Sunday 27 May 2018

Resensi Novel "Obsesi" Karya Lexie Xu


Resensi Novel



1.       Judul                     : Obsesi
2.       Pengarang          : Lexie Xu
3.       Penerbit              : PT Gramedia Pustaka Utama
4.       Tahun Terbit      : 2010
5.       Ringkasan            :
Novel ini menceritakan tentang dua orang sahabat, yakni Jenny (cewek cupu yang tinggal di sebuah rumah menyeramkan) dan Hanny (cewek cantik yang popular dan suka gonta-ganti pacar). Suatu hari keduanya diajak jalan oleh Tony dan Markus, dua orang cowok yang terkenal ganteng di sekolah mereka. Tony mengajak Hanny pacaran, tetapi dia mencampakannya beberapa hari kemudian karena yang sebenarnya disukai Tony sejak lama adalah Jenny Angkasa. Berdasarkan informasi dari Johan, salah satu teman Hanny yang berkacamata tebal, Tony melakukan itu untuk memenangi taruhan dan ia berkomplotan dengan Jenny. Hannya yang sedang dalam kondisi depresi memilih untuk memutuskan tali persahabatannya bersama Jenny lalu dia bersahabat dengan Johan.
Beberapa hari berselang, sebuah kecelakaan menimpa Jenny Bajjaj dan disusul Jenny Tompel. Kedua Jenny tersebut lantas menyalahkan kutukan yang dikeluarkan Hanny kepada Jenny Angkasa sehingga mereka ikut kena getahnya. Jenny pun merasa khawatir dan takut, tapi Jony dan Markus selalu memastikan dirinya tidak akan tertimpa hal buruk. Ketegangan semakin bertambah setelah muncul beberapa kejadian aneh yang terjadi di rumah Jenny dan membuat mereka bertiga menyelidikinya.
Sementara itu, setelah berpisah dengan Jenny, Hanny semakin dekat dengan Johan. Ia bahkan sempat berkunjung ke rumah Johan yang menurutnya sangat aneh. Namun lama kelamaan ia merasa kehilangan Jenny lalu berniat untuk baikan dan bersahabat dengan Jenny lagi meskipun Johan selalu tampak tidak setuju. Pada akhirnya Hanny tetap baikan dengan Jenny dan dari situ mereka bekerjasama menyelidiki Johan. Hingga pada akhirnya mereka mengetahui bahwa kejadiananeh yang terjadi selama ini tak lain adalah ulah Johan karena obsesinya.
6.       Unsur Intrinsik
·         Tema: Persahabatan
·         Tokoh dan Penokohan:
- Jenny Angkasa: sabar,pendiam, murah hati
- Hanny: popular,sedikit sombong dan penakut
- Tony: tampan, cerdik, sopan, humoris
- Markus: tampan, cerdas, humoris
- Johan: psikopat, mudah terobsesi
- Jenny Tompel: mudah curiga
- Jenny Bajjaj: cengeng, cerewet
·         Alur: campuran (maju mundur)
·         Sudut Pandang: Orang ketiga
·         Setting: sekolah, rumah Jenny, rumah Johan
·         Amanat: Jangan melakukan hal-hal yang dapat membahayakan orang lain hanya karena terobsesi mencapai sesuatu.

No comments:

Post a Comment