Friday 13 April 2018

Contoh Pidato Persuasi



Assalamu’alaikum W.W.
Selamat Pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat Ibu Theresia Pinaka Ratna Ninghapsari, selaku Dosen pengampu matakuliah Retorika.
Serta teman-teman kelas 3B yang saya sayangi dan saya banggakan.

            Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam acara hari ini tanpa ada halangan suatu apa. Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, yakni Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di yaumul akhir nanti. Aamiin Allahuma Aamiin.

            Hadirin yang saya berbahagia,
            Pada kesempatan kali ini perkenankanlah saya untuk menyampaikan pidato mengenai ‘Perlunya Meningkatkan Semangat Nasionalisme Pemuda Indonesia’. Dahulu para pemuda rela mempertaruhkan nyawanya untuk berperang demi meraih kemerdekaan bangsa ini. Namun, bagaimana tanggapan kalian melihat kondisi anak muda saat ini?Tentu kalian sudah tahu jawabannya dengan melihat banyaknya persoalan yang menghampiri pemuda Indonesia akibat dampak negatif gobalisasi. Seperti munculnya tindakan-tindakan anarkis, pelanggaran terhadap moralitas dan etika, modernisasi, serta sikap apatis dan hedonis. Hal ini terjadi karena semangat nasionalisme terhadap bangsa Indonesia yang mulai melemah.
Banyak faktor yang menimbulkan melemahnya semangat nasionalisme pada pemuda di Indonesia, seperti kemiskinan, pengangguran, ketidakadilan sosial, ekonomi, dan hukum. Selain itu, faktor yang tidak kalah penting pengaruhnya adalah derasnya arus globalisi yang membawa pengaruh positif dan negative di berbagai bidang kehidupan. 

Hadirin yang berbahagia,
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa setiap memasuki bulan Oktober, kita akan selalu diingatkan oleh sebuah peristwa bersejarah yang dikenal dengan Sumpah Pemuda. Namun, ironisnya masih ada saja pemuda kita yang tidak mengetahui kapan Hari Sumpah Pemuda itu, bahkan ada pemuda kita yang berdalih “yang lalu biarlah berlalu, tidak baik mengungkit masa lalu”, Jika kondisi pemuda kita seperti ini, lalu bagaimana nasib bangsa kita kedepan?
Untuk menumbuhkan semangat Nasionalisme pemuda Indonesia tangguh dan kokoh kembali harus ada peran dari pemerintah, keluarga dan lingkungan pendidikan.
Pemerintah dapat melakukan beberapa upaya untuk menumbuhkan kembali semangat nasione, yakni menggalakan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan semangat nasionalisme seperti seminar dan pameran kebudayaan, dan mewajibkan pemakaian batik setiap hari Jumat. Keluarga dapat memberikan pendidikan sejak dini tentang sikap nasionalisme terhadap bangsa Indonesia dan selalu membiasakan menggunakan produk dalam negeri.  Adapun peran pendidikan seperti memberikan pelajaran tentang pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dan juga bela Negara, menanamkan sikap cinta tanah air dan menghormati jasa pahlawan dengan mengadakan upacara setiap hari senin, memberikan pendidikan moral, sehingga para pemuda tidak mudah menyerap hal-hal negatif yang dapat mengancam ketahanan nasional.

Hadirin yang berbahagia,
Mahasiswa adalah para pemuda yang menjadi agent of change (agen perubah) dan agent of social control (agen kontrol sosial) yang diharapkan mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, sebagai pemuda Indonesia marilah kita mulai dari diri kita sendiri untuk meningkatkan semangat nasionalisme terhadap bangsa. Marilah kita realisasikan berbagai upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan rasa kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia ini. Dengan semangat nasionalisme yang kuat maka kita akan mampu berjuang melawan derasnya arus globalisasi. Hidup Mahasiswa Indonesia!
Terimakasih atas perhatian dan waktu yang telah diberikan, semoga pidato ini dapat menggugah hati kita untuk meningkatkan semangat nasionalisme kita. Selain itu, apabila banyak kesalahan dalam penyampaian pidato ini saya mohon maaf yang setulus-tulusnya.

Wabilahi taufik wal hidayah,
Wassalamu’alaikum W.W.

No comments:

Post a Comment