Saturday 19 May 2018

Upaya Meningkatkan Nasionalisme dan Patriotisme




Upaya Untuk Meningkatkan Rasa Nasionalisme:
1.     Selalu membeli produk dalam negeri.
Selalu membeli produk dalam negeri merupakan wujud bahwa kita mencintai produk buatan Indonesia. Oleh karena itu, dengan selalu membeli produk dalam negeri, baik berupa makanan, pakaian, sepatu atau yang lainnya diharapkan akan meningkatkan rasa nasionalisme.
2.    Mengenalkan permainan tradisional yang sudah mulai punah.
Di tengah derasnya arus globalisasi seperti sekarang ini, banyak orang yang sudah mulai lupa dengan keanekaragaman permainan tradisional yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, untuk meningkatkan rasa nasionalisme bisa dilakukan dengan mengenalkan permainan tradisional yang sudah mulai punah tersebut kepada anak-anak. Kita juga bisa mengenalkan permaianan tradisional yang berupa Egrang, Gatrik, Engklek, Congklak, Pletokan dan yang lainnya tersebut dengan cara mengkolaborasikan dengan kegiatan lain yang bermanfaat. Misalnya ketika mengajar anak-anak TPA/TPQ, permainan tradisional tersebut dapat dijadikan hiburan ketika mereka selesai belajar mengaji.
3.    Memperdengarkan lagu-lagu nasional kepada anak sejak usia dini.
Jangan hanya memutarkan lagu anak-anak (Balonku Ada Lima, Topi Saya Bundar, Naik Kereta Api, dsb)  saja, tapi kita harus memperdengarkan lagu-lagu nasional, seperti Indonesia Raya, Garuda Pancasila, Indonesia Pusaka, Tanah Airku dan yang lainnya kepada anak-anak sejak usia dini.
4.    Budayakan membaca sastra tradisional Indonesia kepada anak sebelum tidur.
Sebelum tidur biasanya anak-anak suka apabila dibacakan dongeng pengantar tidur terlebih dahulu. Untuk itu, selain meningkatkan budaya literasi, kita juga bisa menjadikan budaya membaca sastra tradisional Indonesia kepada anak sebelum tidur sebagai upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme kepada anak sejak usia dini. Jangan hanya membacakan dongeng-dongeng Cinderella, Snow White dan yang lainnya, tetapi utamakan bacakan cerita rakyat, legenda, dongeng dan mitos yang berkembang di setiap daerah di Indonesia.  Dengan membacakan cerita tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, kita dapat memberikan pengetahuan, wawasan dan pemahaman tentang kebudayaan masyarakat Indonesia kepada anak.
5.    Pertahankan sikap ramah tamah dan gotong royong.
Jangan berpikiran apabila kita sudah menjadi orang yang sudah punya segalanya bisa bersikap seenaknya dan seakan bisa hidup sendiri. Sebagai rakyat yang hidup di Indonesia, kita harus mampu mempertahankan sikap ramah-tamah kepada siapapun. Kita juga tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, sehingga apabila ada pekerjaan yang membutuhkan bantuan banyak orang harus dilakukan secara gotong-royang. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa nasionalisme karena menimbulkan rasa ingin melestarikan apa yang sudah menjadi ciri has bangsa Indonesia.
6.    Bangga memakai batik.
Penggunaan batik tidak hanya dilakukan ketika tanggal 2 Oktober yang bertepatan sebagai hari batik nasional saja. Namun alangkah lebih baik jika seluruh instansi pendidikan di Indonesia menggunakan motif batik sebagai seragam identitasnya. Hal ini dapat akan lebih efektif dalam melestarikan budaya dan juga menumbuhkan jiwa nasionalisme. Selain itu, batik juga bisa dikreasikan menjadi pakaian modern yang mengikuti mode supaya lebih banyak diminati masyarakat. Kita harus bangga apabila menggunakan batik, karena batik termasuk salah satu kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
7.    Menggunakan pakaian adat Indonesia dalam acara pelepasan siswa.
Ketika siswa telah menyelesaikan pendidikan di sebuah sekolah, maka akan diadakan acara pelepasan siswa. Namun, seringkali kita menemukan banyak siswa yang justru melakukan aksi corat-coret baju. Untuk menghindari hal yang demikian, maka akan lebih baik lagi bila mewajibkan siswa untuk datang ke acara pelepasan dengan memakai pakaian adat yang ada di Indonesia. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme.
8.    Mengadakan pameran dan festival budaya yang bersifat rutin di setiap daerah.
Indonesia merupakan negara yang multicultural, dimana banyak sekali budaya yang ada di dalamnya. Supaya masyarakat lebih mengenal dan memahami keanekaragaman budaya yang ada, maka diperlukan adanya pameran dan festival budaya yang bersifat rutin di setiap daerah. Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga, ingin melindungi dan melestarikan budaya bangsa.
9.    Jangan jenuh untuk mempelajari kesenian daerah.
Saat ini sudah banyak kesenian kita yang diklaim oleh bangsa asing. Untuk mencegah bangsa asing mengklaim kesenian kita lagi, kita harus mampu melestarikannya. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mempelajarinya. Kita tidak boleh kalah dengan warga asing yang semangat dalam mempelajari kesenian tradisional Indonesia. Kita juga bisa mengkolaborasikan kesenian tradisional dengan modern supaya lebih diminati oleh masyarakat.
10. Harus gemar menonton pertunjukan kesenian tradisional.
Jangan hanya gemar menonton drama Korea, India, Thailand dan negara lainnya, kita juga harus gemar menonton pertunjukkan wayang, ketoprak, ludruk, tari dan pertunjukkan kesenian tradisional lainnya.










Upaya Untuk Meningkatkan Jiwa Patriotisme:

1.     Setia memakai produksi dalam negeri.
Selain meningkatkan rasa nasionalisme, menggunakan produk dalam negeri juga termasuk upaya dalam membela bangsa.
2.    Melestarikan budaya berjiwa patriotisme bangsa Indonesia.
Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan upacara bendera setiap hari senin dan hari-hari penting, mengibarkan Bendera Merah Putih pada hari-hari tertentu, dan membaca buku-buku tentang patriotism atau perjuangan.
3.    Melaksanakan study tour ke museum sejarah
Dengan kita melakukan study tour ke museum sejarah, kita akan mendapatkan wawasan tentang patriotisme atau kepahlawanan.
4.    Membiasakan buang sampah pada tempatnya.
5.    Membiasakan diri untuk disiplin.
Tidak terlambat ketika berangkat ke sekolah, dan selalu mengumpulkan tugas tepat waktu.
6.    Bangga sebagai orang Indonesia.
Kita harus bangga menjadi orang Indonesia. Meskipun Indonesia memiliki beragam bahasa, agama, ras, etnik dan suku bangsa, tapi kita masih bisa bersatu dan saling bertoleransi antara yangs satu dengan yang lain. Hal itulah yang perlu kita banggakan, karena tidak dapat ditemukan di negara manapun.
7.    Berprestasi dalam berbagai bidang untuk mengharumkan nama bangsa dan negara.
Sebagai pelajar/mahasiswa kita harus mampu mencetak prestasi sebanyak-banyaknya dalam berbagai bidang supaya mampu mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia.
8.    Meningkatkan jiwa patriotisme melalui kegiatan kepramukaan.
Dalam kegiatan kepramukaan banyak sekali hal-hal yang dapat meningkatkan jiwa patriotisme.
9.    Melakukan pendidikan politik dalam rangka meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang penuh dengan tanggung jawab.
10. Mengikuti seminar kebangsaan.
Dengan mengikuti seminar kebangsaan diharapkan akan meningkatkan jiwa patriotisme terhadap bangsa Indsonesia.


No comments:

Post a Comment