 26)
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi.
-         Mempresentasikan laporan buku yang ditulisnya.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi (buku penganyaan)
-         Melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk rekaman tertulis dalam bukun laporan membaca.
·        Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri, yaitu:
-         Kegiatan 1 Menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi (buku pengayaan) dan nilai-nilai dari buku fiksi yang dibaca (halaman 27)
-         Kegiatan 2 Melaporkan kegiatan membaca buku (halaman 29)
Kesimpulan: Pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini, materi dalam Subbab A, B, C, D, dan E sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 dan dilengkapi dengan kegiatan-kegiatan yang merangsang peserta didik untuk melakukan inquiri.

2.      Berdasarkan Teknik Penyajian
Ø  Memperhatikan Kebermaknaan dan Kebermanfaatan
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
·        Kompetensi Dasar: 3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·        Materi dalam Buku Teks:
Surat lamaran pekerjaan:
-         Identifikasi surat terdapat di halaman 5-6 à berisi tentang pengertian surat lamaran pekerjaan dan penjenisan surat lamaran.
-         Materi bahasa dan kalimat efektif dalam surat lamaran pekerjaan terdapat di halaman 4.
-         Materi tentang isi, sistematika, dan lampiran surat lamaran pekerjaan terdapat di halaman 7.
-         Terdapat contoh surat lamaran pekerjaan (halaman 3, 5, 6, 7, dan 8)
·        Pada subbab ini sudah memperhatikan kebermaknaan dan kebermanfaatan materi, yaitu membantu peserta didik untuk menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan; serta membantu peserta didik untuk menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan.
B.     Memformulasikan Unsur aKebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)

·        Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·        Materi dalam Buku Teks: materi tentang unsur kebahasaan dalam surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman 9-11.
·        Pada subbab ini sudah memperhatikan kebermaknaan dan kebermanfaatan materi, yaitu membantu peserta didik untuk memahami unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan dan membandingkan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
·        Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Materi dalam Buku Teks: hanya berisi materi tentang penjelasan sistematika surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman 16-17)
·        Pada subbab ini sudah memperhatikan kebermaknaan dan kebermanfaatan materi, yaitu membantu peserta didik untuk mengidentifikasi sistematika dan isi  surat lamaran pekerjaan; serta menyimpulkan sistematika dan isi surat lamaran
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
·        Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·        Materi dalam Buku Teks: materi tentang tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan (halaman 22) dan contoh daftar riwayat hidup (halaman 25).
·        Pada subbab ini sudah memperhatikan kebermaknaan dan kebermanfaatan materi, yaitu membantu peserta didik untuk menentukan dan menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
·        Materi dalam Buku Teks: materi tentang langkah-langkah laporan hasil membaca buku fiksi/nonfiksi.
·        Pada subbab ini sudah memperhatikan kebermaknaan dan kebermanfaatan materi, yaitu membantu peserta didik untuk menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi (buku penganyaan) dan melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk rekaman tertulis dalam bukun laporan membaca.
Kesimpulan: Materi pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini sudah memperhatikan kebermaknaan dan kebermanfaatan.
Ø  Melibatkan Peserta Didik Secara Aktif
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
·        Pada Subbab ini sudah sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan.
-         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan.
-         Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan.
·        Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif yaitu:
-         Kegiatan 1 Menentukan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan (halaman 7-8)
-         Kegiatan 2 Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran (halaman 8-9)
B.     Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)

·        Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Memahami unsur-unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
-         Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan
·        Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif yaitu:
-         Kegiatan 1 Memahami unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan (halaman 11-12)
-         Kegiatan 1 Membandingkan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan (halaman 11-15)
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
·        Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
-         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika unsur-unsur isi surat lamaran ekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Mengidentifikasikan sistematika dan ususr-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
-         Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif yaitu:
-          Kegiatan 1 Mengidentifikasi sistematika da nisi  surat lamaran pekerjaan (halaman 18-20)
-         Kegiatan 2 Menyimpulkan sistematika dan isi surat lamaran (halaman 21)
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
·        Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
-         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan
-         Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
·        Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif yaitu:
-         Kegiatan 1 Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan (halaman 22-25)
-         Kegiatan 2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperbaiki isi, sistematika, dan kebahasaan  (halaman 26)
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Pada Subbab ini sesuai dengan silabus Kurikulum 2013, yakni Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Silabus:
-         Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi.
-         Mempresentasikan laporan buku yang ditulisnya.
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi (buku penganyaan)
-         Melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk rekaman tertulis dalam bukun laporan membaca.
·        Dalam subbab ini terdapat latihan yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif yaitu:
-         Kegiatan 1 Menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi (buku pengayaan) dan nilai-nilai dari buku fiksi yang dibaca (halaman 27)
-         Kegiatan 2 Melaporkan kegiatan membaca buku (halaman 29)
Kesimpulan: Pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini, materi dalam Subbab A, B, C, D, dan E sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 dan dilengkapi dengan kegiatan-kegiatan yang dapat melbatkan peserta didik secara aktif.
Ø  Mengembangkan Proses Pembentukan Pengetahuan
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
·        Kompetensi Dasar: 3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
·        Materi dalam Buku Teks:
Surat lamaran pekerjaan:
-         Identifikasi surat terdapat di halaman 5-6 à berisi tentang pengertian surat lamaran pekerjaan dan penjenisan surat lamaran.
-         Materi bahasa dan kalimat efektif dalam surat lamaran pekerjaan terdapat di halaman 4.
-         Materi tentang isi, sistematika, dan lampiran surat lamaran pekerjaan terdapat di halaman 7.
-         Terdapat contoh surat lamaran pekerjaan (halaman 3, 5, 6, 7, dan 8)
·        Pada subbab ini sudah mengembangkan proses pengetahuan. Setelah mempelajari materi beserta contoh-contohnya siswa bisa mengembangkan pengetahuannya untuk menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan, serta menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan.
B.     Memformulasikan Unsur aKebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)

·        Kompetensi Dasar 3.2 Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
·        Materi dalam Buku Teks: materi tentang unsur kebahasaan dalam surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman 9-11.
·        Pada subbab ini sudah mengembangkan proses pengetahuan. Setelah mempelajari materi siswa bisa membandingkan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan.
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
·        Kompetensi Dasar 4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Materi dalam Buku Teks: berisi materi tentang penjelasan sistematika surat lamaran pekerjaan yang terdapat di halaman 16-17)
·        Pada subbab ini sudah mengembangkan proses pengetahuan. Setelah mempelajari materi beserta siswa bisa mengembangkan pengetahuannya untuk mengidentifikasi sistematika dan isi  surat lamaran pekerjaan, serta menyimpulkan sistematika dan isi surat lamaran tersebut.
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
·        Kompetensi Dasar 4.2 menyusun surat lamaran.
·        Materi dalam Buku Teks: materi tentang tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan (halaman 22) dan contoh daftar riwayat hidup (halaman 25).
·        Pada subbab ini sudah mengembangkan proses pengetahuan. Setelah mempelajari materi beserta contohnya siswa bisa mengembangkan pengetahuannya untuk menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Kompetensi Dasar 3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).
·        Materi dalam Buku Teks: materi tentang langkah-langkah laporan hasil membaca buku fiksi/nonfiksi.
·        Pada subbab ini sudah mengembangkan proses pengetahuan. Setelah mempelajari materi beserta siswa bisa mengembangkan pengetahuannya untuk menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi (buku penganyaan) dan melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk rekaman tertulis dalam bukun laporan membaca.
Kesimpulan: Materi pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini sudah dilengkapi dengan materi dan contoh serta kegiatan yang dapat mengembangkan proses pengetahuan.
Ø  Variasi dalam Penyampaian Informasi
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
B.     Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Penggunaan kata dan kalimat  dalam penyampaian informasi pada buku teks bahasa Indonesia ini sudah bervariatif dan tidak monoton.

Ø  Meningkankan Kualitas Pembelajaran
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan.
-         Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan.
·        Dalam subbab ini sudah menyajikan latihan yang dapat meningkatkan kulitas pembelajaran yaitu:
-         Kegiatan 1 Menentukan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan (halaman 7-8)
-         Kegiatan 2 Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran (halaman 8-9)
B.     Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)

·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Memahami unsur-unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
-         Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan
·        Dalam subbab ini sudah menyajikan latihan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu:
-         Kegiatan 1 Memahami unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan (halaman 11-12)
-         Kegiatan 1 Membandingkan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan (halaman 11-15)
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Mengidentifikasikan sistematika dan ususr-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
-         Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
·        Dalam subbab ini sudah menyajikan latihan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu:
-          Kegiatan 1 Mengidentifikasi sistematika da nisi  surat lamaran pekerjaan (halaman 18-20)
-         Kegiatan 2 Menyimpulkan sistematika dan isi surat lamaran (halaman 21)
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan
-         Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
·        Dalam subbab ini sudah menyajikan latihan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu:
-         Kegiatan 1 Menentukan isi, sistematika, dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan (halaman 22-25)
-         Kegiatan 2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperbaiki isi, sistematika, dan kebahasaan  (halaman 26)
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Kegiatan Pembelajaran dalam Buku Teks :
-         Menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi (buku penganyaan)
-         Melaporkan kegiatan membaca buku dalam bentuk rekaman tertulis dalam bukun laporan membaca.
·        Dalam subbab ini sudah menyajikan latihan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran  yaitu:
-         Kegiatan 1 Menemukan butir-butir penting dari buku nonfiksi (buku pengayaan) dan nilai-nilai dari buku fiksi yang dibaca (halaman 27)
-         Kegiatan 2 Melaporkan kegiatan membaca buku (halaman 29)
Kesimpulan: Pada Bab I buku teks Bahasa Indonesia ini, materi dalam Subbab A, B, C, D, dan E sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 dan dilengkapi dengan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
Ø  Memperhatikan Kesetaraan Gender
Subbab
Hasil Analisis Buku Teks
A.     Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 2-9)
B.     Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Halamn 9-15)
C.     Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 15-21)
D.     Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan (Halaman 21-27)
E.      Melaporkan Kegiatan Membaca Buku (Halaman 27-30)
·        Pada buku teks Bahasa Indonesia ini sudah memperhatikan kesetaraan gender karena tidak menitikberatkan pada salah satu gender saja. Hal ini dibuktikan pada contoh surat lamaran pekerjaan yang menggunakan tokoh laki-laki (halaman 3, 5, 6, dan 14) dan tokoh perempuan (halaman 8, 11, 13, dan 24)
Ø  Memperhatikan Kode Etik dan Hak Cipta
·        Buku teks Berbahasa Indonesia   ini merupakan objek dari Hak Kekayaan          Intelektual seseorang yang perlindungannya diatur dalam Undang-Undang Hak Cipta No.19 Tahun 2002.
·        Hak Cipta buku ini dimiliki oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan dilingdungi Undang-Undang.

Ø  Menarik dan Dilengkapi Gambar Beserta Keterangan
Buku ini sudah cukup menarik karena:
·        Covernya berwarna cerah
·        Dilengkapi dengan ilustrasi yang sesuai dengan judul.
·        Setiap subbab dilengkapi dengan peta konsep dann tabel berwarna berisi indicator yang ingin dicapai.
                 

Ø  Sesuai dengan Kontens Buku
·        Buku teks ini sudah sesuai dengan silabus, hanya saja susunan subbab dalam daftar isi dengan isi buku ada sedikit yang berbeda, yakni dalam daftar isi subbab B. Menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan (dalam isi buku ini merupakan subbab C) namun dalam isi buku subbab B. Memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan  (dalam daftar isi ini merupakan subbab C) .
·        Ilustrasi yang disisipkan pada bab I ini juga sudah sesuai dengan kontens buku.


No comments:

Post a Comment